7 Fobia ini Nyaris Dimiliki Semua Orang di Dunia, Mungkin Anda Juga?

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Oct 22, 2015

Sebuah fobia akan muncul ketika seseorang mengalami ketakutan yang berlebihan. Fobia juga bisa muncul karena adanya trauma terhadap suatu hal. Akhirnya, ketakutan-ketakutan ini berkumpul menjadi satu dan membentuk sesuatu yang dinamakan dengan fobia.

Orang yang memiliki fobia terhadap sesuatu hal akan merasa tidak nyaman jika harus berhadapan dengan sesuatu yang ditakutinya itu. Bahkan dalam beberapa kasus mereka bisa mengalami pingsan hingga serangan jantung dadakan.

Baca Juga
4 Lomba Agustusan Greget Ala Suku Dayak Ini Dijamin Bakal Bikin Kamu Melongo
6 Efek Mengerikan Akibat Penggunaan Steroid untuk Membesarkan Otot, Cowok-Cowok Buka Mata Deh!

Berikut ini ada sederetan fobia yang hampir dimiliki oleh semua orang di dunia. Bahkan tanpa sadar kita juga memilikinya. Enggak yakin? Yuk, kita coba cek satu per satu!

1. Takut Dengan Ibu Mertua (Pentheraphobia)

Banyak orang di seluru dunia, terutama wanita memiliki ketakutan yang sangat besar terhadap ibu mertua. Mereka biasanya akan takut jika ditanyai sesuatu, ditanyai pekerjaan, ditanyai bisa masa apa tidak, dan hal-hal lain yang bakalan susah dijawab.

Takut Dengan Ibu Mertua (Pentheraphobia) [image source]
Takut Dengan Ibu Mertua (Pentheraphobia) [image source]
Bertemu dengan ibu mertua atau calon ibu mertua biasanya menjadi momok bagi sebagian orang. Mereka akan berusaha tampil sesempurna mungkin di depan ibu pasangannya. Ketakutan berlebih terhadap ibu mertua ternyata ada namanya yaitu Pentheraphibia.

2. Takut Dengan Angka 4 (Tetraphobia)

Negara-negara di Asia Timur seperti Jepang, Korea, dan China sangat takut dengan angka 4. Bahkan dalam setiap bangunan, lantai 4 selalu tidak dipakai atau dihilangkan. Hal ini terjadi karena angka 4 merupakan simbol dari kematian dan juga kesialan.

Takut Dengan Angka 4 (Tetraphobia) [image source]
Takut Dengan Angka 4 (Tetraphobia) [image source]
Ketakutan berlebih dengan angka empat ini dinamakan dengan Tetraphobia. Di negara barat mungkin angka 13 yang menjadi ketakutan massal. Hal ini terjadi karena angka itu lagi-lagi dianggap sebagai pembawa sial.

3. Takut Dengan Semut (Myrmecophobia)

Semut adalah serangga yang bentuknya sangat kecil. Meski demikian, beberapa orang sangat membencinya. Ada juga yang sampai ketakutan dan enggan melihatnya. Hewan ini dianggap menjijikkan karena kerap bergerombol di bangkai hewan dan juga memenuhi meja hingga nampak kotor.

Takut Dengan Semut (Myrmecophobia) [image source]
Takut Dengan Semut (Myrmecophobia) [image source]
Ketakutan berlebih terhadap semut disebut dengan myrmecophobia. Disadari atau tidak saat kita merasa takut atau jijik, sebenarnya kita telah memiliki fobia yang aneh ini. Sebenarnya semut sangat kecil, kita injak juga sudah mati. Namun karena jumlahnya yang banyak, semut jadi kelihatan lebih menakutkan.

4. Takut Jauh-jauh Dengan Ponsel (Nomophobia)

Fobia ini muncul di era gadget mulai menjamur dan menguasai dunia. Semua orang jadi terbiasa dengan ponsel yang dianggap pintar itu. Segala hal bisa dilakukan di sana hingga ketinggalan ponsel sudah menjadi petaka.

Takut Jauh-jauh Dengan Ponsel (Nomophobia) [image source]
Takut Jauh-jauh Dengan Ponsel (Nomophobia) [image source]
Bangun tidur yang dicek pertama kali adalah ponsel. Melihat apakah ada pesan masuk atau tidak. Jika akan bepergian apa yang tak boleh ketinggalan adalah ponsel. Well, ketakutan berlebih dengan tak bisa jauh-jauh dengan benda ini disebut dengan Nomophobia.

5. Takut Dengan Pekerjaan (Ergophobia)

Kita semua tahu jika pekerjaan adalah hal yang banyak dicari oleh orang di seluruh dunia. Bahkan ada yang rela melakukan apa saja asal mendapatkan pekerjaan yang layak. Namun tak semua orang yang sudah mendapatkan pekerjaan bisa menjalaninya dengan baik. Sebagian justru ketakutan.

Takut Dengan Pekerjaan (Ergophobia) [image source]
Takut Dengan Pekerjaan (Ergophobia) [image source]
Misal takut dengan beban yang diberikan. Takut dengan apa saja yang akan bos katakan hingga pekerjaan tak dapat dikerjakan dengan baik. Orang yang terlalu ketakutan dengan apa yang ia kerjakan di kantor dikatakan sedang mengidap Ergophobia.

6. Takut Dengan Lemak Dalam Makanan (Lipophobia)

Satu hal yang sangat ditakuti oleh orang di seluruh dunia adalah memiliki badan yang gemuk. Terutama kaum wanita yang menjadi penampilan adalah sesuatu yang sangat penting. Akhirnya mereka jadi sangat anti dengan makanan yang dalam komposisinya mengandung lemak sangat tinggi.

Takut Dengan Lemak Dalam Makanan (Lipophobia) [image source]
Takut Dengan Lemak Dalam Makanan (Lipophobia) [image source]
Lemak yang ada dalam makanan ditakutkan akan membuat kita semua jadi gemuk. Jika sudah gemuk maka banyak penyakit akan masuk ke dalam tubuh. Padahal lemak adalah komponen penting dalam tubuh. Dari lemak kita mendapatkan banyak sekali sumber energi. Hanya saja memang perlu pengaturan saja, bukan untuk ditakuti.

7. Takut Dengan Ledakan Balon (Globophobia)

Apa yang anda lakukan jika bersebelahan dengan balon? Memeluknya? Atau justru takut padanya? Beberapa orang memiliki ketakutan berlebih dengan letusan balon. Akhirnya mereka akan menutup mata dan berusaha menutup telinga dengan tangan jika berada di dekat balon.

Takut Dengan Ledakan Balon (Globophobia) [image source]
Takut Dengan Ledakan Balon (Globophobia) [image source]
Ketakutan terlalu mendalam dengan letusan balon dinamakan dengan Globophobia. Dan orang yang mengalaminya sangatlah banyak di dunia ini. Bunyi ledakan dari balon dianggap mengerikan dan seperti ledakan bom. Beberapa orang memilih berlari daripada mendengar ledakan balon yang sebenarnya tidak akan merusak apa-apa.

Nahlo, bagaimana? Dari tujuh fobia atau ketakutan berlebih di atas, adakah yang anda miliki? Semoga saja tidak ya. Kita enggak perlu takut dengan ibu mertua, atau takut dengan makanan berlemak. Hal-hal sederhana semacam itu sejatinya bisa kita handle dengan baik!

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA