7 Film Bersejarah yang Pernah Hilang Kini Ditemukan Lagi!

oleh Adi Nugroho
12:00 PM on Sep 17, 2015

Tidak terhitung lagi film di masa lalu yang akhirnya hilang begitu saja. Entah karena dibakar karena dianggap merugikan kepentingan tertentu, atau memang karena rusak saking lawasnya. Sekitar 70 persen film yang berasal dari silent era (1894-1929) telah banyak yang hilang. Padahal banyak dari film itu merupakan film bagus yang isinya rekam sejarah umat manusia.

Untunglah beberapa film bersejarah dan kadang kontroversial itu ada yang selamat. Bahkan diperbarui hingga menjadi versi digital yang canggih. Hal yang hilang di masa lalu kini kembali lagi meski tidak secara menyeluruh. Tapi paling tidak sejarah film yang ada di masa lalu tidak lenyap seutuhnya. Berikut film bersejarah  yang hilang itu!

Baca Juga
4 Fakta Mengenai Sindrom Kleine-Levin, Kelainan yang Bikin Pengidapnya Jadi Tidur Berbulan-Bulan
Jualan Pisang Goreng Hingga Tidur di ‘Bilik Asmara,’ Inilah 5 Hal Unik yang Dialami Pengungsi Gunung Agung

1. Film German Concentration Camps Factual Survey

German Concentration Camps Factual Survey adalah sebuah film yang lama hilang. Bahkan dilupakan dan sengaja disembunyikan agar tidak banyak orang yang mengetahuinya. Film ini adalah sebuah dokumenter tentang aksi kejam tentara Nazi SS yang membawa ribuan mayat korban kekejaman mereka. Mayat-mayat ini dimasukkan ke dalam truk dari kamp konsentrasi. Keadaan mayat sebagian besar mengerikan, ada yang tubuh berlumur darah hingga  kepala yang pecah.

Sidney Bernstein adalah orang yang memproduseri film ini. Ia mengatakan film ini adalah nyata tentang kekejaman Nazi di masa itu. Tak semua orang mampu melihat film dengan adegan pembunuhan yang mengerikan. Oleh karena itu film ini akhirnya diabaikan dan dianggap tidak ada. Lobi-lobi politik antar negara juga berpengaruh besar mengapa film ini akhirnya tak diselesaikan dan hilang dari peredaran.

2. Anime Paling Pertama di Dunia

Anime adalah sebutan untuk animasi Jepang yang juga disebut kartun di negara barat.  Anime paling tua yang pernah dibuat di Jepang berjudul Imowaka Mukuzo Genkanban no Maki. Dirilis pertama kali pada tahun 1917. Film ini didokumentasikan dengan baik meski akhirnya hilang. Hingga tahun 2008 ditemukan film tertua kedua berjudul Namakura Gatana, film ini dirilis sesaat setelah Imokawa Muzuko.

Ternyata setelah ditelusuri lagi, film tentang anime paling tua pernah dibuat sekitar tahun 1907. Durasi anime ini hanya 3 detik saja. dibuat oleh seorang keluarga pencinta film di Kyoto Jepang. Jika anime ini tidak ada mungkin sekarang tak ada anime hebat seperti Naruto, atau mungkin Detective Conan.

3. Film Snow White Pertama di Dunia

Film Snow White pertama dirilis sekitar tahun 1916. Adegan yang ada dalam film merupakan adaptasi dari drama teaterikal yang sangat tenar di era itu. Film ini sangat berbeda dengan film Snow White di era modern yang sering kita saksikan bersama-sama. Film ini pernah hilang meski akhirnya dokumentasi terakhirnya ditemukan lagi.

https://www.youtube.com/watch?v=mq2vCB8GnVU

Walt Disney mengetahui film ini sekitar tahun 1917. Akhirnya mereka tertarik dan membuat versi baru yang lebih bagus. Bahkan dibuatkan versi kartun yang menargetkan penonton anak-anak. Bahkan di-remake beberapa kali dan tetap laku karena disukai semua orang. Tertarik melihat film Snow White versi pertama yang authentic? Silakan tonton di video di atas.

4. Film Frankenstein Pertama di Dunia

Film tentang Frakenstein pertama di dunia dibuat sekitar tahun 1910. Film ini memiliki durasi sekitar 12 menit dan dibuat di Edison Studios. Film tentang monster ini pernah hilang dan nyaris musnah karena dokumentasinya banyak yang hancur. Mungkin jika tak sengaja ditemukan lagi anda tidak akan bisa melihat video di bawah ini.

https://www.youtube.com/watch?v=TcLxsOJK9bs

Copy dari dokumentasi film lawas ini akhirnya didigitalkan. Hal ini dilakukan agar film ini tak benar-benar musnah. Di era modern, film tentang monster mengerikan ini telah diangkat ke panggung yang sangat besar. Bahkan muncul beberapa versi mulai dari serial TV hingga kartun untuk anak-anak.

5. Film Propaganda Nazi: Victory of Faith

Victory of Faith adalah film yang dibuat oleh partai Nazi di eranya. Film ini digunakan untuk menjaring kepercayaan masyarakat kepada Nazi yang perlahan mulai tumbuh. Film ini diarahkan oleh produser Jerman yang dipilih oleh partai. Saat Hitler berkuasa, dan semakin kuat, seluruh copy dari film ini dilenyapkan. Bahkan tak bersisa. Orang yang menyimpannya seperti Ernst Rohm bahkan dibunuh secara pribadi oleh Hitler.

Untungnya ada satu copy dari film yang terselamatkan. Sekitar tahun 1990 seorang pemerhati film menemukan dan segera membuat versi digitalnya. Dari film ini kita bisa tahu mengenai apa saja yang telah dilakukan partai Nazi kepada Jerman dan juga ambisi-ambisi besarnya!

6. Film The Days The Clown Cried

Film ini dianggap sebagai film propaganda tentang kekejaman Hitler dan Nazi di masa lalu. Dalam film digambarkan badut Jerman yang memaksa anak-anak Yahudi menuju gas beracun setelah menghina Hitler. Hal ini menunjukkan betapa Hitler sangat dibenci saat itu. Bahkan oleh anak-anak sekaligus.

Film ini batal dirilis karena dianggap akan menimbulkan pro dan kontra. Namun setelah disimpan lama akhirnya film ini hilang dan nyaris tak ditemukan lagi. Akhirnya Library of Congress mendapatkan copy film ini sebagai koleksi yang berharga. Pihak perpustakaan berjanji akan merilis film ini ke publik tahun 2025 saat pembuatnya, berusia 99 tahun. Semoga ia masih hidup saat filmnya ditampilkan.

7. Film The Grim Game

The Grim Game adalah film yang dipercaya sebagai film terhebat dari Harry Houdini. Jika anda penggemar film jadul pasti paham tentang kehebatan Harry Houdini. Ia adalah seorang pesulap, ilusionis, dan juga performer yang handal. Tak mengherankan jika sampai saat ini masih banyak orang yang menggilai filmnya.

Film The Grim Game sempat hilang. Bahkan tak ada harapan lagi untuk ditemukan. Namun beberapa studio besar ada yang masih menyimpan sisa dokumentasi. Akhirnya beberapa tahun silam film ini dibuat versi digital dan dirilis di publik. Penggemar Houdini pasti senang dengan berita ini.

Dari tujuh film super jadul di atas, mana yang membuat anda sangat penasaran? Bahkan ingin segera melihatnya setelah membaca artikel ini. Well, selamat mencari dan menyaksikan film bersejarah di atas!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA