4 Fasilitas ‘Bintang Lima’ yang Dimiliki Kim Jong Un Ini Bikin Rakyatnya Makin Hidup Nestapa

Bahkan hampir seperempat anggara negara hanya untuk hobi tidak berguna

oleh Arief Dian
08:00 AM on May 11, 2017

Sosok Kim Jong Un sampai saat ini masih menjadi sorotan dunia. Selain karena kebijakannya yang nyentrik, kediktatorannya sudah terkenal seantero jagat. Sekali saja ada kesalahan yang terlihat di mata Kim Jong Un, satu kepala siap terpenggal. Kalau begitu siapa yang akan dirugikan? Tidak lain adalah rakyat Korea Sendiri.

Tapi ternyata kediktatoran Kim Jong Un tidak sampai di situ saja. Meskipun kini rakyat Korea Utara sedang mengalami krisis, ternyata Kim Jong Un masih bisa menikmati fasilitas mewah. Bahkan ironisnya fasilitas Kim Jong Un sudah banyak memakan anggaran negara. Fasilitas apa sajakah itu? Simak ulasan berikut.

Baca Juga
5 Sepeda Balap Termahal di Dunia yang Harganya Bisa Bikin Kamu Miskin dalam Sekejap
Inilah 4 Negara yang Dulunya Kaya Raya namun Sekarang Terluntah Akibat Korupsi

Si “tumpangan mewah” bernama Air Force Un

Beberapa waktu yang lalu presiden Korea nyetrik ini baru saja mendanai pembaruan ulang jet pribadinya. Alhasil tumpangan super mewah bakal siap mengantar Presiden ini berlenggang ke mana pun dia inginkan. Pesawat Jet pribadinya dia beri nama dengan Air Force Un.

Air Force Un [image source]
Banyak fasilitas mewah yang ada dalam pesawat tersebut, mulai dari nampan yang terbuat dari kristal, sofa kulit mewah hingga ukuran pesawat yang lebih besar dari sebelumnya. Asal tahu saja, biaya yang dikeluarkan Kim Jong Un untuk merenovasi pesawat ini adalah sebesar $1,5 juta. Jumlah tersebut sangat banyak apalagi kalau digunakan untuk membantu rakyat Korea utara yang sedang terkena krisis.

Bioskop Pribadi dengan puluhan ribu DVD kesayangan

Meskipun seorang pemimpin negara, Kim Jong Un ternyata juga gemar menonton film. Untuk itu presiden Korea Utara ini membangun bioskop pribadi untuk memutarkan film kesayangannya. Dengan kapasitas mencapai 1000 kursi, Kim Jong Un siap mengajak semua kerabat atau pelayan setianya untuk menonton bersama. Biaya pembangunan bioskop pribadinya kemungkinan bisa mencapai ratusan ribu dollar.

Bioskop Pribadi [image source]
Selain itu, Kim Jong Un Juga memiliki 20 ribu keping DVD original. Uniknya, kebanyakan film koleksi Kim Jong Un justru berasal dari barat. Film yang paling dia sukai adalah Godzilla dan Friday the 13th.

Memiliki kapal pesiar dan istana mewah

Beberapa waktu yang lalu, google earth telah menangkap  bagaimana wujud dari istana milik Kim Jong Un. Sangat tidak terduga kalau sebuah istana dengan fasilitas lengkap seperti kolam renang dan taman bisa berdiri di Korea Utara. Hal itu sangat miris karena melihat keadaan rakyat Korut saat ini.

Kapal pesiar [image source]
Belum lagi telah ada informasi kalau ternyata Kim Jong Un juga memiliki kapal pesiar pribadi dengan harga dan fasilitas yang fantastis. Kabarnya, kapal pesiar milik suami Ri Sol-Ju ini bernilai sekitar $ 8 juta atau setara dengan Rp 108 Miliar. Dengan besar hingga mencapai 60 meter, kapal tersebut memiliki desain sekelas interior dunia.

Anggaran negara yang habis karena hobinya

Siapa sangka kalau pemimpin Korea Utara ini sangat gemar berkuda. Bahkan saking cintanya dengan berkuda, sekitar dua puluh persen dari anggaran di Korea Utara dihabiskan oleh Kim Jong Un untuk merawat kudanya, gila bukan. Jong Un sendiri memiliki banyak sekali kuda pacuan dan rata-rata bisa menghabiskan puluhan juta untuk perawatan per ekornya.

Berkuda [image source]
Sebagai pemimpin negara, Kim Jong Un tidak mau malu jika sampai ternyata kudanya kalah dengan milik orang lain. Miris mengingat anggaran Korea pada tahun 2008 adalah Rp 812 miliar, bisa dibayangkan  betapa mubazirnya jika 20 persen hanya digunakan untuk merawat kuda.

Sudah tidak tahu lagi harus berkata apa pada kelakuan Kim Jong Un ini. Apalagi mengingat beberapa kabar yang mengatakan bahwa banyak ibu pedagang di pasar Korea Utara yang harus menjajakan diri demi hidup, pemimpinnya malah punya fasilitas serba mewah. Entah, mungkin ini bisa jadi pembelajaran buat para pemimpin.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA