6 Fenomena Alam Langka yang Menakjubkan, Tapi Hanya Terjadi Ratusan Tahun Sekali

oleh Centralismo
12:00 PM on Aug 21, 2015

Ada begitu banyak fenomena-fenomena alam yang terjadi di dunia ini. Seperti contohnya yaitu letusan gunung berapi, tsunami, tornado dan masih banyak lagi. Tak jarang juga fenomena tersebut dapat memakan korban yang tiak sedikit jumlahnya.

Fenomena alam yang terjadi di dunia ini selalu saja menjadi perbincangan orang banyak. Apalagi kalau fenomena alam itu jarang sekali terjadi, bahkan bisa terjadi sekali dalam kurun waktu ratusan tahun. Fenomena apa sajakah itu? Mari kita simak lebih lanjut.

Baca Juga
Inilah 6 Bahaya Terselubung yang Jarang Disadari Para Pengguna Kuis Lucu di Facebook, Berhati-Hatilah!
Merasakan Sensasi Jaringan 4G Ngebut Ala Smartfren Lewat Serunya Acara #Amazingfren

1. Salju di Kairo, Terjadi 112 Tahun Sekali

Seperti yang kita tahu, Kairo sangat identik dengan cuaca panas dan kawasan berpasirnya. Tetapi sebuah fenomena alam unik terjadi di sini. Bak sebuah mukjizat, pada 13 Desember 2013 hujan salju turun di wilayah ibu kota dari negara Mesir tersebut.

Disambut Dengan Rasa Syukur [Image Source]
Peristiwa ini pernah terjadi sebelumnya sekitar 112 tahun silam. Jadi wajar saja, saat salju turun di bulan Desember 2013, masyarakat di sana menyambutnya dengan rasa syukur. Tak sedikit juga yang mengabadikan fenomena alam ini dengan sebuah foto yang diupload ke social medianya.

2. Salju Turun Di Vietnam Untuk Pertama Kalinya

Hampir serupa dengan yang terjadi di Kairo, Mesir. Hujan salju turun di Provinsi Cai, Vietnam pada 15 Desember 2013 lalu. Suhu di kota inipun menjadi sangat dingin, temperaturnya mencapai minus 1 derajat celcius.

Lahan Pertanian Menjadi Rusak Parah [Image Source]
Namun sayang, fenomena alam ini membuat kemacetan lalu lintas yang cukup parah. Tak hanya itu, salju yang turun itu juga membuat lahan pertanian menjadi rusak parah. Namun meski begitu, banyak sekali turis yang datang dan mengabadikan fenomena alam yang jarang sekali terjadi ini.

3. Fenomena Langka, Salju Turun Di Afrika Selatan

Selanjutnya ada salju yang turun di Afrika Selatan. Salju ini turun pada Agustus 2012 di kawasan Johannesburg. Kabarnya, ini merupakan hujan salju pertama yang turun di negara tersebut. Karena memang salju bukanlah musim yang ada di Afrika Selatan.

Warga Sengaja Meliburkan Diri Untuk Bermain Salju [Image Source]
Hampir semua warga keluar rumah untuk bermain-main dengan salju atau sekedar berfoto-foto di area bersalju tersebut. Bahkan sebagian dari masyarakatnya ada yang sengaja meliburkan diri dari kantornya hanya untuk menyaksikan fenomena langka ini.

4. Bulan Mengelilingi Bintang Spica

Selanjutnya, fenomena alam ini terjadi di angkasa. Pada November 2013, bulan sabit tampak berdampingan dengan Spica. Spica sendiri merupakan bintang yang paling terang pada rasi bintang Virgo. Bintang ini juga dikenal sebagai “Raksasa Biru”.

bulan dan bintang spica
Akan Terjadi Selama 20 Hari – [Image Source]
Fenomena alam ini hanya terjadi beberapa ratus tahun sekali. Dalam fenomena langka ini, sang bulan akan terlihat mengelilingi Spica selama 20 hari. Sebelum akhirnya,bulan sabit ini menghilang dan muncul berganti bulan baru.

5. Venus Transit, Terjadi 105 Tahun Sekali

Fenomena yang berikutnya juga terjadi di langit. Fenomena ini dinamakan “Venus Transit”, yakni planet Venus terlihat memutari Matahari. Peristiwa ini terjadi pada 6 Juni 2012 sekitar pukul 6 sore. Fenomena langka ini hanya terjadi 105 tahun sekali.

Saat peristiwa ini berlangsung, Venus akan muncul seperti titik hitam yang kecil dan mengelilingi permukaan Matahari. Untuk menyaksikan fenomena yang jarang sekali terjadi ini, sangat disarankan untuk memakai kaca mata hitam untuk melindungi mata kita.

6. Galaksi Sejajar, Terjadi 25 Ribu Tahun Sekali

Fenomena alam yang terjadi di langit selanjutny adalah Galaksi Sejajar atau lebih dikenal dengan sebutan “Galactic Aligment”. Pada fenomena ini, letak matahari, bumi dan beberapa benda langit lainnya berdiri sejajar dan seperti berbaris, tepat di atas garis galaksi.

Begini Penggambaran Letak Planet Saat Galactic Aligment [Image Source]
Fenomena alam ini terjadi pada 21 Desember 2013 lalu. Dan menurut para ahli, Galactic Aligment atau Galaksi Sejajar ini, hanya akan terjadi sekitar 25.800 tahun sekali. Saat kejadian ini berlangsung, bumi akan menjadi gelap gulita.

Itulah beberapa fenomena alam yang jarang sekali terjadi. Untuk menyaksikan kejadian ini kita harus menunggu dalam waktu ratusan tahun. Hemm, fenomena alam apalagi yaa yang terjadinya sangat jarang sekali di dunia ini?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
BERITA TERKAIT
BACA JUGA