4 Film Berdasarkan Game Nintendo dan Sega

oleh Norman Duarte
08:25 AM on Jul 21, 2015

Video games adalah sebuah hiburan tersendiri yang memiliki penggemar sangat banyak. Di era 90an console seperti NES (Nintendo Entertainment System), atau Sega menjadi mainan wajib jutaan anak Indonesia. Banyak anak yang nggak langsung pulang ke rumah sehabis sekolah, agar bisa mampir ke rumah temannya untuk main game dulu.

Saking ngetopnya, banyak film yang akhirnya dibuat berdasarkan berbagai macam game yang populer. Karena ini, boombastis akan membahas film-film yang diangkat dari game NES DAN SEGA. Entah kenapa hampir seluruh film ini gagal di pasaran dari mata kritikus film, mungkin karena tidak sesuai gambaran di game atau karena terlalu mengandalkan kepopuleran game sehingga film-film ini digarap seadanya. Yuk disimak!

Baca Juga
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala
Disebut Perompak oleh Mantan PM Malaysia, Justru Inilah Fakta Suku Bugis Seorang Pelaut Handal

1. Super Mario Bros (1993)

Siapa yang tidak pernah main game ini saat kecil dulu? Mario Bros sangat populer di jamannya sehingga dibuatlah sebuah film yang dibintangi oleh Bob Hoskins dan John Leguizamo. Bercerita tentang kakak beradik yang memiliki usaha plumbing (pipa air). Mereka menemukan sebuah portal dunia palarel, dan bertualang di dalamnya untuk menyelematkan seorang wanita.

 

Film ini sangat buruk dan mendapatkan kritik di sana sini. Bahkan dua orang pemeran utamanya mengaku tidak serius saat mengerjakan film ini karena mereka tahu film ini hasilnya akan jelek banget. Film ini juga merugi, cuma berhasil meraih hasil separuh dari modalnya yang sekitar 48 juta dollar. Sejak saat itu, Nintendo membatalkan seluruh proyek film-filmnya, dan tidak pernah memproduksi lagi film berdasarkan game buatan (publish) mereka.

 

2. Double Dragon (1994)

Game buatan Technos Japan ini cukup populer untuk console NES. Bercerita tentang 2 orang bersaudara jago karate yang bersatu padu memperebutkan medallion ajaib yang disebut ‘Double Dragon’. Film ini dibintangi oleh Mark Dacascos dan Scott Wolf, serta Alyssa Milano yang cukup cantik.

 

Termasuk film gagal karena mendapatkan kritikan pedas dari pengamat film, dan bahkan masuk majalah Time sebagai salah satu film terburuk. Film ini pun gagal secara pendapatan, karena hanya menghasilkan 2,3 juta dollar, dari modal 7,8 juta dollar.

 

3. Street Fighter (1994)

Film yang dibintangi Jean Claude Van Damme ini sangat sukses karena meraih keuntungan 3 kali lipat dari modalnya, tetapi mendapat hujatan dari para kritikus. Film ini dibuat berdasarkan game tarung yang sangat popular buatan Capcom. Bercerita tentang peperangan dan pemberontakan yang terjadi di Shandaloo. Van Damme berperan sebagai colonel Guile yang harus menumpas pemberontakan itu. Selain Van Damme, penyanyi terkenal Kyle Minogue juga bermain di sini.

https://www.youtube.com/watch?v=A5VQ1C4Qk0g

 

Satu yang tak terlupakan dalam film ini sebenarnya adalah penampilan aktor Raul Julia sebagai M.Bison dalam film ini. Saat itu ia terkena kanker perut dan ia menerima tawaran bermain di sini karena permintaan anaknya, aktingnya sangat bagus sehingga mendapatkan nominasi di ajang Saturn Award. Ia meninggal 2 bulan sebelum film ini dirilis.

 

4. Mortal Kombat (1995)

Film ini dibuat berdasarkan game tarung populer ciptaan Midway. Menceritakan petualangan 3 manusia bumi yaitu Liu Kang, Sonya, dan Johny Cage yang dibimbing dewa Raiden. Ketiga manusia ini harus mengikuti sebuah turnamen pertarungan di dunia paralel agar dapat mengalahkan penyihir jahat Shang Tsung, untuk menyelamatkan bumi.

 

Mortal Kombat adalah film yang sangat sukses, menghasilkan 122 juta dolar dari modal 18 juta dolar. Kesuksesan ini membawa pada pembuatan sekuel, serial TV, dll, soundtracknya pun cukup menghibur.

 

Menurut kabar yang terdengar, SEGA sedang merencanakan pembuatan beberapa film berdasarkan game produksi mereka seperti Shinobi dan Altered Beast. Selain itu para fans juga sangat merindukan diangkatnya game Nintendo yang sangat populer, yaitu Zelda menjadi sebuah film. Mudah-mudahan digarap bagus sehingga tidak mengecewakan seperti film-film sebelumnya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA