Hunting Takjil Pas Ngabuburit Terlalu Mainstream? Ganti Dengan Aktivitas ini!

oleh Rizal
08:00 AM on Jun 29, 2015

Survey membuktikan kalau siang hari adalah momen paling berat saat bulan Ramadan. Sedangkan yang rawan banget untuk membatalkan justru detik-detik terakhir sebelum berbuka. Alasan kenapa rawan batal sebenarnya bukan waktunya, tapi kegiatannya yang sering disebut Ngabuburit itu. Aktivitas menunggu bedug tersebut biasanya dilakukan dengan hunting takjil. Padahal aslinya malah bahaya tuh buat puasamu.

Pasar Takjil Benhil, Jakarta [Image Source]
Pasar Takjil Benhil, Jakarta [Image Source]
Banyak sih alasannya, mulai dari nggak bisa menahan emosi ketika menawar takjil, melihat hal-hal yang bikin mata seger sampai meneteskan air liur lantaran melihat deretan makanan enak tersebut. Esensi bulan Ramadan pun jadi bergeser sedikit dari seharusnya. Nah, udah tahu risikonya kan? That’s why, sepertinya kamu harus menggantinya dengan aktivitas lain. Misalnya aja seperti ini.
Baca Juga
4 Hal Negatif yang Mungkin Akan Dialami Masyarakat Jika Penggunaan E-KTP Sebagai Syarat SIM Card Terlaksana
Tukang Bakmi Bak Seleb, Gaya dan Dandanan Jamila “Janda” Dijamin Bikin Publik Melongo

1. Ngeblog

Menulis adalah cara terbaik untuk membunuh waktu dan ampuh sebagai cara untuk mengalihkan perhatianmu dari rasa lapar. Tulis apa pun yang kamu suka, misalnya cerpen atau sekedar memberikan ulasan-ulasan singkat tentang hal-hal yang lagi hype.

Ilustrasi [Image Source]
Ilustrasi [Image Source]
Tapi, biar ngeblog-nya jauh lebih bermanfaat, kenapa nggak nulis hal-hal yang berbau Ramadan. Misalnya aja tips biar puasa berpahala meskipun pacaran atau hal-hal simple seperti gimana cara unik bangun sahur yang anti mainstream. Satu atau dua paragraf, tanpa terasa magrib pun datang. Puasa kamu selamat deh!

2. Main Game

Mau puasanya dua hari penuh kalau diisi dengan main game pasti kuat, apalagi kalau kamu adalah seorang maniak permainan virtual ini. Tapi, hal yang perlu diperhatikan tentu adalah game yang tidak menjurus ke arah yang bikin puasa batal. Misalnya aja menyingkirkan permainan yang karakternya seksi atau game apa pun yang bisa menyulut emosi.

Ilustrasi [Image Source]
Ilustrasi [Image Source]
Tetris, catur, monopoli, scrablle dan permainan unik lainnya bisa tuh dicoba. Tapi, Tetris kadang juga bikin emosi sih kalau speed-nya makin kenceng dan kamu kehabisan bar line yang panjang itu. So, be aware ya!

3. Bikin Takjil Sendiri

Kamu mungkin pernah dengar tagline ini, “Daripada beli mending bikin”. Kalau ranahnya menghemat uang dan mencegah membatalkan puasa, kamu harus setuju tuh. Yup, bikin takjil sendiri sebenarnya nggak susah kok. Biar hasilnya makin yummy, ajak teman yang jago masak.

Ilustrasi [Image Source]
Ilustrasi [Image Source]
Spending time pas bikin takjil juga fun banget. Kalau bisa sih sekalian bikin banyak dan bawa ke masjid. Double pahala deh tuh!

4. Mendengarkan Musik

Magrib tinggal dua jam lagi dan kamu bingung mesti ngapain. Mungkin ini waktu yang tepat untuk mengambil headset dan mendengar lagu-lagu kesukaan. Hal yang harus kamu ingat adalah jangan pernah memainkan musik yang menjurus ke arah membatalkan puasa. Metal boleh sih, asal pesannya setidaknya positif.

Ilustrasi [Image Source]
Ilustrasi [Image Source]
Well, daripada bingung, kenapa nggak dengerin musik religi aja sih. Misalnya seperti qasidah atau nasyid. Kalau kamu analisa dari sisi musikalitas, sebenarnya genre musik in juga keren banget lho. Efek sampingnya juga bikin kamu terngiang-ngiang akan liriknya yang dalam dan penuh arti itu.

5. Mosque Time!

Kalau kamu jarang ke masjid lantaran sibuk dan sebagainya, Ramadan jadi momen yang pas tuh. Spending time 30-45 menit sebelum adzan bisa jadi saat dramatis buat kamu. Sendiri, merenung, dan mengingat hal-hal buruk yang pernah dilakukan, akan jauh lebih khidmat.

Nunggu magrib di masjid aja [Image Source]
Nunggu magrib di masjid aja [Image Source]
Pahala di bulan Ramadan juga nggak ada batasnya, sekalian aja isi dengan pengajian atau membaca Al-Qur’an. Yakin deh, 30 hari setelah bulan ini lewat kamu bakal jadi orang yang lebih keren!

Ngabuburit nggak harus identik dengan membuang waktu secara cuma-cuma. Ketika momen krusial ini dimanfaatkan dengan baik, maka manfaatnya juga luar biasa. Take your time, manfaatkan momen menunggu bedug dengan hal-hal asik di atas!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA