Jadul Hingga Paling Baru, 5 Film Superhero Indonesia Ini Bikin Marvel dan DC Seolah Biasa-Biasa Saja

Bukan cuma hollywood yang punya superheronya sendiri, kita juga punya

oleh Arief Dian
16:00 PM on Jun 15, 2017

Beberapa waktu yang lalu, kemunculan film Logan dan Wonder Woman membuat heboh masyarakat. Film dengan genre superhero ini sepertinya selalu memiliki tempatnya sendiri di hati para penonton. Bukan lagi hanya untuk anak-anak, kini bahkan orang dewasa juga doyan melihat film superhero.

Masih tentang film pahlawan super, ternyata tidak hanya hollywood loh yang punya sajian superhero. Indonesia ternyata juga pernah memiliki superhero juga, bahkan tidak kalah dengan Marvel dan DC pada zamannya. Apalagi setelah ini Indonesia juga bakal membuat film superhero lagi dan dijamin tidak kalah dengan hollywood. Jadi film apa saja kah itu? Simak ulasan berikut.

Baca Juga
6 Presenter Berita Ini Cantiknya Bikin Cowok Betah Mantengin Layar TV, Siap-siap Terhipnotis!
Bukan Pertama Kali, 10 Kostum Nasional Ini Bukti Nyata Bahwa Indonesia Memang ‘Jempolan’ di Ajang Internasional

Rama Superman Indonesia

Bukan hanya Hollywood dan DC comic yang punya Superman, ternyata di Indonesia juga ada. Rama adalah salah satu tokoh superhero Indonesia yang memiliki kekuatan seperti superman. Film Rama ini sendiri dibuat dan ditayangkan pada tahun 1974. Dan di saat itu ternyata film ini sendiri tidak kalah pamor dengan film superman besutan Hollywood. Film ini dibintangi artis senior August Melasz, yang menceritakan mengenai seorang yang loper koran yang mendapatkan kekuatan dari kakek misterius.

Rama [image source]
Kakek tersebut memberikan Jimat pada Rama dan saat dicium akan memberikan kekuatan dan kemampuan terbang. Dengan kekuatan itu, rama berjuang untuk mengalahkan kelompok naga hitam yang ingin menghancurkan kota Jakarta. Sebagai salah satu film jadul, bisa dibilang film ini lumayan sukses, apalagi genre superhero yang notabennya jarang sekali ada waktu itu. Bisa dibilang Rama adalah penggebrak film superhero Indonesia.

Darna Ajaib

Bisa dibilang film ini adalah wonder woman milik Indonesia. Diangkat dari sebuah komik superhero asal negara Filipina, Darna akhirnya dibuat film pertama kali oleh Indonesia. Tidak tanggung-tanggung artis senior Lidya Kandou menjadi pemeran si Darna Ajaib ini. Di tayangkan pada tahun 1980, Darna ternyata juga memperoleh kesuksesan sendiri di belantika perfilman Indonesia.

Darna [image source]
Film ini sendiri bercerita mengenai Darna seorang perempuan yang diberi anugerah kekuatan yang luar biasa. Dia bisa terbang, mengangkat benda berat dan kekuatan super lainnya. Namun tugasnya di dunia ini adalah mengalahkan seorang perempuan anak iblis bernama Malia yang akan menghancurkan dunia. Film ini dibilang cukup sukses dalam mengangkat nama pemain-pemain senior seperti Lidya Kandou, Nia Zulkarnaen dan Ria Irawan. Saat itu pun Darna juga banyak digandrungi banyak pencinta superhero di Indonesia.

Gundalla Putra Petir

Film yang satu ini bisa disebut yang paling sukses dari yang lainnya. Gundalla putra petir, film yang dibintangi oleh Teddy Purba ini ternyata dulu lumayan bersaing dengan film Superman II pada masanya. Namun ternyata pamor superhero ini lebih unggul ketimbang milik luar negeri. Film Gundala sendiri bercerita mengenai petualangan pemuda sekaligus saintis bernama Sukoco.

Gundala

Dia harus berjuang menyelamatkan kekasihnya dari para kelompok jahat. Untuk melakukannya, Sukoco diberikan kekuatan petir dan kecepatan kilat oleh dewa halilintar. Film ini sampai saat ini masih diminati oleh penonton. Kabar baiknya, film ini sudah memiliki remake ulang dan akan segera ditayangkan.

Volt

Tidak hanya zaman dahulu yang gencar dalam membuat film super hero, generasi sekarang juga mulai antusias. Sudah lama disiarkan kabar tentang pembuat film superhero Indonesia yang bernama Volt ini. Diadaptasi dari komik milik Marcellino Lefrand, film ini sudah di estimasikan menghabiskan dana hingga 20 miliar.

Volt [image source]
Seolah tidak ingin kalah dengan film mancanegara, Volt ini sendiri bakal menggunakan animasi CGI setingkat dengan milik Marvel Cinematic Universe. Hal ini pasti sebuah berita bagus buat pencinta film superhero Indonesia, semoga film ini juga bersaing dengan Hollywood.

Valentine

Selain dari Volt, ternyata ada lagi film superhero baru asal Indonesia yang direncanakan segera tayang. Valentine mengusung cerita seorang superhero wanita dengan kekuatan bela dirinya yang luar biasa. Diperankan oleh Estelle Linden, trailer film ini sudah bertebaran di dunia maya.

Valentine [image source]
Menceritakan mengenai sosok superhero Valentine ini yang harus berjuang melawan kejahatan yang ada di kota Batavia City. Rencananya, jika film Valentine dan Volt sudah keluar, bakal dibuat kolaborasi mereka hingga menciptakan sebuah universe sendiri seperti Avengers milik Marvel dan Justice League dari DC.

Memang harapan besar ada pada film superhero baru remake Gundala,  Volt dan Valentine milik Indonesia. Mengingat kini sedang gencar-gencarnya genre superhero, Indonesia tidak boleh kalah juga. Dan siapa tahu itu bakal menjadi gebrakan kebangkitan film genre ini yang sudah lama mulai redup di industri perfilman.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya 28 Potret ini Akan Membuatmu Tahu Rupa Asli Korea Utara yang Sebenarnya Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA