5 Film Horor Ini Terinspirasi Dari Kejadian Nyata

oleh Norman Duarte
03:30 AM on Jul 8, 2015

Film horor punya penggemar berat yang cukup banyak. Makanya film kayak gini terus dibuat. Banyak yang berkualitas, banyak pula yang ancur. Film horor Indonesia juga banyak banget. Tiap tahun ada aja yang dirilis. Biasanya film Indo lebih banyak mengeksploitasi keseksian pemerannya ketimbang jalan cerita. Padahal ide cerita sudah cukup bagus karena mengambil latar belakang “urban legend” atau cerita hantu yang sudah sangat dikenal masyarakat.

Film Hollywood pun banyak yang mengambil tema “urban legend” kayak gini. Tapi ada beberapa film yang gak tanggung-tanggung mengambil latar belakang kejadian nyata yang sangat menyeramkan. Redaksi Boombastis udah ngumpulin beberapa film dan latar belakang ceritanya. Awas jangan ngompol ya bacanyaaa!

Baca Juga
Fakta Silat Marunda, Warisan Maut Si Pitung yang Bikin VOC Terkencing-kencing Tak Berdaya
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting

1. The Exorcist (1973)

Film ini fenomenal banget, karena pas pemutaran perdananya di bioskop, banyak orang yang keluar dari bioskop saking gak kuatnya. Ceritanya tentang seorang remaja wanita yang kemasukan iblis. Si iblis membuat cewek ini jadi kasar, sakit, dan membuat banyak keanehan. Orang tua si cewek kemudian meminta tolong 2 orang pendeta untuk mengusir iblis itu.

Kisah ini berdasarkan kejadian nyata yang dialami oleh seorang anak laki-laki yang dikenal dengan nama Roland Doe atau Robbie Mannheim di Maryland, Amrik, pada dekade 40an. Menurut cerita yang beredar, Roland adalah seorang anak tunggal yang jarang bermain keluar rumah. Ia lebih sering bermain dengan bibinya, Aunt Harriet yang mengenalkannya pada papan Oija dan cerita supranatural. Menurut laporan keluarga, setelah bibi Harriet meninggal, banyak kejadian supranatural yang terjadi di dalam rumah.

Sejak saat itu Roland mulai jadi aneh. Tubuh dan wajahnya mulai berubah jadi serem dan banyak benda melayang di sekelilingnya. Keluarganya kemudian meminta bantuan beberapa pendeta, lalu atas ijin pemimpin gereja, mereka lalu melakukan upacara “Exorcism” yang berarti “Pengusiran roh”. Dalam prosesnya banyak orang terluka karena diserang oleh Roland. Anak kecil itu juga memiliki kekuatan yang jauh lebih kuat dari orang dewasa.

The Exorcist (1973)
The Exorcist (1973) [ImageSource]
Banyak orang yang skeptis dan gak percaya dengan kisah Roland Doe dan menganggapnya cuma cerita bualan. Pada tahun 1973, cerita ini diangkat dalam film The Exorcist dengan sedikit perubahan. Tetapi di tahun 2000, cerita ini kembali diangkat lagi dalam film Possessed, yang lebih dekat dengan kisah aslinya.

2. The Exorcism of Emily Rose (2005)

Kisah dalam film ini terinspirasi dari kisah Anneliese Michel yang lahir di Jerman pada tahun 1952. Cewek cantik ini sangat religius dan serius mendalami agama. Tetapi pada umur 20 tahun ia mulai berubah. Dia mulai gak suka liat benda-benda yang berhubungan dengan agama seperti salib atau kitab suci. Kelakuan ini jadi tambah parah saat ia kemudian mengaku sering mendengar bisikan-bisikan halus. Ia lalu jatuh sakit dan harus dirawat di tempat tidur.

The Exorcism of Emily Rose (2005)
The Exorcism of Emily Rose (2005) [ImageSource]
Dimulailah kisah menyedihkan tentang Anneliese yang dianggap kemasukan arwah 6 setan. Keluarganya melaporkan hal ini kepada gereja Katolik, dan saat itu gereja mengijinkan dilaksanakannya upacara pengusiran setan yang sudah lama sekali tidak dilaksanakan (upacara ini sendiri berumur 400 tahunan).

Siapa yang berani liat foto-foto dan dengerin rekaman suaranya? Nih:

Selama berbulan-bulan upacara ini dilaksanakan. Keadaan Anneliese malah semakin buruk. Wajahnya yang semula cantik, kini berubah menjadi menyeramkan. Suaranya pun berubah seperti monster. Proses pengusiran arwah ini sempat direkam dan difoto. Ia kemudian meninggal karena kurang gizi setelah beberapa lama menolak untuk makan. Seperti biasa, banyak orang skeptis dan menganggap kasus ini cuma kejadian seorang yang sakit jiwa.

3. The Girl Next Door (2007)

Ini film gila tentang cerita menyedihkan dari Sylvia Likens. Meskipun di film ini banyak perubahan cerita, tetep saja kisah Sylvia Likens terasa sangat menyayat hati. Sylvia adalah korban penganiayaan yang dilakukan oleh Gertrude Benizwenski.

The Girl Next Door (2007)
The Girl Next Door (2007) [ImageSource]
Pada tahun 1965, ayah Sylvia, yang merupakan seorang pekerja karnaval keliling, menitipkan Sylvia dan adiknya Jenny, kepada Gertrude selama 3 bulan. Mereka sepakat bahwa ayah Sylvia akan membayar $20 setiap minggu.

Tapi bayaran itu mulai telat datang, dan Gertrude yang sedang stres karena perkawinannya gagal, mulai menyalurkan amarahnya kepada Sylvia. Gadis itu disiksa dengan segala cara. Bahkan anak-anak Gertrude pun ikut menyiksanya. Lebih gilanya lagi ia mengajak tetangga-tetangganya yang juga anak-anak itu menyiksa Sylvia. Kisah ini menjadi kisah kriminal yang paling menyedihkan di Amerika.

4. The Conjuring (2013)

Bercerita tentang petualangan Ed dan Lorraine Warren (diperankan Patrick Wilson dan Vera Farmiga) yang merupakan investigator untuk masalah supranatural. Pasangan ini banyak menangani kasus-kasus supranatural yang berhubungan dengan arwah, kutukan, dan lain-lain.

The Conjuring (2013)
Ed dan Lorraine serta boneka Annabelle asli [ImageSource]
Film the Conjuring sendiri bercerita tentang sebuah boneka bernama Annabelle yang menyeramkan. Kisah tentang boneka menyeramkan ini sendiri juga diangkat dalam film berjudul “Annabelle”.

https://www.youtube.com/watch?v=khJiqsVfiB8

Ed dan Lorraine Warren banyak menerbitkan buku yang lumayan laris. Orang-orang ternyata sangat menyukai cerita-cerita mereka, dan mereka sering menjadi pembicara juga di beberapa seminar. Kisah-kisah yang diselidiki mereka menjadi terkenal. Salah satunya adalah film the Conjuring diatas.

5. The Amityville Horror (1979)

Film ini dibuat berdasarkan kisah kasus nyata yang ditangani Ed dan Lorraine Warren. Bercerita tentang pasangan suami istri, George dan Kathy Lutz yang membeli sebuah rumah di daerah Amityville, Long Island. Si petugas dari perusahaan real estate telah bercerita mengenai latar belakang rumah itu, tetapi kedua suami istri dan beberapa anaknya itu tetep nekat aja.

The Amityville Horror (1979)
George and Kathy Lutz asli [ImageSource]
Ternyata rumah itu adalah bekas tempat pembunuhan yang dilakukan oleh Ronald DeFeo Jr pada keluarganya setahun sebelum keluarga Lutz datang. Kejadian-kejadian aneh muncul mengganggu ketentraman keluarga Lutz. Mulai dari kejadian aneh kayak mimpi buruk, anjing yang terus ketakutan, sampai pada penampakan roh-roh serem.

Kisah ini menjadi cukup terkenal, sempat dibuat novel berseri, sampai pada beberapa film besutan Hollywood. Filmnya yang paling terkenal sih emang yang paling pertama, buatan tahun 1979 yang diperanin ama James Brolin dan Margot Kidder.

Huhu…serem juga yah. Pada edisi mendatang, redaksi Boombastis akan membahas tentang film horor Indonesia yang terinspirasi kejadian nyata. Cheers!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA