in

6 Fobia Nggak Umum yang Bisa Menghantui Manusia

Phobia paling ekstream
Phobia paling ekstream [ImageSource]

Setiap orang pasti punya rasa takut dalam dirinya, entah itu anak kecil atau orang dewasa sekalipun. Banyak sekali penyebab rasa takut tersebut, di antaranya ada yang unik dan juga ekstrem.

Rasa takut yang berlebihan terhadap sesuatu umumnya dikenal dengan istilah fobia, ada banyak sekali jenis fobia yang dialami manusia. Hingga sekarang, banyak bermunculan jenis-jenis fobia yang baru. Lalu seperti apakah rasa takut yang dibilang unik dan ekstrem tersebut? Simaklah informasi berikut ini.

1. Automatonophobia, Takut Boneka Ventriloquis

Tahukah Anda tentang ventriloquis? Itu adalah sebuah istilah untuk orang yang memiliki ketrampilan berbicara dengan perut, tanpa menggunakan bibir. Dan berbicara tentang ventriloquis, pasti Anda tau dengan boneka Susan yang seolah-olah bisa berbicara. Padahal sebenarnya manusialah yang mengeluarkan suara tersebut.

Automatonophobia
Automatonophobia [ImageSource]
Ternyata ada juga sebagian orang yang justru takut dengan boneka ventriloquis, rasa takut yang berlebihan itu disebut dengan Automatonophobia, termasuk juga rasa takut terhadap boneka lilin atau makhluk animatro.

2. Cathisophobia, Takut Duduk

Pernahkah Anda tidak duduk sehari semalam atau bahkan berhari-hari? Takkan terbayang, bagaimana capeknya bukan? Tapi orang yang mengidap cathisophobia, justru akan lebih memilih untuk tidak duduk sama sekali.

Cathisophobia
Cathisophobia [ImageSource]
Orang dengan fobia seperti itu, cenderung takut untuk duduk. Penyebabnya bermacam macam, salah satunya adalah karena pernah mengalami penyakit wasir yang parah atau mengalami kekerasan fisik yang berkaitan dengan duduk di benda tajam yang menyakitkan.

3. Anemophobia, Takut Udara

Anemophobia adalah salah satu fobia paling mematikan di dunia ini. Seseorang yang memiliki fobia seperti ini, bisa kehilangan nyawanya seketika. Kenapa bisa begitu?

Anemophobia
Anemophobia [ImageSource]
Karena Penderita Anemophobia memiliki ketakutan yang berlebihan pada udara. Sedangkan manusia sendiri, tidak bisa hidup tanpa udara. Seseorang yang memiliki phobia ini bisa melakukan Konseling, hipnoterapi, psikoterapi , dan program Neuro-Linguistic sebagai upaya untuk mengatasi rasa takut tersebut.

4. Pediophobia, Takut Boneka

Kalau yang tadi ada fobia khusus untuk boneka ventriloquis seperti boneka Susan, lalu istilah apakah yang digunakan untuk orang yang takut pada boneka secara keseluruhan, termasuk juga robot? Fobia tersebut dikenal dengan istilah Pediophobia.

Pediophobia, Takut Boneka
Pediophobia, Takut Boneka [ImageSource]
Mereka yang menderita pedhiophobia akan berpikiran bahwa boneka itu sangat menakutkan. Tak hanya itu, benda-benda lain yang mirip dengan manusia juga sangat ditakuti.

5. Eisoptrophobia, Takut Cermin

Sebagian besar manusia khususnya para wanita, umumnya takkan bisa jauh dari yang namanya Kaca. Hampir setiap hari kita menggunakan kaca. Tapi lain lagi jika orang tersebut berpikir ada hal yang menakutkan pada kaca. Jadi jangan sekali-kali menghadapkan mereka dengan kaca ya, bisa-bisa orang tersebut shock saking takutnya.

Takut Cermin
Takut Cermin [ImageSource]
Rasa takut pada kaca disebut dengan Eisoptrophobia. Sebenarnya, mereka menganggap bahwa ada dunia lain dalam cermin dan mereka takut masuk kedalam cermin tersebut. Penyebabnya bisa saja karena film-film horor atau kepercayaan takhayul tentang cermin.

6. Pentheraphobia, Takut Ibu Mertua

Yang terakhir ini mungkin bisa dialami oleh semua menantu di dunia ini, yaitu rasa takut pada ibu mertua. Tapi jika sampai berlebihan, tentu hal itu akan sangat mengganggu. Rasa takut yang berlebihan terhadap ibu mertua biasa disebut dengan Pentheraphobia.

Takut Ibu Mertua
Takut Ibu Mertua [ImageSource]
Orang yang memiliki fobia tersebut terpengaruh dengan anggapan negatif tentang ibu mertua seperti di film-film yang terkadang menampilkan sosok ibu mertua yang kejam dan mempersulit menantunya. Fobia lain yang berkaitan dengan Pentheraphobia adalah rasa takut pada ibu tiri, seperti yang terjadi pada kisah Cinderella contohnya.

Itulah beberapa fobia unik yang terjadi pada orang-orang di dunia ini. Rasa takut pasti berbeda bagi setiap orang. Kadang ada yang sangat takut, tapi di lain pihak justru ada orang lain yang berani. Bagaimana dengan Anda, apakah punya fobia jenis lainnya?

Written by Maya Galuh

Leave a Reply

7 Tempat Paling Dingin dan Beku Tapi Masih Ditinggali Manusia

5 Aliran Musik Aneh di Dunia, Beberapa di Antaranya Bisa Bikin Kamu Pusing