5 Fenomena Sangar Greenland Ini Pasti Bikin Orang Indonesia Iri

oleh Rizal
07:00 AM on Jun 18, 2016

Jika harus traveling ke tempat antah berantah, mungkin Greenland akan jadi opsi paling akhir dari sekian banyak tempat yang ada. Alasannya apalagi kalau bukan image Greenland yang seolah tak ada kehidupannya. Bagai kutub yang terpisah, di sini kita hanya bisa melihat yang salju dan pinguin saja. Mungkin kesannya seperti itu, tapi kalau kita mau lebih jeli, ternyata Greenland menawarkan banyak hal.

Jangan anggap cuma ada salju saja, di sini kita bisa mendapatkan banyak hal yang tak mungkin ada di tempat lain, apalagi Indonesia. Tak hanya keunikan budaya setempat, fenomena-fenomena unik yang ada di sini juga jadi hal yang hanya akan kita dapatkan di Greenland saja.

Baca Juga
Dinobatkan Jadi Atlet Tercantik dan Terseksi SEA Games 2017, Ini Lho Pesona Lindswell Kwok Yang Bikin Indonesia Bangga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main

Lalu, deretan fenomena macam apa yang bisa kita dapatkan di tanah hijau itu? Simak ulasannya berikut.

1. Fenomena Matahari di Tengah Malam

Kita yang sudah lama tinggal di Indonesia pasti terbiasa dengan siklus siang malamnya. Selama ini masih belum ada yang aneh, misalnya matahari tenggelam jam 8 malam atau semacamnya. Memang yang seperti itu mustahil terjadi karena letak geografis, tapi di Greenland bisa lho, bahkan lebih ekstrem.

Matahari tengah malam di Greenland [Image Source]
Matahari tengah malam di Greenland [Image Source]
Ya, akan ada masa di mana matahari bahkan tak tenggelam di tengah malam waktu Greenland. Tepatnya di sekitar Mei sampai Juli. Unik sih, malam hari yang harusnya gelap-gelapan ini malah terang benderang. Alhasil, di sana kita bisa main sampai lupa waktu karena matahari tak kunjung meredup.

2. Sensasi Melihat Aurora yang Ngeri Tapi Menakjubkan

Pernah lihat kembang api, kan? Coba bayangkan jika cahaya berpendar yang dihasilkan dari kembang api itu tak pudar sampai berjam-jam, pasti asyik banget, ya. Percaya atau tidak yang seperti ini bisa kita saksikan di Greenland. Cahaya yang berwarna-warni ini tentu saja bukan kembang api, melainkan sebuah fenomena alam yang dinamakan sebagai Aurora Borealis atau Northern Lights.

Aurora di Greenland [Image Source]
Aurora di Greenland [Image Source]
Benar-benar sangat menakjubkan sekaligus mengerikan. Apalagi fenomena ini bisa terjadi tepat di atas kepala kita. Untuk melihatnya, syaratnya cuma langit sedang cerah. Selain itu, Aurora bakal sulit nampak.

3. Penggila Batu Mulia Harusnya Mampir ke Greenland

Salah satu hal yang unik di Greenland adalah terdapat banyak sekali yang namanya batuan mulia. Cara mendapatkannya pun sangat gampang, karena seolah berserakan begitu saja. Bukan seperti batu akik abal-abal yang harganya Rp. 25 ribuan itu, batuan di Greenland ini mahal-mahal karena jenisnya khusus. Mulai dari Ruby sampai Sapphire.

Batu mulia di Greenland [Image Source]
Batu mulia di Greenland [Image Source]
Sayangnya, penambangan batuan mulia ini masih belum banyak dilirik orang-orang sana meskipun potensinya luar biasa besar. Nah, bagi orang-orang Indonesia, apalagi yang suka batu-batu, Greenland mungkin ibarat surga.

4. Pulau yang Sangat Luas Tapi Penduduknya Sedikit

Jika tujuan berkunjung adalah untuk mencari ketenangan, maka tak ada pilihan lainnya yang lebih oke selain Greenland. Ya, tempat ini benar-benar sangat tenang karena sepi luar biasa. Seperti yang kamu tahu, Greenland adalah salah satu pulau besar di dunia, bahkan bisa dibilang yang paling besar. Tapi, di sini hanya dihuni sedikit sekali manusia.

Pulau besar yang sepi [Image Source]
Pulau besar yang sepi [Image Source]
Kalau dilihat dari datanya, luas Greenland mencapai sekitar 2,1 juta kilometer dan penduduknya sendiri kurang lebih hanya 55 ribuan orang. Makanya sangat sepi, perbandingan luas dan jumlah penduduknya saja sangat jauh. Mayoritas penduduknya sendiri tinggal dalam titik-titik tertentu dan tidak menyebar.

5. Terlalu Banyak yang Bisa Dikunjungi di Greenland

Kita mungkin menganggap Greenland adalah negara salju yang tak ada apa-apanya. Tapi, kalau mau lebih membuka dalamannya, pulau terbesar dunia ini menawarkan banyak sekali hal-hal seru. Dilansir dari Greenland.com, setidaknya ada 33 hal yang bisa dilakukan di sini. Gila, kan?

Paus, salah satu obyek wisata menarik di Greenland [Image Source]
Paus, salah satu obyek wisata menarik di Greenland [Image Source]
Ada banyak hal yang bisa dilakukan di sini, mulai dari berbagai macam jenis ski, hiking gunung-gunungnya, berburu, sampai melihat ikan paus kawin secara live. Pokoknya, yang tak ada di Indonesia, semuanya bisa kita dapati di sini.

Pepatah mengatakan, jangan lihat buku hanya dari sampulnya saja. Ungkapan ini cocok untuk Greenland. Mungkin dari kesan dan image pulau ini terlihat tak ada apa-apanya, tapi ketika kita mau menguaknya, maka akan terhampar banyak hal menakjubkan dan jarang-jarang didapatkan, apalagi di Indonesia.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA