10 Foto Viral di Internet yang Faktanya Diputarbalikkan

oleh Rahma Muliani
10:00 AM on May 13, 2015

Dalam setiap gambar tentu mengandung sebuah cerita. Tapi jika foto itu sudah diubah-ubah daripada aslinya, tentu cerita yang tersimpan nantinya juga akan berubah pula bukan. Hal ini sering sekali menjadi kontroversi dan memicu perdebatan di dunia maya.

Seperti yang dilansir di list25.com, foto-foto di bawah ini sempat membuat perdebatan antara orang-orang yang melihatnya. Seperti apa kehebohannya? Seperti apa pula fakta yang sebenarnya? Langsung aja kita simak pemaparannya di bawah ini yuk.

Baca Juga
Dinobatkan Jadi Atlet Tercantik dan Terseksi SEA Games 2017, Ini Lho Pesona Lindswell Kwok Yang Bikin Indonesia Bangga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main

1. Seorang Anak Yang Tidur Di Tengah Makam Orang Tuanya

Bisa kita lihat pada foto di atas, tampak seorang anak laki-laki sedang tidur di antara kuburan ayah dan ibunya. Hal ini diperkirakan ada hubungannya dengan krisis kemanusiaan yang terjadi di Suriah pada saat itu. Padahal yang sebenarnya terjadi bukanlah seperti itu.

Tidur Ditengah Makam (c) list25.com
Tidur Ditengah Makam [imagesource]
Foto ini merupakan karya seorang seniman bernama Abdul Aziz al-Otaibi. Dia adalah seorang seniman dari Arab Saudi. Dalam gambar tersebut, ia ingin menggambarkan tentang betapa besarnya cinta seorang anak kepada kedua orang tuanya walaupun mereka sudah tiada.

2. Daun Pepohonan Berwarna Ungu

Kita semua tentu mengetahui warna daun pada umumnya adalah hijau. Tapi tidak pada pohon yang ada di sebuah pulau kecil di Skotlandia, Skye. Pada gambar di sebelah kanan memperlihatkan warna daun dari tanaman yang tumbuh di sana adalah ungu.

Daun Berwarna Ungu - (c) list25.com
Daun Berwarna Ungu [imagesource]
Tentu hal itu bukanlah sebuah fakta. Warna ungu pada daun tersebut hanyalah sebuah rekayasa belaka. Seseorang telah mengeditnya menggunakan sebuah aplikasi komputer, yakni Photoshop. Ya, memanng dengan aplikasi yang dipakai jutaan pengguna itu bisa merubah sebuah foto menjadi sedemikian rupa.

3. Cahaya Di Utara Alaska

Sesungguhnya, tidak ada cahaya yang terdapat di puncak gunung pada foto di atas. Cahaya itu sebenarnya adalah Nebula Orion, yang terletak di sebelah selatan Sabuk Orion pada rasi bintang Orion. Biasanya, pancarannya dapat dilihat dengan menggunakan mata telanjang.

Nebula Orion (c) list25.com
Nebula Orion [imagesource]
Foto yang disebelah kiri adalah hasil editan dari seorang anggota DevianArt, sebuah komunitas unia maya untuk para pembuat seni. Dia menggabungkan kedua objek, yakni gunung dan Nebula Orion dengan menumpuknya. Sehingga seakan-akan cahaya itu berada di puncak.

4. Detik-Detik Tragedi 9/11

11 September 2001 terjadi sebuah tragedi di New York City dan Washington D. C. Para pembajak menabrakkan dua pesawat ke menara kembar WTC (World Trade Center). Tempat itu pun hancur seketika dan banyak sekali korban berjatuhan.

Pesawatnya Akan Menabrak (c) list25.com
Pesawatnya Akan Menabrak [imagesource]
Foto diatas yang diaku pemilik diambil saat detik-detik pesawat akan menabrak gedung. Tapi ternyata begitu banyak kejanggalan yang terdapat dalam foto tersebut. Tak berapa lama, Peter Guzli Hongaria yang mempunyai foto tersebut mengakui jika ini hanyalah tipuan belaka.

5. Pulau Berbentuk Bulan Bintang

Lagi-lagi Photoshop membuat orang-orang tertipu. Yaa, bisa kita lihat dalam foto diatas terdapat dua pulau yang hampir berdempetan. Uniknya, bentuknya sangatlah unik seperti puncak kubah masjid. Apalagi kalau bukan bulan sabit dan bintang.

Pulau Dengan Bentuk Unik (c) list25.com
Pulau Dengan Bentuk Unik [imagesource]
Pulau berbentuk bulan sabit itu adalah asli, yakni pulau Hawaii Molokini. Sang editor menambahkan satu pulau lagi berbentuk bintang dengan menggunakan aplikasi Photoshop. Sekejap, karyanya sempat membuat viral di dunia maya.

6. Kaki Bayi Terlihat Di Luar Perut

Lucu sekali foto perut seorang calon ibu di atas. Dari luar, terlihat setapak kaki sang bayi yang seakan-akan bayi yang ada di dalam rahim sedang medorong-dorongkan kakinya. Tapi ternyata, itu hanyalah sebuah fakta yang lagi-lagi diputar-balikkan kebenarannya.

Kaki bayi (c) list25.com
Kaki bayi [imagesource]
Sesungguhnya itu bukanlah sebuah tapak kaki sang bayi. Rasanya tidak mungkin hal ini terjadi, seorang bayi bisa mendorong begitu kuat hingga terlihat bentuk kakinya. Karena lapisan kulit serta otot-otot pada perut sangatlah tebal dan berlapis-lapis.

7. Koala Atau Anjing

Jika kita lihat sepintas, hewan yang ada dalam foto di bawah ini adalah seekor koala. Bulu-bulu hewan lucu yang berwarna hitam putih tersebut terlihat sangat lemas dan jatuh. Bisa dibilang ini adalah penampakan seekor koala ketika sedang basah.

Hewan Apakah Ini - (c) list25.com
Hewan Apakah Ini [imagesource]
Padahal ini sesungguhnya bukanlah seekor hewan khas Australia. Jika diperhatikan hewan ini adalah seekor anjing. Lihat saja bentuk rahang serta gigi-gigi tajam pada hewan dalam foto di atas. Koala tidak memakan daging, melainkan daun. Jadi ia tidak mungkin punya gigi setajam itu.

8. Selfie Di Udara

Dalam foto diatas, nampak seorang pilot sedang melakukan selfie dan monopodnya. Hal ekstrim yang ia lakukan adalah, foto itu diambil saat pesawat berada dalam ketinggian di atas awan. Dimana kondisi tidak memungkinkan untuk membuka kaca pesawat.

Membuka Kaca Saat Terbang (c) list25.com
Membuka Kaca Saat Terbang [imagesource]
Tapi pilot ini membuka kacanya untuk mendapatkan gambar dirinya serta gambar badan pesawat yang ia kemudikan. Jelas hal ini tidak mungkin terjadi, sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Sepertinya, lagi-lagi Photoshop bekerja dengan sangat baik.

9. Los Angeles Gelap Gulita

Apa yang kamu bayangkan jika sebuah kota menjadi gelap gulita. Tidak ada lampu yang terlihat kecuali sinaran dari benda-benda yang bersinar indah di langit tersebut. Seperti yang terjadi pada kota Los Angeles tahun 1994 silam dalam foto di bawah ini.

Kotanya Sangat Gelap - (c) list25.com
Kotanya Sangat Gelap [imagesource]
Tentu kejadian ini tidak pernah terjadi di kota Los Angeles. Foto ini adalah hasil karya dari seorang fotografer bernama Thierry Cohen. Gambar dari beberapa kota di gabung menjadi satu, lengkap dengan pemandangan langitnya yang bertabur bintang dengan sinar terangnya itu.

10. Penampakan Bulan Raksasa

Hampir sama dengan foto sebelumnya, ini adalah pemandangan sebuah kota bernama Rio de Janeiro. Rio de Janeiro merupakan ibu kota negara bagian tenggara Brazil. Di langit bisa kita lihat ada bulan raksasa atau biasa atau super moon yang sekaligus menjadi latar.

Bulannya Sangat Besar - (c) list25.com
Bulannya Sangat Besar [imagesource]
Bulan raksasa yang ada dibalik pegunungan itu hanyalah sebuah rekayasa. Sang pemilik menambahkan bulan dengan aplikasi edit foto. Foto ini pun benat-benar membuat dunia tertipu karenanya. Tak ada yang menyangka foto ini hanya sebuah editan.

Itulah tadi kesepuluh foto-foto yang menjadi viral di internet karena fakta yang terkandung di dalamnya diputarbalikkan. Menurut kamu sendiri, foto manakah yang faktanya sangat berbeda jauh dari penjelasan yang tersebar di dunia maya?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
error put content