Inilah 5 Hal Menakjubkan dari Galileo, Astronom Hebat Abad ke-17

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Mar 31, 2016

Galileo Galilei sering disebut sebagai bapak pengamatan astronomi. Bahkan ia juga dijuluki sebagai bapak sains karena kontribusinya yang sangat hebat dalam dunia itu. Sejak kecil Galilelo sudah menyukai hal-hal berbau sains. Tak pelak saat mulai dewasa segala jenis ilmu pengetahuan ia serap dan akhirnya penemuan yang hebat terus bermunculan dari tangannya.

Dalam hidupnya, belajar adalah hal yang sangat menyenangkan. Menemukan sesuatu yang baru adalah sebuah kepuasan hingga tak bisa dinilai dengan apa-apa. Dan inilah 5 hal menakjubkan dari Galileo yang membuatnya terus dikenang sampai sekarang.

Baca Juga
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala
Disebut Perompak oleh Mantan PM Malaysia, Justru Inilah Fakta Suku Bugis Seorang Pelaut Handal

1. Teleskop Galileo

Galileo bukanlah orang pertama yang membuat teleskop. Ia hanya mengembangkan teleskop yang pernah dibuat oleh orang Belanda di tahun 1608. Galilieo akhirnya membuat teleskop dengan perbesaran lensa yang beraneka ragam. Awalnya ia menggunakan perbesaran 3x, lalu berlanjut menjadi perbesaran 32x.

Teleskop Galileo [image source]
Teleskop Galileo [image source]
Ia akhirnya memperbanyak teleskop yang dibuat untuk keperluan pelayaran. Banyak para pelaut yang sengaja memesan teleskop darinya agar bisa melihat sesuatu dari jauh. Ia pun juga melakukan pengamatan astronomi pertama yang akhirnya terbit pada 1610 dan diberi nama Sidereus Nuncius.

2. Menemukan Satelit dari Jupiter

Galileo tak hanya membuat dan mengembangkan teleskop saja. Ia juga mengamati langit yang luas dan menemukan banyak sekali planet dan juga satelitnya. Salah satu penemuan fenomenal yang dilakukan oleh Galileo adalah satelit dari Jupiter. Ia mengamati adanya bintang-bintang yang mengelilingi Jupiter tanpa bergerak menjauh dan menghilang.

Jupiter dan satelitnya [image source]
Jupiter dan satelitnya [image source]
Akhirnya ia menyimpulkan bahwa bintang itu adalah satelit dari Jupiter. Hal ini semakin mengukuhkan keyakinannya jika tak semua benda langit mengelilingi bumi. Teori Copernicus yang telah muncul sebelumnya mampu ia pentalkan. Ia pun berpendapat jika bumi mungkin bukan pusat tata surya, seperti yang sebelumnya diutarakan.

3. Menemukan Sunspot pada Matahari

Galilelo adalah orang pertama yang menyadari adanya sunspot pada matahari. Sebenarnya Kepler telah menemukan adanya bercak hitam ini pada matahari. Tapi, ia menyatakan jika noda hitam itu adalah transit dari Merkurius yang kebetulan berada di depan matahari. Perputaran dari Merkurius pun juga dianggap sebagai alasan kenapa bintik hitam itu hilang dan muncul kembali.

Sunspot [image source]
Sunspot [image source]
Galileo mengamati itu dan menyatakan jika hal itu bukanlah Merkurius. Bintik hitam itu adalah fenomena yang unik pada permukaan matahari. Apa yang ditemukan oleh Galileo ini tentu mendapatkan tentangan banyak orang. Terlebih mereka yang percaya tentang Aristotelian celestial physics. Akibat perdebatan ini teleskop yang lebih besar akan dibuat akan pengamatan yang lebih jelas bisa dilakukan.

4. Mengamati Bima Sakti dan Mengukur Bintang

Galileo Galilei mengamati Galaxy Bima Sakti. Ia percaya jika galaksi itu berbentuk nebula dengan banyak sekali bintang di temukan di dalamnya. Kumpulan benda langit itu akhirnya berbentuk seperti awan yang terlihat dari bumi. Dari pengamatan ini, Galileo juga menemukan beberapa bintang besar di rasi Ursa Mayor pada tahun 1617.

Galaksi Bima Sakti [image source]
Galaksi Bima Sakti [image source]
Dalam pengamatan ini, Galileo mengatakan jika bintang memiliki bentuk yang sedikit bundar. Dari teleskop dia bisa mengamati kelengkungan bintang dan mengetahui seberapa panjang diameternya. Dari penemuan ini ia bisa mengukur diameter dari bintang tanpa harus bersusah payah. Apa yang dilakukan oleh Galileo akhirnya disempurnakan oleh astronom-astronom di era yang lebih modern.

5. Penemuan di Bidang Teknik dan Fisika

Ilmu yang dimiliki oleh Galileo ternyata tak hanya di bidang astronomi saja. Ia juga bisa mengembangkan sebuah alat di bidang teknik. Galileo membuat sebuah kompas militer yang bisa digunakan dalam mengukur kelengkungan lembaran meriam yang akan digunakan. Alat ini ditemukan pada tahun 1600-an awal sebelum ia mendalami astronomi lebih jauh.

kompas militer [image source]
kompas militer [image source]
Dalam bidang fisika, ia meneliti tentang massa yang jatuh ke bawah. Apakah ada perbedaan antara benda bermassa banyak dan sedikit. Akhirnya ia menyimpulkan jika sesuatu yang jatuh pasti mendapatkan sebuah gaya. Apa yang dilakukan oleh Galileo akhirnya dikembangkan oleh Newton sebagai salah satu hukum fisika paling hebat sepanjang masa.

Inilah lima hal menakjubkan dari Galileo yang sampai sekarang masih dikenang. Bahkan dikembangkan menjadi lebih baik dan berguna bagi banyak orang. Tanpa Galileo mungkin penemuan hebat seperti di atas tidak akan terjadi.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA