in

5 Fosil Manusia Rawa Mengerikan ini Bukti Tumbal Manusia di Masa Lalu

bog body

Yang kita tahu, fosil manusia biasanya ditemukan dalam bentuk tulang belulang saja, atau dalam bentuk mumi yang tertutup oleh lilitan kain. Selebihnya fosil manusia jarang sekali ditemukan dalam bentuk yang lumayan utuh. Hingga bog body ditemukan di rawa-rawa yang memiliki kadar oksigen sangat rendah.

LIHAT JUGA: Inilah 7 Hewan Purba yang Pernah Tinggal dan Punah di Indonesia

Bog body adalah fosil tubuh manusia yang ditemukan di rawa-rawa dalam bentuk yang masih utuh. Lingkungan yang tidak memiliki oksigen membuat tubuh menjadi awet dan tidak membusuk. Akhirnya tubuh ini mengalami reaksi kimia hingga wujudnya menjadi hitam mengerikan. Inilah fosil manusia rawa yang konon juga merupakan tumbal di masa lalu.

1. Tollund Man – Denmark

Tollund Man adalah bog body yang ditemukan di daerah Bjaeldskovdal Denmark. Fosil ini ditemukan pada tahun 1950 oleh Viggo dan Emil Hojgaard. Tubuh dari fosil ini ditemukan di dalam rawa yang sangat pekat dengan kedalaman sekitar 2 meter. Tubuh dari Tollund Man masih utuh lengkap dengan bajunya yang ikut menjadi hitam pekat.

Tollund Man [image source]
Tollund Man [image source]
Berdasarkan analisis karbon yang dilakukan oleh peneliti, Tollund Man berasal dari abad ke-4 sebelum masehi. Artinya lebih dari 2.000 tahun terpendam di dalam lumpur. Kematian dari Tollund Man adalah dengan digantung hingga kehabisan napas. Ia lalu dipendam di dalam lumpur hingga akhirnya ditemukan. Kematian dari Tollund Man masih penuh misteri namun ada spekulasi yang mengatakan jika ia digunakan untuk ritual.

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

Negara Bahrain

5 Fakta Sangar Bahrain, Negara Kecil Tapi Bikin Iri Penduduk Dunia

5 Negara Amerika Latin ini Terkenal Akan Wanitanya yang Cantik Luar Biasa