Game Yang Terinspirasi dari Permainan Tradisional

oleh titi
15:10 PM on Mar 11, 2015

Masih ingatkah permainan yang mengasyikkan ketika anda masih kecil? Ketika Anda mengingat masa-masa kecil, Anda akan tersenyum dan merindukan hal-hal gila di masa lalu. Namun pernahkah Anda melihat permainan tersebut saat ini? Apakah adik, keponakan atau bahkan anak Anda menikmati masa- masa indah tersebut?

Meskipun saat ini jarang terlihat permainan-permainan tersebut, Anda tak perlu khawatir. Banyak game yang pada mulanya terinspirasi dari permainan-permainan tradisional loh, bahkan ada pula yang membuat game mirip dengan permaianan yang Anda rindukan. Berikut adalah game-game yang akan membuat Anda kembali pada masa lalu

Baca Juga
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi

1. The Flock

The Flock merupakan game buatan developer India asal Belanda. Kalau anda mengingat permainan petak umpet atau petak jongkok, The Flock terinspirasi dari permainan tradisional tersebut. Ketika Anda bermain petak umpet, hal yang paling menyenangkan adalah ketika mencari teman-teman anda yang sedang bersembunyi. Berbeda lagi dengan The Flock, Game tersebut dimainkan bersama dengan teman-teman anda untuk mencari sebuah barang yang disebut light artifact.

The Flock (c) gamespot
The Flock (c) gamespot

Jika salah satu pemain berhasil menemukan Light Artifact terlebih dulu, dia akan berubah menjadi seorang Carrier, makhluk yang lemah dan dibebani tugas untuk menjaga Light Artifact. Sedangkan pemain lain yang gagal mendapatkan artefak tersebut, akan berubah menjadi Flock yang kuat dan harus berusaha merebut Light Artifact dari Carrier. Terdengar curang bukan?

Tenang saja, meskipun Flock lebih kuat daripada Carrier, para Flock tidak akan kuat jika disinari oleh cahaya yang keluar dari Light Artifact. Seandainya Carrier menyinari Flock dengan Light Artifact, maka Flock tersebut harus berhenti bergerak atau tidak dia akan mati. Seru bukan? Meskipun bernuansa horor tapi cukup menyenangkan loh.

2. Kelereng Marble

Berdasarkan namanya saja anda pasti tahu permainan tradisional apa ini. Yap, menggunakan bola kelereng yang dimainkan dengan banyak orang. Pola permainan kelereng marble hampir menyerupai permainan kelereng tempo dulu.Tapi game yang menjadi bagian dari Google Play ini hanya dimainkan oleh single player atau satu orang.

kelereng marble (c) google play
kelereng marble (c) google play

Permainan game ini cukup simple, terdapat satu buah kelereng yang anda miliki dan ada kelereng target dalam lingkaran api. Permainannya adalah membidik kelereng target tersebut keluar dari lingkaran api. Sedangkan tantangannya, kelereng yang anda miliki tidak boleh berhenti di lingkaran api.

Nah yang bikin seru pada game ini terdapat banyak sekali level, di mana nantinya tingkat kesulitan dan ‘handicap’nya makin banyak. Untuk penilaiannya tergantung dari berapa kali Anda membidik sampai misi sukses. Seru bukan? Jika anda ingin bermain kelereng mungkin kelereng marble bisa anda mainkan.

3. LINE Let’s Get Rich Monopoly

Line Get Rich adalah bagian dari game Line dan dirilis untuk Mobile seperti android & iPhone. Game ini merupakan game monopoli yang bisa dimainkan bersama teman Line anda. Jika dulu Anda memainkan game ini harus bertatap muka dengan teman bermain, Get Rich memberikan sedikit perbedaan di mana pemain yang bermain harus online terlebih dahulu. Selain itu jumlah kotak dalam satu baris hanya ada 8 bukan 10 seperti monopoly asli.

Get Rich (c) google play
Get Rich (c) google play

Meskipun sebelumnya terdapat game serupa, tapi peminat dari game ini cukup besar. Banyak fasilitas yang diberikan hingga hadiah-hadiah lucu seperti kotak emas dan uang yang dapat digunakan untuk menambah level. Jika anda ingin memainkannya, anda tak perlu khawatir untuk mencari teman lagi.

4. Dishonored

Jika anda tahu game satu ini, pasti anda tahu sejarah pembuatannya. Game ini sangat populer di tahun 2012, Dishonored didevelop oleh salah satu developer dari Arkane Studio yang terinspirasi dari permainan Egrang. Loh kok bisa..? Sang pendevelop sebelumnya telah melakukan riset, dimana dia mendapatkan inspirasi bahwa Egrang adalah sebuah alat yang pas untuk dijadikan karakter di game besutannya.

Dishonored (c) pinterest
Dishonored (c) pinterest

“Sebuah karakter dengan kaki yang sangat panjang berkeliling untuk berpatroli di istana. Ini adalah sebuah ide yang sangat bagus dan brilliant. Saya benar-benar jatuh cinta dengan Egrang. Saya pikir menggunakan Egrang adalah ide yang terbaik. Indonesia pastinya bangga mempunyai game tradisional seperti ini,” kata sang develop. Wahhhh… apakah permainan Egrang juga permainan favoritmu??

Masih banyak lagi permainan tradisional yang dikemas menjadi sebuah game yang menarik. Apakah rasa rindu anda terhadap masa kecil anda terobati dengan game-game tersebut? Semoga saja salah satu dari game-game tersebut bisa menjadi rekomendasi untuk mengobati rasa rindu anda.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA