Gadis dengan Bulu Super Lebat di Seluruh Tubuh

oleh Tetalogi
10:25 AM on Jul 21, 2015

Seorang gadis berusia 8 tahun dari Guilin City, China, terlahir dengan bulu hitam lebat di seluruh tubuhnya. Bulu-bulu tersebut tumbuh lebat dari kepala hingga kaki sehingga ia tidak bisa memakai baju pendek atau bahkan baju renang. Karena kondisinya ini, gadis bernama Xiaoling ini sering diejek oleh teman-temannya.

Keluarga Xiaoling berusaha mencari bantuan dengan membuat penggalangan dana untuk memberikan perawatan laser untuk menyembuhkan kondisinya. Menurut dokter, Xiaoling menderita sebuah kelainan langka yang disebut Hypertrichosisi atau sindrom Ambras. Kelainan ini menyebabkan tumbuhnya rambut secara tidak normal di seluruh tubuh termasuk wajahnya sejak ia lahir.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Kondisi ini disebut juga dengan sindrom Werewolf atau manusia serigala. Kondisi ini sendiri bukanlah sebuah penyakit, tapi dianggap sebagai respon tubuh terhadap masalah medis lain yang lebih serius. Namun untuk kasus Xiaoling, para dokter belum yakin betul apa sebenarnya yang menyebabkan kondisi ini.

Xiaoling menderita kelainan yang membuat seluruh tubuhnya dipenuhi bulu
Xiaoling menderita kelainan yang membuat seluruh tubuhnya dipenuhi bulu

Hypertrichosis disebabkan oleh mutasi genetis karena sel yang biasanya mematikan pertumbuhan rambut di beberapa area tertentu seperti kening atau kelopak mata, justru tetap hidup. Tidak ada cara tertentu untuk menyembuhkan kondisi ini, tapi rambut bisa dihilangkan dengan cara bleaching, memotong rambut, mencukur, mencabut rambut, waxing, laser, dan beberapa langkah lainnya.

Operasi laser bisa untuk menghilangkan rambut diperkirakan adalah cara yang paling efektif untuk merawat Xiaoling. Hal ini bisa dilakukan agar Xiaoling bisa kembali menjalani hidup normal. Namun sayangnya, keluarga Xiaoling tidak memiliki biaya yang cukup untuk melakukan prosedur ini. Itulah yang membuat mereka kemudian mengumpulkan dana dari donasi.

Sejauh ini hanya ada 34 kasus hypertrichosis yang tercatat dalam sejarah medis. Satu yang paling terkenal dengan kelainan langka ini adalah seorang pria Rusia bernama Fedor Jeftichew asal Rusia. Pria yang juga dikenal dengan nama Jo Jo the Dog-Faced Boy ini melakukan tur ke Amerika Serikat sebagai bagian dari pemain sirkus di akhir abad ke 19.

Wah, semoga gadis kecil ini bisa segera mendapatkan bantuan ya. Dengan menjalani operasi untuk menghilangkan rambut-rambut berlebihan di tubuhnya, ia tentu bisa kembali beraktifitas seperti yang seharusnya dilakukan anak-anak seumurannya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA