8 Hal yang Menjadi Fenomena Sepanjang 2014

oleh Centralismo
08:46 AM on Jan 1, 2015

Kita sudah berada di penghujung tahun 2014. Begitu banyak kisah yang kita tulis dan alami sepanjang tahun ini. Sebelum menyongsong tahun baru yang lebih gemilang, berikut kami tuliskan daftar hal yang menjadi fenomena sepanjang tahun 2014.

Daftar ini kami ambil berdasarkan hal yang paling banyak diketik umat manusia di mesin pencarian Google sepanjang tahun ini. Kita sudah menjadi bagian dari sejarah meledaknya beberapa fenomena seperti selfie, ALS Ice Bucket Challenge dan lain-lain. Berikut daftar highlight sepanjang 2014.

Baca Juga
Inilah Fakta Di Balik Banyaknya Nama ‘Nguyen’ yang Melekat Pada Pemain Timnas Vietnam
Inilah 4 Fakta Meikarta, Kota Baru yang Katanya Bakal Menyaingi Ibukota

1. Flappy Bird

Ada suatu masa dimana semua orang merasa sangat frustasi karena tidak berhasil mendapat skor tinggi dalam bermain game satu ini. Ya, flappy bird. Tahukah anda bahwa game yang sangat sulit ini dibuat oleh programernya hanya dalam waktu tiga hari tanpa bantuan siapapun.

Flappy Bird
Flappy Bird

Pria pembuat game ini adalah Dong Nguyen, asal Vietnam. Game ini menjadi sangat populer dan adiktif. Karena tidak menyangka akan sesukses dan membuat banyak orang kecanduan, akhirnya sang pembuat game ini menarik game tersebut dari peredaran. Game ini menjadi game paling trend di tahun 2014 disusul oleh 2048 di posisi kedua dan FIFA 15 di posisi ketiga.

2. Selfie

Selfie adalah teknik untuk mengambil foto diri sendiri dengan mengandalkan diri sendiri. Jutaan foto selfie telah diunggah ke media sosial tahun ini. Dan yang unik, ternyata diam-diam para pria mencari tahu cara untuk selfie dengan baik. Buktinya, dalam rekor catatan google, lebih banyak yang mencari “tips selfie untuk pria” daripada “tips selfie untuk wanita”. Hmmm, mungkin karena wanita sudah lebih menguasai teknik selfie, tanpa perlu trik dari google lagi.

Selfie
Selfie

Sayangnya, fenomena selfie ini berakibat buruk. Banyak sekali anak muda yang mengaku sudah ketagihan selfie dan sulit mengendalikan diri untuk tidak mengambil foto selfie.

3. Jerman Menang Telak di Piala Dunia

Dalam separuh pertandingan Jerman telah menang 5-0 atas tuan rumah Brazil. Ini merupakan kemenangan paling telak yang pernah ada di sepanjang sejarah piala dunia. Selama tahun 2014, sebanyak 2,2 juta kali kata kunci “Piala Dunia” diketikkan di mesin pencarian google.

Jerman Menang Piala Dunia
Jerman Menang Piala Dunia

Lima orang paling populer dalam Piala Dunia berdasarkan pencarian di google adalah 1. James Rodriguez, Luis Suarez, Angel Di Maria, Tim Howard dan Toni Kroos.

4. MH370 yang Hilang

MH370 yang membawa 239 orang dari Kuala Lumpur pada tanggal Maret hiang. Lima jam setelah kontak dengan pesawat tersebut hilang, pesawat tersebut secara resmi dinyatakan hilang. Banyak negara membantu untuk mencari pesawat tersebut dan menjadi bencana udara internasional yang paling besar yang pernah ada.

MH370 hilang
MH370 hilang

Yang unik adalah semua orang menunjukkan harapan. Orang-orang lebih memilih kata kunci “mh370 ditemukan’ dari pada ‘mh370 hilang’ pada mesin pencarian google.

5. Ebola

Virus ini muncul di benua Afrika dan segera menyebar ke negara-negara tetangganya. Hal ini menyebabkan beberapa orang suspek dikarantina di Spanyol dan Amerika Serikat. Tiga dari sepuluh orang yang mencari tahu tentang ebola di google berasal dari Jepang. Lucunya, negara tersebut tidak memiliki satupun kasus yang berhubungan dengan Ebola.

Ebola
Ebola

Ebola ditengarai muncul dari virus yang ditularkan oleh kelelawar. Namun virus ini bekerja dengan cara yang sangat misterius dan membunuh dengan cepat.

6. ALS Ice Bucket Challenge

Diprakarsai oleh Chris Kennedy, ide dari kampanye ini adalah menyiramkan air es ke tubuh seseorang, meyumbangkan uang mereka, dan menantang tiga teman lainya untuk melakukan hal yang sama dalam jangka waktu 24 jam. Ada lebih dari 90 juta hasil yang tampil di google jika anda mencari kata “ice bucket challenge’.

Ice bucket challenge
Ice bucket challenge

ALS adalah penyakit syaraf yang menyerang syaraf otak manusia. Pelan-pelan penyakit ini akan membuat orang-orang kehilangan kemampuan untuk menggerakkan anggota badannya. Setiap tahun, 5.600 orang menderita penyakit ini di Amerika Serikat.

7. Pidato Kemenangan Oscar dari Jared Leto

Pada kemenangannya di Oscar tahun 2014 Jared mengeluarkan sebuah kalimat mengharukan untuk mendukung ornag-orang yang terkena HIV Aids dan mengalami ketidakadilan. Sambil memegang pialanya, Jared berkata “Malam ini, saya berdiri di depan dunia dengan anda dan untuk anda”

Pidato Jared Letto
Pidato Jared Letto

Jared juga menjadi bahan perbincangan karena foto dari instagramnya dimana dia memeluk sebuah pohon dengan ekspresi sangat tulus.

8. Robin Williams Wafat

Robin Wiliams merupakan orang yang paling sering dicari di mesin pencarian google sepanjang tahun 2014. Pria yang dikenal lewat film Mrs. Doubtfire dan Dead Poets Society ini dikabarkan melakukan bunuh diri akibat depresi.

Bobcat Goldthwait, Robin Williams
Bobcat Goldthwait, Robin Williams

Karena berita ini, banyak orang yang mencari “ciri-ciri depresi” di mesin pencarian google. Orang-orang jadi ingin tahu bagaimana ciri-ciri orang yang depresi karena tidak ingin orang yang dicintainya tiba-tiba bunuh diri tanpa bercerita apa yang membuatnya depresi.
Itulah tadi delapan hal yang paling banyak dicari di mesin pencarian google di tahun 2014. Tahun ini memang penuh dengan tragedi dan penuh pula dengan semangat untuk bangkit kembali. Beberapa peristiwa penting seperti penembakan di Peshawar dan aksi terorisme di Australia juga menghantam kita tahun ini. Namun kita tidak kehilangan harapan. Buktinya banyak sekali dukungan yang mengalir kepada umat muslim, untuk menyatakan bahwa tidak semua umat muslim itu teroris.

Semoga tahun depan kita dihadapkan dengan hal-hal menyenangkan. Jikapun kita dihadapkan dengan cobaan berat, semoga kita bisa menyelesaikan semuanya dengan saling membantu dan saling menjaga satu sama lain. (HLH)

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA