10 Film Apik Tentang Perang Dunia Kedua

oleh Norman Duarte
22:00 PM on Aug 5, 2015

Sejarah adalah sebuah hal yang sangat penting untuk dipelajari manusia. Tetapi terkadang membaca buku-buku sejarah terasa amat membosankan. Jalan terbaik adalah dengan menonton film-film yang menceritakan tentang sejarah.

Di bulan Agustus ini, redaksi Boombastis mengumpulkan beberapa film yang sangat menarik untuk ditonton yang menceritakan tentang Perang Dunia 2. Berhubung di bulan inilah, pada tahun 1945, perang ini berhasil dihentikan dan dunia memasuki masa perdamaian.

Baca Juga
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala
Disebut Perompak oleh Mantan PM Malaysia, Justru Inilah Fakta Suku Bugis Seorang Pelaut Handal

1. Hitler: Rise Of Evil (2003)

Film ini adalah sebuah miniseri yang terdiri dari 2 episode. Merupakan buatan sebuah TV di Canada, menceritakan tentang awal perjuangan Hitler dari keluarga miskin menjadi kopral tentara, kemudian menjadi sang diktator Jerman yang menjadi penyebab perang dunia ke 2.

Miniseri ini sempat dikritik karena ada beberapa ketidaksesuaian dengan sejarah, namun secara umum sangat menghibur dan mampu menggambarkan karakter Hitler yang kejam dan menghalalkan segala cara demi impian gilanya. Aktor yang memerankan Hitler adalah seorang aktor asal Skotlandia bernama Robert Carlyle yang sempat menjadi musuh James Bond di The World Is Not Enough.

2. Sound Of Music (1959)

Ini adalah sebuah film keluarga yang sudah menjadi film klasik dan wajib ditonton siapa saja. Bercerita tentang sebuah keluarga yang berisi sang ayah, dan beberapa orang anaknya yang masih kecil dan bandel. Ia mendatangkan seorang pengasuh anak dari biara setempat untuk mengasuh anak-anak ini. Sang pengasuh mengajar mereka dengan caranya sendiri yang unik dan menyenangkan, berbeda dengan cara sang ayah yang bergaya militer.

Alasan mengapa film tersebut masuk ke dalam daftar ini, karena ada plot perlawanan terhadap Nazi di dalam film ini. Diceritakan saat itu Nazi mulai melebarkan kekuasaannya dan banyak mengusir serta membunuh orang. Film yang mendapat penghargaan Oscar ini sendiri dibuat berdasarkan kisah nyata keluarga Von Trapp. Sangat direkomendasikan!

3. The Pianist (2002)

The Pianist dibuat berdasarkan kisah nyata perjuangan seorang pianis ternama keturunan Yahudi yang tinggal di Austria. Saat Nazi berkuasa di Austria, pasukan ini mengumpulkan seluruh orang Yahudi dan membantai mereka.

https://www.youtube.com/watch?v=e_4NvY3v51Q

Sang pianis yang bernama Wladyslaw Spzilman berhasil melarikan diri dari gerakan ini, namun harus hidup luntang lantung dalam persembunyian. Sangat direkomendasikan bagi mereka yang ingin mengetahui bagaimana penderitaan yang dialami banyak orang saat perang dunia 2. Adrien Brody yang berperan sebagai sang pianis mendapat hadiah Oscar atas aktingnya di film ini.

4. Life is Beautiful (1998)

Aslinya film ini berjudul La Vita E Bella. Berkisah tentang perjuangan seorang ayah dan anaknya yang masih kecil di dalam kamp konsentrasi Yahudi milik Nazi yang penuh penyiksaaan.

Sang ayah dengan segala cara berusaha untuk ‘menipu’ anaknya agar si anak tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi. Sangat kocak dan menyentuh. Membuat orang tertawa sambil meneteskan air mata karena trenyuh. Aktor Roberto Benigni mendapat penghargaan Oscar sebagai aktor terbaik dalam perannya di film ini.

5. Defiance (2003)

Berbeda dengan film-film lain yang menceritakan penderitaan, film ini lebih menceritakan perlawanan yang dilakukan sekelompok orang Yahudi kepada Nazi.

Film ini dibuat berdasarkan kisah nyata Bielski bersaudara yang merekrut beberapa orang Yahudi untuk melakukan perlawanan kepada tentara Nazi. Adegan perangnya cukup seru dan menghibur. Tokoh utamanya diperankan oleh Daniel Craig, sang pemeran James Bond.

6. The Imitation Game (2014)

Aktor Benedict Cumberbatch berakting dengan sangat brilian saat ia berperan sebagai seorang jenius bernama Alan Turing. Sang jenius ini dipekerjakan oleh pemerintah Inggris untuk memecahkan sandi-sandi rahasia milik Nazi.

The Imitation Game menceritakan bagaimana beratnya ia berusaha untuk menciptakan sebuah pemesan pemecah kode rahasia yang berhasil memecahkan kode buatan mesin Jerman bernama The Enigma Machine. Atas kode-kode rahasia inilah, tentara sekutu dapat memenangkan perang melawan Nazi. Alan Turing kemudian dikenal sebagai pelopor ditemukannya komputer.

7. Saving Private Ryan (1998)

Lima belas menit pertama dalam film ini dipuji sebagai salah satu adegan yang sangat realistis dalam menggambarkan suasana perang yang sebenarnya. Tom Hanks berperan sebagai seorang sersan yang terjun dalam operasi D-Day.

Sebuah operasi yang dilakukan tentara sekutu untuk masuk ke dalam jantung pertahanan Jerman. Karena kesuksesan operasi inilah, Jerman akhirnya berhasil dikalahkan.

8. Valkyrie (2008)

Film besutan Brian Singer ini mengetengahkan cerita tentang usaha pembunuhan yang dilakukan sejumlah perwira tentara Jerman terhadap Hitler.

Tom Cruise berperan sebagai Claus Von Stauffenberg, seorang perwira keturunan bangsawan Jerman yang menjadi pengemban misi berbahaya ini.

9. Fury (2014)

Setelah gerakan D’Day berhasil menembus pertahanan Jerman, dimulai operasi penyerangan masuk yang dilakukan oleh tentara sekutu.

Film yang diperankan dengan amat apik oleh Brad Pitt dan Shia Lebeouf ini menceritakan kisah sekelompok tentara yang berada dalam sebuah tank bernama Fury. Perjuangan mereka dalam perang yang sangat heroik akan membuat kita menghargai jasa-jasa orang-orang yang berjuang di dalam perang.

10. Downfall (2004)

Film ini buatan Jerman dengan judul asli Der Untergang. Dibuat berdasarkan memori yang ditulis oleh sekretaris pribadi Hitler bernama Traudl Junge yang menceritakan hari-hari terakhir dalam kehidupan Adolf Hitler di dalam bunker persembunyiannya di bawah tanah.

https://www.youtube.com/watch?v=rFLe7tRCwQA

Aktor Bruno Ganz berperan sebagai Hitler dengan sangat mengagumkan. Di sini kita bisa melihat sisi Hitler yang tidak pernah diungkapkan dalam film-film lain.

Masih banyak film-film yang bertemakan perang dunia 2, namun film-film yang dibuat redaksi Boombastis ini adalah benar-benar film pilihan yang seru dan menarik. Daftar ini pun disusun menurut awal bangkitnya Hitler sampai pada kejatuhannya. Nonton film sambil belajar sejarah. Seru kan?!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA