5 Fenomena Alam Eksotis Yang Terjadi di Langit Selain Gerhana Matahari

oleh Ayu
09:26 AM on Mar 14, 2015

Ada banyak fenomena alam di langit yang spektakuler selain gerhana matahari. Momen langka ini sempat ditangkap dan dikaitkan dengan suatu pertanda khusus seperti akan adanya bencana atau hubungannya dengan keberadaan Sang Pencipta.

Namun lepas dari benar atau tidaknya pertanda itu, fenomena alam eksotis tersebut sangat memanjakan mata dan jarang bisa kita lihat setiap tahun. Kali ini kita akan membahas satu per satu tentang fenomena alam yang pernah terjadi di langit selain gerhana matahari. Mungkin pernah terjadi di daerah Anda, yuk disimak.

Baca Juga
5 Fakta Gahar Pesawat Buatan Anak Bangsa N219 yang Bakal Bikin Negara Tetangga Iri
Deretan 10 Paskibraka Cantik Pembawa Bendera Pusaka Di Upacara Istana Kepresidenan yang juga Pantas Membawa Hatimu

1. Langit Terbelah

Fenomena langit terbelah saat cuaca sedang cerah pernah mewarnai langit Indonesia. Di antaranya di kota Padang, Jogjakarta dan Pontianak. Fenomena ini sangat indah dan eksotis, karena seperti memperlihatkan jalan yang panjang di langit. Pernah ada yang menyebutkan bahwa fenomena ini berkaitan dengan bencana alam seperti tsunami.

Namun Peneliti Lembaga Penerbangan dsn Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin, pernah mengatakan bahwa hal itu tidak ada hubungannya. Fenomena langit terbelah terjadi karena ada sinar matahari yang pancarannya terhalang awan Cumulonimbus. Di luar negeri, beberapa kondisi seperti ini juga terjadi, bahkan terbelah jadi beberapa bagian.

Fenomena tersebut bisa terjadi karena sinar matahari terhalang objek tinggi seperti pegunungan. Thomas menyebut kejadian ini sebagai Crepuscular Rays.

2. Supermoon

Seperti namanya, fenomena kedatangan  bulan ini  memang sangat super. Pada momen Supermoon, bulan muncul dalam kondisi yang dekat dengan bumi sehingga bisa tampak sangat besar di beberapa negara. Indonesia pernah menjadi salah satu negara yang mengalami fenomena keren tersebut.

Video di atas menunjukkan supermoon yang terjadi di Jakarta. Bulan jadi 14% lebih besar dan bisa terlihat dengan baik saat direkam oleh kamera. Biasanya, bulan hanya akan terlihat seperti pancaran lampu bila dalam kondisi normal. Di negara lain, supermoon bisa tampak lebih besar lagi karena jaraknya yang dekat dengan area bumi tersebut.

3. Munculnya Mata di Langit

Fenomena alam lainnya yang pernah membuat dunia terperangah adalah munculnya mata di langit. Saat itu cuaca sangat berawan dan mendung berangin seperti akan turun hujan. Ternyata, di salah satu sudut langit ada sepasang mata yang terbentuk dari awan.

Bentuk matanya sangat cantik dan majestic, membuat banyak orang menyebutnya sebagai mata malaikat atau bahkan mata Tuhan yang sedang melihat ke dunia. Fenomena ini terjadi di langit Kerch, Ukraina saat badai melanda.

4. Fenomena Meteor Jatuh

Meteor jatuh dan benar-benar terasa efeknya pernah terjadi di beberapa negara seperti Rusia. Seperti sebuah dokumentasi di bawah ini, terjadi pada tanggal 15 Februari 2013. Di langit, fenomena ini terlihat sangat keren dan indah. Namun, impactnya saat jatuh di bumi sangat menghebohkan.

Meteor ini menyisakan jejak seperti goresan di langit yang sangat keren meski ada sedikit shocking effect ketika meteor itu jatuh ke bumi. Kabarnya 1.500 orang terkena luka serius akibat peristiwa alam ini.

Itulah beberapa fenomena alam langka dan unik di langit selain gerhana matahari. Alam memang menyimpan banyak misteri yang menarik untuk diketahui. Tapi, jangan mudah percaya dengan mitos pertanda alam yang meresahkan bila belum mengetahui fakta yang ada di baliknya.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA