6 Game Handphone Paling Populer di Tanah Air dari Masa ke Masa

oleh dwiandika
07:00 AM on Jul 24, 2016

Dari zaman feature phone atau biasa disebut dengan nama ponsel sampai dengan smartphone seperti sekarang ini, para vendor yang memproduksinya selalu menyematkan fitur game sebagai fasilitas hiburan bagi penggunanya.

Sampai sekarang ini, ada banyak sekali game-game untuk handphone yang sudah dibuat dan banyak di antaranya yang harus diunduh terlebih dahulu sebelum digunakan. Namun dari kesemua game-game handphone yang pernah dibuat, ada beberapa saja di antaranya yang sangat populer dan diminati oleh para pengguna telepon genggam di Tanah Air, baik itu pria atau wanita, dari yang masih berusia anak-anak sampai yang sudah dewasa.

Baca Juga
6 Alasan Kenapa One Piece Nggak Pernah Bikin Penggemar Bosen Meski Sudah 20 Tahun
Inilah 4 Alasan Mengapa Profesi TKI Bisa Bikin Seseorang Jadi Kaya Mendadak

Nah, berikut ini adalah beberapa game handphone paling diminati atau populer sampai sekarang ini.

1. Snake

Game satu ini merupakan permainan pada ponsel yang cukup terkenal dan banyak dimainkan oleh pengguna handphone di seluruh dunia, khususnya bagi pengguna ponsel Nokia. Cikal bakal dari game satu ini awalnya dibuat oleh Gremlin pada tahun 1976 dengan nama Blockade yang mana kemudian beberapa pengembang atau vendor dan developer game lain ikut membuat dalam berbagai versi.

6 Game Untuk Handphone Paling Populer dan Diminati di Tanah Air - 1
Game snake yang populer di era milennium [image source]
Pada tahun 1997, seorang desainer dari Nokia bernama Taneli Armanto membuat game serupa yang dinamakan Snake. Dari tahun ke tahun, game bernama Snake ini terus dikembangkan mulai dari ditambahkannya warna, tingkat kesulitan sampai dengan dimunculkannya versi-versi terbarunya.

2. Angry Birds

Angry Birds merupakan sebuah game untuk smartphone yang diciptakan oleh developer asal Finlandia, Rovio Entertainment. Awalnya, game satu ini hanya diperuntukkan bagi pengguna Apple iOS saja, namun karena popularitasnya semakin menanjak dan banyak pengguna Android yang ingin juga memainkannya di gadget mereka, maka Rovio membuat Angry Birds untuk berbagai versi, dari Android, Symbian sampai dengan Windows Phone.

Demam Angry Birds yang bikin anak kecil ketagihan [image source]
Demam Angry Birds yang bikin anak kecil ketagihan [image source]
Setelah diproduksi untuk smartphone, popularitas Angry Birds terus merangkak naik dan akhirnya dibuatkan pula game serupa yang dapat dimainkan menggunakan PC atau perangkat konsol lainnya. Bahkan game satu ini juga dibuatkan versi filmnya.

3. Flappy Bird

Awalnya, sang pembuat game bernama Flappy Bird, Dong Nguyen ini tidak menyangka bahwa permainan untuk smartphone buatannya bakal terkenal dan membuat jengkel abnyak orang karena tingkat kesulitan yang ada ketika memainkannya.

Game Flappy Bird yang bisa bikin emosi [image source]
Game Flappy Bird yang bisa bikin emosi [image source]
Karena membuat banyak orang kecanduan, pada tanggal 10 Februari 2014 lalu, sang pembuat yang berasal dari Vietnam ini menarik game buatannya dari Apple App Store dan Google Play. Setelah Flappy Bird ditarik, muncullah berbagai macam versi lain dari Flappy Bird dengan karakter berbeda yang dibuat oleh berbagai developer lain yang sudah terinspirasi oleh game tersebut.

4. Candy Crush Saga

Jika melihat tampilannya memang terasa game bernama Candy Crush Saga ini sepele dan terkesan mudah dimainkan. Akan tetapi ketika sudah memainkan satu level dan beranjak ke level berikutnya, pemainnya akan terus berusaha melahap setiap tingkatan yang diberikan dan akhirnya menjadi kecanduan.

Candy Crush Saga, siapa yang udah tamat levelnya? [image source]
Candy Crush Saga, siapa yang udah tamat levelnya? [image source]
Di Tanah Air sendiri, penggemar Candy Crush Saga juga tidak dapat dibilang sedikit. Banyak orang, khususnya para pengguna smartphone wanita yang suka memainkan game garapan dari King ini. Candy Crush Saga dirilis pertama kali pada tanggal 12 April 2012 untuk Facebook yang kemudian dibuatkan versi lain untuk dapat dimainkan di perangkat berbasis iOS, Android, Windows Phone dan Windows 10.

5. Clash of Clans

Clash of Clans atau biasa dikenal dengan nama COC ini merupakan game untuk smartphone bertemakan strategi yang juga populer khususnya di tahun 2015 sampai sekarang. Banyak pengguna smartphone yang suka memainkan game garapan dari Supercell ini.

Clash of Clans doyanannya anak muda [image source]
Clash of Clans doyanannya anak muda [image source]
Game satu ini merupakan permainan yang harus dimainkan secara bersama atau multiplayer game yang mana setiap player harus berjuang untuk membangun komunitas dan melawan tim lain yang berusaha menghancurkannya dan mencuri banyak hal di dalamnya.

6. Pokemon Go

Pokemon Go merupakan sebuah game free-to-play berbasis augemented reality yang dikembangkan oleh Niantic dan dipublikasikan oleh The Pokemon Company. Hanya berselang beberapa hari saja setelah dirilis di bulan Juli 2016 ini, Pokemon Go seakan menjadi game paling banyak diminati dan mengalahkan game-game lain yang pernah ada.

Pokemon Go yang lagi digadrungi saat ini [image source]
Pokemon Go yang lagi digadrungi saat ini [image source]
Bahkan kepopularitasannya membuat banyak pihak merasa terganggu dan juga ada beberapa kasus kecelakaan yang diakibatkan seseorang kehilangan fokus dalam berjalan atau berkendara karena sedang asyik bermain Pokemon Go.

Dari ke semua game di atas, permainan mana yang paling Anda sukai?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA