in

Filosofi Mendalam di Balik Jajanan Tradisional yang Tak Pernah Kamu Ketahui

4. Ketupat/Kupat “Ngaku Lepat

Kupat atau ketupat ini adalah makanan yang ikonik dengan selebrasi lebaran. Meskipun sebenarnya tak jauh beda dari lontong, namun bentuk kupat yang unik membuatnya tetap berbeda. Seperti yang kamu tahu, kupat dibuat dengan cara memasukkan beras ke dalam anyaman janur dan kemudian dikukus. Meskipun bisa dimakan dengan apa pun, tapi pasangan sejati ketupat cuma opor ayam dan gulai.

Makanan ini mengandung anjuran untuk mengakui kesalahan [Image Source]
Makanan ini mengandung anjuran untuk mengakui kesalahan [Image Source]
Tahu kah kamu kenapa kupat umumnya hanya ada di hari lebaran saja? Idul Fitri identik dengan maaf memaafkan dan makanan yang paling representatif untuk menggambarkan hal tersebut adalah kupat. “Ngaku lepat” adalah filosofi di balik makanan ini yang bisa diartikan mengakui kesalahan. Makanya, ketupat hanya afdol dimakan ketika satu sama lain saling meminta maaf dan mengakui kesalahan.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Negara asing penguasa indonesia

5 Negara Asing yang Menikmati Kekayaan Sumber Daya Alam Indonesia

5 Mitos Kekerasan Rumah Tangga yang Sering Dipercaya tapi Tak Sepenuhnya Benar!