8 Foto Ini Diambil Beberapa Saat Sebelum Bencana Mematikan Terjadi

oleh Centralismo
12:00 PM on Aug 6, 2015

Hidup kita menjadi jauh lebih berwarna dengan kehadiran teknologi kamera. Kita bisa mengabadikan momen-momen yang berharga yang tidak mungkin terulang lagi. Namun kadang momen yang tidak diinginkanpun bisa tertangkap kamera tanpa sengaja.

Berikut ini Boombastis membahas tentang beberapa foto bersejarah yang diambil beberapa detik sebelum bencana mematikan. Mungkin foto ini tampak biasa saja, namun efek yang setelah kejadian dalam foto itu berakibat nyawa yang melayang. Penasaran seperti apa foto mengerikan ini?

Baca Juga
5 Fakta Gahar Pesawat Buatan Anak Bangsa N219 yang Bakal Bikin Negara Tetangga Iri
Deretan 10 Paskibraka Cantik Pembawa Bendera Pusaka Di Upacara Istana Kepresidenan yang juga Pantas Membawa Hatimu

1. Kru Pesawat Challenger Sebelum Berangkat

Selasa, 28 Januari 1986 Amerika Serikat dengan bangga meluncurkan Space Shuttle Challenger, pesawat ulang-alik kebanggaan mereka. Tujuh astronot ini tampak begitu bersemangat untuk memasuki pesawat canggih mereka, setelah melalui pelatihan selama bertahun-tahun. Wajah mereka tampak begitu bahagia dan percaya diri.

Kru Pesawat Challenger Sebelum Berangkat
Kru Pesawat Challenger Sebelum Berangkat [ImageSource]
Siapa yang menyangka, 73 detik setelah pesawat tersebut diluncurkan dari gound-contril di Florida, pesawat itu meledak seketika dan hancur berkeping-keping. Pecahan pesawat bertebaran di atas Samudera Atlantik. Tujuh awak pesawat tersebut tewas seketika. Setelah bencana ini AS menghentikan semua eksplorasi ruang angkasa selama 32 tahun. Satu diantara eksplorasi itu harusnya membawa astronot pertama Indonesia untuk pergi ke ruang angkasa. Namun, misi dibatalkan.

2. Raja Franz Ferdinand Sebelum Dibunuh

Pada bulan Juni, 1914 Raja Franz Ferdinad sedang berkunjung ke Sarajevo, Bosnia. Dia adalah raja Austria-Hungaria yang sangat dihormati oleh rakyat kedua negara tersebut. Namun, di sela-sela kunjungannya, dia ditembak oleh seorang penembak jitu yang berasal dari kelompok pemberontak Serbia. Ini adalah foto terakhir yang diambil sebelum penembakan tersebut.

Foto Raja Franz Ferdinad Sebelum Dibunuh
Foto Raja Franz Ferdinad Sebelum Dibunuh [ImageSource]
Matinya raja yang diagungkan ini kemudian menjadi pemicu meletusnya Perang Dunia I. Perang tersebut menewaskan 40 juta korban jiwa dari berbagai negara. Banyak negara yang hancur dan mengalami krisis pangan juga krisis politik. Penembak jitu yang menewaskan Franz Ferdinand sangat dikenal di kalangan snipper. Dia bernama Gavrilo Princip.

3. Detik-Detik Terakhir Sebelum Pavel Jatuh dari Lantai 16

Pavel Kashin adalah seorang atlit parkour asal Rusia. Dia sangat disegani di dunia olahraga seni memanjat gedung. Kala itu, Pavel sedang memfilmkan aksi terbarunya dengan seorang teman.

Detik-Detik Terakhir Sebelum Pavel Terjatuh dari Lantai 16
Detik-Detik Terakhir Sebelum Pavel Terjatuh dari Lantai 16 [ImageSource]
Ketika sedang melancarkan aksi backflip dari gedung berlantai 16, Pavel mengalami kecelakaan naas. Backflip yang dia lakukan sangat sempurna, namun ketika mendarat, dia kehilangan keseimbangan. Foto ini diambil beberapa detik sebelum tubuhnya terhempas bebas ke jalanan.

4. Moira Smith Sesaat Sebelum Ledakan Kedua 9/11

Ketika peristiwa 9/11 yang mematikan, Moira Smith sedang bertugas beberapa blok dari lokasi. Begitu tower pertama hancur akibat serangan teroris, Smith menolong seorang korban yang terluka parah di bagian kepala.

Moira Smith Sesaat Sebelum Ledakan Kedua Nine Eleven
Moira Smith Sesaat Sebelum Ledakan Kedua Nine Eleven [ImageSource]
Saat menyelamatkan korban tersebut, beberapa wartawan mengabadikan aksi tangguh polisi wanita ini. Beberapa detik setelah foto ini diambil, Smith berlari ke Tower Utara untuk mengevakuasi orang-orang. Namun naasnya, detik itu pula Tower Utara diserang teroris dan Smith tewas di dalamnya.

5. Beberapa Saat Sebelum Disiksa Hingga Mati

Pasca kejadian 9/11 seluruh Amerika Serikat terjangkit penyakit Islamophobia. Mereka menganggap semua orang muslim adalah teroris yang patut dimusuhi. Setiap orang yang memiliki wajah ke Arab-Araban akan ditangkap dan dianggap sebagai teroris berbahaya.

Sesaat Sebelum Tahanan Afganistan Disiksa Hingga Mati
Sesaat Sebelum Tahanan Afganistan Disiksa Hingga Mati [ImageSource]
Demikian pula dengan sopir taksi satu ini. Dia ditangkap begitu saja oleh intelejen setempat tanpa mengetahui kesalahannya. Foto tersebut adalah foto terakhir pria ini sebelum akhirnya dia dimasukkan ke ruang introgasi. Dia disiksa sedemikian rupa hingga tewas.

6. Foto Hittler Sehari Sebelum Melakukan Bunuh Diri

Pada 30 April 1945, Hitler bunuh diri dengan senjata api. Istrinya kemudian ikut bunuh diri dengan menenggak pil beracun. Atas instruksi Hitler sebelum dia meninggal, mayat sepasang suami istri itu dibakar di sebuah taman bernama Reich Chancelerry. Abu keduanya kemudian disebarkan di tempat yang tidak diketahui.

Foto Hitler Sehari Sebelum Bunuh Diri
Foto Hitler Sehari Sebelum Bunuh Diri [ImageSource]
Foto di atas diambil sehari sebelum Hitler ditemukan tewas. Namun kematian Hitler masih misterius. Sebuah tes DNA pada tahun 2009 menyatakan bahwa tengkorak yang diyakini sebagai tengkorak Hitler sesungguhnya adalah tengkorak seorang perempuan yang berumur kurang dari 40 tahun.

7. Penumpang Gelap Jatuh dari Pesawat

Pada tahun 1970 John Giplin sedang mengetes kamera yang baru dibelinya. Diapun mengambil lokasi pemotretan di sekitar Bandara Sydney. Dia memotret beberapa pesawat. Tanpa disadarinya, dia telah memfoto sesosok tubuh manusia terjatuh dari sayap pesawat.

Penumpang Gelap Terjatuh dari Pesawat
Penumpang Gelap Terjatuh dari Pesawat [ImageSource]
Setelah diinvestigasi, ternyata tubuh itu adalah tubuh seorang bocah berusia 14 tahun bernama Keith Sapsford. Anak itu nekad menjadi penumpang gelap di pesawat yang sedang menuju Tokyo itu. Ayahnya berkata bahwa sang anak memang sangat ingin berkeliling dunia.

8. Sesaat Sebelum Pemenggalan

Leonard Sifleet, seorang prajurit Australia yang bertempur dalam perang dunia kedua. Kala itu dia ditugaskan untuk berperang di negara matahari terbit, Jepang. Sialnya, ketika sedang bertugas dia tertangkap dan disandera oleh tentara Jepang.

Sesaat Sebelum Pemenggalan
Sesaat Sebelum Pemenggalan [ImageSource]
Foto ini diambil beberapa detik sebelum dia dipenggal oleh tentara Jepang dengan menggunakan samurai. Foto ini sengaja disebarluaskan oleh pemerintah Jepang untuk himbauan kepada lawan mereka, bahwa mereka tidak akan segan-segan mengeksekusi siapa saja yang tertangkap di negara mereka.
Foto-foto di atas menjadi saksi sejarah sekaligus pelajaran untuk kita. Satu tindakan atau kesalahan kecil bisa merenggut nyawa seseorang. Semoga untuk ke depannya tidak akan ada lagi peperangan ataupun kekerasan seperti yang terjadi pada gambar-gambar di atas. (HLH)

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri 8 Ilustrasi Kocak yang Membuktikan Dunia Berubah ke Arah yang Lebih Buruk, Setuju?
BERITA TERKAIT
BACA JUGA