9 Fenomena Ngeksis yang Bermunculan Sejak Adanya Instagram

oleh Tetalogi
12:00 PM on Jan 13, 2016

Zaman sekarang ini, sepertinya cuma sedikit orang yang nggak punya media sosial. Jenis media sosial pun macam-macam, ada Facebook, Path, Twitter, Instagram, dan masih banyak lagi. Kebanyakan orang juga memiliki akun di hampir media sosial itu.

Sejak adanya macam-macam media sosial itu, jadi makin banyak orang yang hobi ngeksis. Apalagi di instagram yang tidak perlu banyak caption dan poin utamanya ada pada gambar atau foto. Makin banyak orang keranjingan foto ngeksis sejak munculnya media sosial ini dengan berbagai gaya dan fenomenanya.

Baca Juga
Dinobatkan Jadi Atlet Tercantik dan Terseksi SEA Games 2017, Ini Lho Pesona Lindswell Kwok Yang Bikin Indonesia Bangga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main

1. Foto Sebelum Makan>

Fenomena memotret makanan [Image Source]
Fenomena memotret makanan [Image Source]
Kalau dulu biasanya orang berdoa dulu sebelum makan. Tapi sekarang kayaknya lebih banyak yang foto dulu sebelum makan. Jadi jangan heran kalau di rumah-rumah makan banyak yang cekrek-cekrek motret makanan mereka dulu lalu diupload dulu di instagram. Kalau emang suka food photography ya nggak masalah sih, api jangan sampai kegiatan ini dilakukan cuma untuk menunjukkan gaya hidup mewah atau demi dibilang eksis dan gaul.

2. Foto Selfie>

Selfie [Image Source]
Selfie [Image Source]
Foto jenis ini juga sedang trend banget. Di manapun dan kapapun para penggila eksis akan menyempatkan diri untuk foto selfie dangan berbagai gaya. Mulai dari gaya duck face alias manyun, menjulurkan lidah, memegang rambut, pose seksi, pose kelihatan belah dada, dan seterusnya. Sah-sah aja foto selfie, asal jangan sampai mengganggu orang lain atau bahkan merusak lingkungan.

3. OOTD, HOTD, dan sejenisnya>

OOTD [Image Source]
OOTD [Image Source]
Outfit of the Day dan Hijab of the Day, ya intinya sih foto untuk menunjukkan lagi pake pakaian apa. Kalau dulu biasanya kita cuma bisa melihat penampilan para model, sekarang kita juga bisa ikutan eksis ala model dengan memarkan lagi pakai baju apa. Itu juga nggak sekedar foto model bajunya aja, tapi juga make up dan sekaligus cari background yang pas. Nggak masalah bukan model, yang penting ikutan trendy dan kece lalu fotonya diberi tag berbagai macam merek terkenal yang lagi dipake.

4. Selfie di Mobil>

Selfie di mobil [Image Source]
Selfie di mobil [Image Source]
Selfie di mobil juga sudah jadi trend tersendiri belakangan ini. Nggak peduli ada di mobil sendiri atau orang lain, tapi yang pasti foto di mobil emang terlihat keren. Jadi ya nggak heran foto model seperti ini selalu jadi pilihan buat tampil gaya.

5. Foto Mesra>

Foto mesra di instagram [Image Source]
Foto mesra di instagram [Image Source]
Dulu mah foto mesra itu disimpen di koleksi pribadi. Tapi sekarang foto mesra udah jadi konsumsi publik karena diupload di media sosial. Ya okelah tujuannya emang pamer rasa cinta dan kasih sayang, tapi kalau itu ternyata cuman pacar? Trus ternyata akhirnya putus dan nggak sampai ke pernikahan? Wuaduh…

6. Foto Nangis Sedih>

Foto nangis sedih [Image Source]
Foto nangis sedih [Image Source]
Akhir-akhir ini di media sosial juga banyak banget yang posting foto nangis sedih dengan caption yang menyayat hati tentang ditinggal pacar. Oke, curhat di media sosial itu nggak akan menyelesaikan masalah. Lagipula aneh banget, hati lagi begitu sedih malah foto. Sedih pun masih pingin eksis, lho.

7. Foto Sambil Berdoa>

Foto sambil berdoa [Image Source]
Foto sambil berdoa [Image Source]
Yang ini lebih unik lagi, kok ya sempat-sempatnya waktu lagi berdoa atau sholat, trus difoto dan diupload di Instagram. Yakin deh, tanpa perlu diupload di instagram juga Tuhan bakal denger doa kita kok. Nggak perlu lah disebar-sebar ke jagat maya.

8. Foto di Tengah Bencana>

Selfie di tengah musibah [Image Source]
Selfie di tengah musibah [Image Source]
Ini termasuk salah satu fenomena yang bikin miris. Waktu ada musibah, bencana, atau kecelakaan, orang-orang bakal dengan segera mengeluarkan hp nya. Tapi sayangnya bukan buat telpon ambulance atau polisi, tapi malah ramai-ramai mengambil foto korban lalu diupload di media sosial. Akhirnya mereka malah bergerumbul di lokasi kejadian dan bikin proses evakuasi makin susah. Miris banget kan ya, biar dibilang yang terdepan atau jadi saksi sebuah kejadian mengerikan, jadi hilang rasa kepedulian. Intinya cuma biar dibilang paling up to date.

9. Foto Berhamburan Filter>

Foto editan [Image Source]
Foto editan [Image Source]

Sekarang ini aplikasi di smartphone sudah sangat canggih. Ada filter dan alat edit yang bisa mempercantik foto selfie. Cuma kadang aplikasi ini digunakan terlalu berlebihan demi sebuah foto cantik. Akhirnya wajah asli dan foto kelihatan beda jauh banget. Banyak orang juga jadi makin nggak pede dan minder dengan wajah asli mereka.

Sebenarnya nggak jadi masalah juga kalau memang pengen eksis karena itu adalah hak masing-masing orang. Tapi yang dilihat juga situasi dan kondisinya, jangan asal selfie aja dan yang penting eksis. Nggak mau kan gara-gara sembarangan selfie akhirnya malah dibully netizen seperti yang sudah banyak terjadi?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA