Sadis, di China Ngetren Gantungan Kunci Berisi Hewan yang Masih Hidup

oleh Halimah Halimah
09:18 AM on Mar 22, 2015

da banyak cara untuk menarik perhatian para turis. Selain pemandangan alam, kekayaan budaya atau festival, souvenir adalah salah satu hal yang paling diburu oleh wisatawan. Oleh karena itu orang yang tinggal di sekitar objek wisata berlomba-lomba membuat sesuatu yang unik untuk menarik perhatian turis.

Di China, upaya menarik perhatian turis tampaknya sudah ada di level yang agak mengkhawatirkan. Mereka membuat sebuah gantungan kunci berupa kantong plastik yang didalamnya terdapat hewan yang masih hidup. Tren “unik” ini sedang ramai dibahas di dunia maya karena sebagian pihak menyebutnya sebagai sebuah tindakan sadis terhadap hewan.

Baca Juga
Inilah 6 Bahaya Terselubung yang Jarang Disadari Para Pengguna Kuis Lucu di Facebook, Berhati-Hatilah!
Merasakan Sensasi Jaringan 4G Ngebut Ala Smartfren Lewat Serunya Acara #Amazingfren

1. Dipercaya Dapat Membawa Keberuntungan

Di tempat asalnya, gantungan kunci ini diklaim sebagai “The Lucky Chain” atau “gantungan kunci pembawa keberuntungan.” Dengan membayar sekitar Rp.10.000 hingga Rp.20.000 anda tinggal memilih gantungan yang anda suka. Ada yang berisi bayi kura-kura, bayi kadal atau bahkan ikan kecil. Dan semua hewan itu masih dalam keadaan hidup.

Gantungan Berisi Hewan Hidup
Gantungan Berisi Hewan Hidup [via viralnova]
Menurut para penjual, air yang ada di dalam kantong tersebut telah diisi dengan oksigen dan nutrisi khusus yang membuat hewan di dalamnya bisa bertahan hidup selama kira-kira dua bulan. Namun, pada kenyataannya hewan-hewan malang itu akan mati dalam dua atau tiga hari. Tentu saja, suplai oksigen di kantong sekecil itu pasti tidak cukup untuk makluk hidup bertahan dalam jangka waktu lama.

2. Menuai Banyak Protes

Gantungan kunci ini segera menuai banyak protes dari berbagai kalangan. Banyak aktivis pecinta hewan menyatakan keprihatinan mereka atas fenomena ini, dimana hewan-hewan disiksa untuk menarik perhatian para turis. Banyak petisi online yang diselenggarakan untuk menentang penjualan gantungan kunci ini. Petisi tersebut telah ditandatangani oleh ratusan ribu orang.

Gantungan ini Menuai Protes
Gantungan ini Menuai Protes [via viralnova]
Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa bisnis gantungan kunci ini memberikan keuntungan bagi manusia. Peluang kerja dan persaingan di China begitu keras sehingga mereka harus mencari cara untuk bertahan hidup. Seperti yang kita ketahui, China adalah negara yang menghadapi masalah akibat kepadatan penduduk yang sangat kompleks.

3. Banyak Diminati

Meski banyak yang memprotes, namun tidak sedikit pula orang yang mengaku suka dengan gantungan kunci ini. Menurut mereka, gantungan kunci dengan hewan hidup di dalamnya membuat sebuah kesan eksotis. Selain itu, hewan yang ada di dalam kantong tersebut juga bisa menyimbolkan sesuatu. Kura-kura, misalnya, adalah simbol dari umur yang panjang. Sementara ikan maskoki dipercaya sebagai simbol dari keberuntungan.

Gantungan ini Memang Unik Sehingga Banyak Peminatnya
Gantungan ini Memang Unik Sehingga Banyak Peminatnya [via viralnova]
Bisnis ini sepertinya cukup menguntungkan. Terbukti dari jumlah penjual gantungan kunci binatang yang makin marak di tempat-tempat wisata di China. Pemerintah setempat didesak untuk mengambil tindak lanjut atas penyiksaan hewan ini.

4. Punya Efek Bahaya Untuk Manusia

David Neale, seorang direktur dari organisasi pemerhati hewan, Animals Asia, mengatakan bahwa produk ini juga memiliki efek berbahaya untuk manusia. Pada sebuah wawancara kepada CNN, David mengatakan manusia harus berhati-hati dengan kontak langsung dengan hewan dalam gantungan kunci tersebut, karena memiliki resiko terhadap kesehatan.

Ternyata Membawa Efek Berbahaya
Ternyata Membawa Efek Berbahaya [via viralnova]
Gantungan kunci kura-kura, misalnya. Jika kita menyentuh langsung kura-kura dalam gantungan tersebut, maka kita bisa saja terjangkit bakteri salmonella. Apalagi, bayi kura-kura memiliki cangkang yang masih lembut yang berpotensi menularkan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit serius.

5. Dihiasi dengan air warna-warni

Meski para penjual mengaku bahwa air yang mereka gunakan adalah air yang kaya oksigen, namun pada kenyataannya hewan dalam gantungan kunci tersebut sering mati karena kehabisan oksigen. Selain itu, pewarna yang digunakan pada air juga membuat hewan tersiksa. Para penjual menggunakan air berwarna agar dagangan mereka tampak lebih menarik.

Gantungan ini Diisi Air Warna Warni
Gantungan ini Diisi Air Warna Warni [via viralnova]
Para aktivis pemerhati binatang sudah melakukan komunikasi dengan pihak pemerintah China atas kasus ini. Namun penanganan dari pemerintah tampaknya lambat. Selain dijadikan gantungan kunci, kura-kura juga sering dijadikan sup oleh orang-orang di China.

Bagaimana menurut anda? Apakah gantungan kunci seperti ini unik atau justru sadis? Mendapat penghidupan dan kehidupan yang layak memang tujuan kita semua. Namun itu bukan berarti harus menyakiti makhluk hidup lain, bukan? (HLH)

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
BERITA TERKAIT
BACA JUGA