5 Fenomena Alam Besar Yang Mengguncang Bumi Paruh 2015

oleh Adi Nugroho
10:47 AM on May 30, 2015

Alam memiliki kekuatan yang sangat besar. Kekuatan yang bahkan sekuat apa pun manusia, secanggih apa pun alat yang digunakan manusia, tetap tidak bisa membendungnya. Alam seperti punya caranya sendiri untuk marah, dan meluapkan semuanya kepada manusia.

Setengah tahun belakangan banyak sekali fenomena alam yang terjadi di bumi. Sebagian besar menimbulkan kekacauan. Menimbulkan korban dan merusak segalanya. Sebagian merupakan bencana yang tak bisa diduga, dan yang lainnya adalah dampak dari perbuatan manusia sendiei. Ingin tahu seperti apa fenomena-fenomena besar itu? Mari kita simak bersama-sama.

Baca Juga
6 Alasan Kenapa One Piece Nggak Pernah Bikin Penggemar Bosen Meski Sudah 20 Tahun
Inilah 4 Alasan Mengapa Profesi TKI Bisa Bikin Seseorang Jadi Kaya Mendadak

1. Gempa Besar di Nepal Yang Menewaskan Ribuan Penduduk

Salah satu kejadian alam paling besar hingga pertengahan tahun 2015 adalah gempa di Nepal. Negara kecil ini harus merasakan gempa dengan kekuatan 7,8 Skala Richter. Sontak negara kecil ini porak-poranda. Hampir semua bangunan yang ada di negara ini runtuh, termasuk Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO berypa Alun-Alun Kathmandu Burbar.

Gempa Bumi di Nepal [image source]
Gempa Bumi di Nepal [image source]
Gempa di Nepal mengakibatkan sekitar 7.000 orang warga meninggal dunia. Kebanyakan adalah orang-orang yang terkena robohan rumah sendiri. Selebihnya sekitar 10.000 orang mengalami luka, dan sisanya harus mengungsi karena rumahnya hancur.

Menurut ahli, yang mengakibatkan gempa ini parah di Nepal adalah struktur bangunan warga Nepal. Bangunan di Nepal biasanya dibangun dengan struktur yang biasa. Tidak seperti di negara lain yang menggunakan sistem anti gempa. Akibat kejadian ini pemerintah Nepal menyatakan darurat dan menginginkan bantuan dunia. Gempa ini pun mengguncang Nepal beberapa kali dalam beberapa minggu.

2. Banjir Bandang di China Bagian Selatan Tewaskan Puluhan Penduduk

Musim hujan di China, sama artinya musim banjir. Hampir setiap tahun banjir selalu terjadi di China, terutama saat curah hujan tinggi dan dibarengi angin besar dari arah lautan. Hal ini mengakibatkan banjir yang melupa dan memenuhi hampir setiap jalan hingga rumah-rumah warga.

Banjir China [image source]
Banjir China [image source]
Seminggu ini banjir di China telah menewaskan hingga lebih dari 60 orang, beberapa di antaranya adalah anak-anak. Beberapa provinsi di bagian selatan China seperti Hunan, telah melaporkan ada puluhan ribu warganya yang diungsikan. Berdasarkan prakiraan cuaca pihak otoritas setempat, hujan badai ini akan terus terjadi dan mengakibatkan jutaan orang terkena dampak banjir.

3. Banjir Akibat Badai Topan di Texas dan Oklahoma

Amerika Serikat sedang dilanda bencana banjir yang cukup parah seminggu terakhir ini (25/5). Tercatat ada dua negara bagian yaitu Texas dan Oklahoma mengalami dampak yang cukup parah. Hampir seluruh wilayah di dua negara bagian itu mengalami banjir akibat topan yang berasal dari arah lautan.

Banjir Akibat Tornado di Texas [image source]
Banjir Akibat Tornado di Texas [image source]
 Akibat banjir bandang ini ada sekitar 35 orang meninggal dunia. Banyak bangunan yang runtuh dan seluruh jalanan digenangi air. Akses untuk evakuasi sangat sulit karena kendaraan tidak dapat melintas. Selain itu topan susulan masih kerap terjadi dan terus menimbulkan banjir yang tidak habis-habis.

4. Gelombang Panas di India Yang Menewaskan Ratusan Warga

India mengalami kejadian alam mematikan akhir Mei 2015. Kejadian itu berupa gelombang panas yang melanda provinsi Andhra Pradesh. Akibatnya ada sekitar seratus orang lebih mengalami kematian. Sebagian besar adalah orang tua dan anak-anak. Mereka mengalami dehidrasi yang sangat parah hingga hipertermia yang membuat otak dan organ vital mengalami gangguan dan berhenti bekerja.

Gelombang Panas India [image source]
Gelombang Panas India [image source]
Kejadian ini adalah dampak dari akan datangnya musim hujan Muson yang membuat india diguyur hujan yang lebat. Dan gelombang panas yang mematikan ini juga akibat pemanasan global yang kini kian parah. Pemerintah India menganjurkan warganya untuk diam di dalam rumah atau jika keluar rumah diwajibkan menggunakan penutup kepala.

5. Suara Aneh Dari Langit Yang Menggegerkan Dunia

Kejadian terakhir ini mungkin tidak mengakibatkan kematian atau kengerian secara massal. Namun termasuk hal yang membuat beberapa orang terguncang. Pasalnya suara ini dianggap pertanda akan berakhirnya dunia ini. Beberapa orang yang mengabadikan momen suara ini juga mengatakan jika suara yang keluar dari langit mirip suara terompet.

Beberapa ilmuwan menjelaskan jika suara itu mungkin berasal dari kejadian alam lain seperti gempa atau gesekan komet di atmosfer. Namun orang-orang terlanjur menganggap jika hal itu mirip seruling sangkakala. Seruling yang menandakan nasib bumi akan segera berakhir. Bersama seluruh manusia dan makhluk di dalamnya.

Sekelumit kejadian di atas menunjukkan jika alam sangat hebat. Tugas kita bukan untuk takut, tapi untuk bersyukur dan menghargai alam dengan lebih baik. Tidak merusaknya, atau malah melawannya.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
error put content