10 Film Termahal Sepanjang Masa, Favoritmu Yang Mana?

oleh Evi Rizana
15:48 PM on Jan 14, 2015

Bagi fans dari Harry Potter, keluarnya film seri terbaru adalah hal yang dinanti. Sama halnya dengan film – film sekuel lainnya yang sukses dengan film pertama mereka, banyak penonton yang mengharapkan adanya kelanjutan film tersebut.

Terlepas dari film – film sekuel yang dinantikan orang banyak, biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan film yang laris manis tersebut juga tidak sedikit. Mereka mengeluarkan biaya triliunan rupiah untuk bisa menghasilkan film yang wah. Namun, hal tersebut tentu sebanding dengan keuntungan yang mereka dapatkan.

Baca Juga
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala
Disebut Perompak oleh Mantan PM Malaysia, Justru Inilah Fakta Suku Bugis Seorang Pelaut Handal

Nah, berikut ini merupakan daftar 10 film yang menghabiskan banyak biaya untuk proses pembuatannya, dilansir dari myfirstclasslife.com. Film mana favorit kamu?

10. Pirates of Carribean : Dead Men’s Chest

Jika kamu pernah menonton Pirates of Caribbean, pasti kamu menonton semua seri mulai dari yang pertama hingga yang terakhir. Layaknya Harry Potter, banyak yang menunggu kehadiran film terbaru Pirates of Caribbean. Di antara film Pirates of Caribbean, seri Dead Men’s Chest lah yang paling mahal.

10 Film Termahal Sepanjang Masa 10 (Pirates of Carribean : Dead Men’s Chest)
10 Film Termahal Sepanjang Masa  (Pirates of Carribean : Dead Men’s Chest)

Film Disney yang satu ini juga merupakan film tercepat yang mencapai hingga 1 miliar dolar di box office. Di serial yang ini menceritakan tentang loker milik Davy Jones di mana tidak banyak yang tahu tentang benda tersebut. Kamu pasti sudah menontonnya bukan?

 9 . Man of Steel

Superman adalah film superhero yang berhasil menjaring miliaran penonton. Dan di tahun 2006, film Superman kembali dengan cover ‘Superman Returns’ yang membuat banyak orang penasaran. Lalu, di tahun 2013, sang produser kembali mengangkat film heroic tersebut dengan aktor yang sama serta tambahan Henry Cavill dalam Man of Steel.

10 Film Termahal Sepanjang Masa 9 (Man of Steel)
10 Film Termahal Sepanjang Masa (Man of Steel)

Meskipun tidak semenarik “Superman II”, paling tidak, Man of Steel ini lebih baik dari pada ‘Superman IV: The Quest of Peaces. Biaya yang dikeluarkan untuk film ini lebih banyak dari yang disebutkan sebelumnya. Dengan biaya pembuatan sekitar 2,7 triliun bisa meraih lebih dari 670 juta dolar atau sekitar lebih dari 8,6 triliun rupiah.

8. The Chronicles of Narnia : Prince of Caspian

Begitu pula dengan film petualangan The Chronicles of Narnia yang tentu menghabiskan banyak biaya dalam pembuatannnya. Nah, di antara semua sekuel The Chronicles of Narnia, pembuatan Prince of Caspian lah yang menghabiskan banyak biaya. Tidak heran, jika penonton lebih suka seri yang satu ini daripada sekuel Narnia yang lain.

10 Film Termahal Sepanjang Masa 8 (The Chronicles of Narnia : Prince of Caspian)
10 Film Termahal Sepanjang Masa  (The Chronicles of Narnia : Prince of Caspian)

Review Prince of Caspian sekilas tidak semenarik review sekuel lainnya. Namun jangan salah, seri Prince of Caspian berhasil meraih sebanyak 5,3 triliun di dunia. Biaya pembuatan film ini juga cukup banyak, yakni sekitar 2,8 triliun. Namun sayangnya, film ini tidak meraih banyak penonton di Amerika.

7. The Dark Knight Rises

Film Batman juga merupakan rangkaian film trilogy yang terdiri dari 3 seri. Dari ketiga film Batman, penonton banyak terkesan dengan seri Dark Knight dengan performan yang begitu mengagumkan dari Heath Ledger sebagai The Joker.

10 Film Termahal Sepanjang Masa  (The Dark Knight Rises)
10 Film Termahal Sepanjang Masa (The Dark Knight Rises)

Begitu pula dengan penampilan Tom Hardy yang yang berperan Bane sebagai penjahat dalam seri The Dark Knight Rises. Dia begitu profesional dan berhasil menarik jutaan penggermar meski berperan antagonis. Di seri Dark Knight, suara Batman begitu aneh sehingga ketika Bane dan Batman berinteraksi, film hero ini lalu berubah menjadi komedi. Rugi deh pokoknya kalau nggak nonton The Dark Knight Rises yang pembuatannya lebih dari 3 triliun ini.

6. Avatar

James Cameron memang director film yang sukses. Bagaimana tidak, film Titanic yang dibuatnya berhasil menjadi film romantic favorit banyak orang. Tidak hanya Titanic yang berhasil meraih miliaran penonton, melainkan film Avatar juga merupakan tidak bosan untuk ditonton. Film Avatar yang merupakan esensi dari Fern Gully dengan efek manusia biru.

10 Film Termahal Sepanjang Masa ( Avatar )
10 Film Termahal Sepanjang Masa ( Avatar )

Tidak rugi, film yang menghabiskan biaya lebih dari 3 triliun ini bisa menarik sebanyak 2,78 miliar dolar. Kesuseksesan film ini tak kalah dengan film Titanic. Bahkan, film ini masih sering diputar di stasiun TV dan orang tidak bosan melihatnya.

5. John Carter of Mars

Film animasi yang juga membutuhkan banyak biaya adalah John Carter of Mars. Film yang dimainkan oleh Taylor Kitsch, Lynn Collins, dan Willem Dafoe ini seharusnya dirilis oleh Disney sekitar 1930an, namun tidak demikian.

10 Film Termahal Sepanjang Masa (John Carter of Mars)
10 Film Termahal Sepanjang Masa (John Carter of Mars)

Di balik film John Carter, pembuatannya memakan biaya sebanyak 3,17 triliun. Jumlah yang sangat besar untuk film – film Amerika. Namun sayangnya, penonton tidak sesuai seperti yang diharapkan. Di Amerika saja, John Carter hanya meraih sebesar 73 juta dolar dan 211 juta dolar dari seluruh penonton di dunia. Karena itu, film ini bukan tidak dibuat sekuel seperti film – film animasi dan aksi lainnya.

4. Harry Potter : Half Blood Prince

Di antara sekian film, seri Harry Potter lah yang paling dinanti banyak orang. Mulai dari novel hingga film selalu menjadi hal yang ditunggu. Tapi, di antara ke delapan seri Harry Potter, seri Half Blood Prince yang paling menghabiskan biaya paling banyak. Hal ini dikarenakan durasi film yang panjang hingga dipisah menjadi dua bagian.

10 Film Termahal Sepanjang Masa (Harry Potter : Half Blood Prince)
10 Film Termahal Sepanjang Masa (Harry Potter : Half Blood Prince)

Biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan Half Blood Prince sama dengan pembuatan John Carter, yakni sekitar 3,7 triliun rupiah. Namun sebaliknya, seri Harry Potter yang ke-enam ini mampu menarik sekitar hampir 4 kali lipat dari biaya pembuatan. Begitu juga dengan penonton yang tiada bosan menonton film Harry Potter berkali – kali.

3. Tangled

Disney sangat dikenal dengan film animasi princes dan princesses mereka. Beberapa film animasi buatan Disney selalu menjadi tontonan favorit banyak orang. Salah satunya adalah Tangled yang menceritakan Rapunzel si rambut panjang yang dengan sound track dari Mandy Moore.

10 Film Termahal Sepanjang Masa (Tangled)
10 Film Termahal Sepanjang Masa (Tangled)

Berbeda dengan film animasi lainnya, pembuatan Tangled menghabiskan banyak biaya. Pembuatan film Rapunzel ini menghabiskan biaya sebanyak 3,27 trilun rupiah. Namun, hasil yang didapatkan lebih dari sekedar sebanding dengan biaya pembuatannya. Tangled mampu meraih hampir dua kali lipat dari biaya pembuatan.

2. Spiderman 3

Spiderman adalah film heroic favorit banyak orang. Berhasil dengan seri yang pertama, film ini kemudian hadir dengan sekuel yang tidak pernah mengecewakan penontonnya. Begitu juga dengan Spiderman 3 yang tak kalah seru dari sekuel sebelumnya.

10 Film Termahal Sepanjang Masa  (Spiderman 3)
10 Film Termahal Sepanjang Masa (Spiderman 3)

Serunya film Spiderman 3 sangatlah sebanding dengan biaya pembuatan film yang dikeluarkan. Dalam pembuatannya, Spiderman 3 menghabiskan biaya sekitar 3,3 triliun rupiah. Hal tersebut tentu juga sebanding dengan jumlah keuntungan yang didapat yang mencapai lebih dari 3 kali lipat.

1. Pirates of Caribbean : At World’s End

Boleh dibilang, film Pirates of Caribbean memang film dengan biaya pembuatan yang mahal. Di antara sekuel dari Pirates of Caribbean, seri At World’s End yang paling menghabiskan biaya banyak. Bahkan, seri ini merupakan film termahal di seluruh dunia.

10 Film Termahal Sepanjang Masa (Pirates of Caribbean : At World’s End)
10 Film Termahal Sepanjang Masa (Pirates of Caribbean : At World’s End)

Namun, tidak sedikit juga penonton yang kecewa dengan film yang menghabiskan biaya hampir 3 triliun ini. Seperti ketidakhadiran Jack Sparrow dari awal hingga setengah film. Akan tetapi, film ini juga tidak kalah menarik dari sekuel Pirates of Caribbean lainnya. Pasalnya, Disney masih bisa mendapatkan keuntungan 3 kali lipat lebih dari film ini.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA