in

5 Foto Kemanusiaan Yang Membuatmu Menangis Sedih

5. The Nagasaki Brother

Foto ini diambil oleh fotografer asal Amerika Serikat, Joe O’Donnell setelah pengeboman dahsyat di Nagasaki. Joe menyaksikan langsung semua kejadian mengerikan itu yang membuat dia menderita depresi di tahun-tahun kemudian. Menurut anak dari Joe, foto ini adalah foto yang paling mempengaruhi Joe lebih dari foto-foto lainnya.

The Nagasaki Brother
The Nagasaki Brother

Bayi yang ada dalam gendongan dalam foto ini telah meninggal. Sementara sang kakak sedang menggendongnya untuk membawa si adik ke tempat krematorium untuk penghormatan terakhir. Sebelum tubuh adiknya dikremasi, anak ini berdiri dengan sikap tegak dan hormat, sebagai penghormatan terakhir bagi adiknya. Dia menolak untuk menangis, meski dia kehilangan anggota terakhir yang dimilikinya. Seperti sikap seorang ksatria, dia berdiri tegak, menggigit bibirnya agar tidak menangis. Pengeboman Nagasaki adalah serangan paling mematikan yang pernah diciptakan manusia.

Demikianlah beberapa foto menggentarkan yang pernah tertangkap kamera. Kita berharap sejarah-sejarah kelam itu tidak akan kembali terulang. Tentu akan sangat menyedihkan jika kita harus menyaksikan adegan seperti dalam foto di atas langsung di kehidupan nyata kita.

Oleh karena itu sebaiknya kita harus tetap menjaga keharmonisan sesama manusia. Tidak peduli seberapa berbedapun kita, baik dalam suku, bangsa, agama atau perbedaan pendapat, jangan sampai membuat kita gelap mata. Menjaga kedamaian adalah tugas kita semua. (HLH)

Written by Centralismo

Leave a Reply

Video Lucu Kevin Anggara VS Dora the Ngeselin

9 Serangan Teroris Paling Parah di Dunia Setelah Tragedi 11 September