6 Fakta Venezuela, Negara Latin Pencetak Pemenang Miss Universe Terbanyak!

oleh Rizal
15:00 PM on Nov 13, 2015

Memilih Venezuela sebagai destinasi wisata mungkin tak banyak terpikirkan oleh para traveler. Padahal negara seluas 916 ribu kilometer ini punya banyak sekali hal-hal menarik, termasuk deretan pantainya yang pastinya takkan kalah dengan negara lain di dunia. Ditambah lagi, pantai di sana takkan pernah sepi oleh para wanita Venezuela yang cantiknya tak kira-kira itu.

Ya, wanita cantik dan Venezuela adalah gabungan kata yang mendeskripsikan satu sama lain. Ada sekitar 30 juta penduduk negeri ini dan mayoritas semuanya eksotis dan cantik-cantik. Maka tak heran jika Venezuela sampai menyabet 7 kali gelar Miss Universe atau yang paling banyak selain Amerika. Hal ini merupakan bentuk apresiasi dan pengakuan kalau wanita di negara tetangga Kolombia ini memang mantap.

Baca Juga
Tukang Bakmi Bak Seleb, Gaya dan Dandanan Jamila “Janda” Dijamin Bikin Publik Melongo
Fakta Silat Marunda, Warisan Maut Si Pitung yang Bikin VOC Terkencing-kencing Tak Berdaya

Meskipun identik dengan wanita cantik, ada banyak fakta-fakta unik lain tentang negara pimpinan mantan presiden Hugo Chaves ini. Berikut adalah ulasannya.

1. Pencetak Miss Universe Terbanyak

Tidak mungkin seorang wanita yang fisik dan tampilannya biasa-biasa bisa masuk dalam kompetisi Miss Universe. Ya, dari mana pun asalnya, hanya para jawara di negaranya masing-masing yang akan berlaga di sini. Dalam kontes kecantikan ini nama Venezuela juga hampir jarang abstain. Bahkan konon kontestan dari negara ini sering dianggap saingan berat para peserta yang lain.

Gabriela Isler hanya satu dari jutaan wanita cantik di Venezuela [Image Source]
Gabriela Isler hanya satu dari jutaan wanita cantik di Venezuela [Image Source]
Hal ini masuk akal sekali karena wanita Venezuela memang sudah dikenal kerap bikin pria berdesir. Dan kenyataan itu seolah makin benar ketika banyak jawara Miss Universe didapatkan oleh wanita-wanita Venezuela. Sebut saja Dayana Mendoza, Alicia Machado, Stefania Fernandez, hingga yang terakhir adalah Gabriela Isler. Total sebanyak 7 kali Venezuela menyabet membanggakan ini. Anindya Kusuma Putri sepertinya harus berhati-hati ketika nanti bersaing di Miss Universe 2015.

2. Di Sini Bensin Lebih Murah Daripada Air

Membahas negeri juragan minyak mungkin nama Arab Saudi, Iran dan sederet negara-negara di Timur Tengah yang pasti akan muncul. Padahal, cadangan minyak Bumi tidaklah mengumpul dalam satu titik itu saja. Venezuela yang notabene terpisah jauh dari Timur Tengah, ternyata punya kandungan minyak yang tak kalah banyaknya.

Rp 10 ribu bisa full tank jika beli bensin di Venezuela [Image Source]
Rp 10 ribu bisa full tank jika beli bensin di Venezuela [Image Source]
Tahun 2012 kemarin negara ini dinobatkan sebagai pemilik cadangan minyak Bumi paling banyak di dunia. Venezuela memiliki cadangan minyak sebanyak 296,5 miliar barel, menyusul di belakangnya ada Arab Saudi dengan 265,4 miliar barel. Melimpah minyak, di Venezuela BBM pun murah luar biasa. Di tahun 2013 lalu, harga bensin di sana hanya Rp 600 per liter. Jauh lebih murah berkali-kali lipat dari Indonesia yang kala itu sudah mencapai Rp 6500.

Sayangnya, meskipun kaya minyak kehidupan masyarakat Venezuela juga tak ubahnya seperti negara rata-rata. Ya, harga-harga barang lainnya melambung. Bahkan air mineral dihargai lebih mahal dari pada bensin.

3. Tidak Ada Hukuman Mati Untuk Kejahatan Model Apa Pun

Beberapa negara menganut sistem hukuman mati untuk beberapa jenis kejahatan tingkat berat. Namun ada pula yang meninggalkan yang seperti ini dengan dalih HAM. Venezuela sendiri pernah menganut sistem hukuman mati, hingga pada tahun 1863 mereka menghapus jenis hukuman seperti ini.

Tanpa hukuman mati tingkat pembunuhan di negara ini tinggi [Image Source]
Tanpa hukuman mati tingkat pembunuhan di negara ini tinggi [Image Source]
Uniknya, Venezuela adalah negara pertama yang tidak memberikan hukuman mati untuk tingkat kejahatan apa pun. Sayangnya, rupanya ini tidak berdampak terlalu bagus untuk mereka. Pasalnya, negara ini akhirnya menjadi salah satu daerah dengan tingkat pembunuhan tertinggi di dunia.

4. Venezuela Punya Air Terjun Paling Tinggi di Bumi

Air terjun Niagara mungkin besar dan dramatis, namun membicarakan air terjun paling tinggi maka jangan sampai tidak menyinggung nama Angel Falls. Ya, air terjun ini adalah yang paling tinggi di dunia yakni mencapai 979 meter. Makanya Angels falls juga diartikan malaikat jatuh, saking tingginya air terjun ini.

Air terjung Angel jadi yang paling tinggi di Bumi [Image Source]
Air terjung Angel jadi yang paling tinggi di Bumi [Image Source]
Air terjun ini pertama kali ditemukan oleh seorang penjelajah bernama James Angels. Kala itu ia tengah terbang mencari emas di Venezuela. Kemudian ia tertarik akan sebuah air terjun dan kemudian mendarat di dekatnya. Nama Air Terjun Angels sendiri juga diambil dari namanya. Sayangnya, tidak mudah untuk mencapai air terjun ini. Kita harus menyewa pesawat untuk mencapai lokasi. Lewat jalan darat memang memungkinkan, tapi waktu tempuhnya bakal lama. Belum lagi di dalam hutan Venezuela ini masih primitif, jadi lumayan sangat menantang.

5. Salah Satu Negara Dermawan Dunia

Meskipun kaya akan minyak, namun Venezuela bukan benar-benar negara yang kaya. Meskipun demikian mereka bisa dibilang sangat dermawan. Beberapa kali pemerintah Venezuela memberikan bantuan kepada negara-negara yang membutuhkan. Bahkan mereka pernah menyumbang banyak uang kepada Amerika.

Venezuela pernah menyumbang bergalon-galon bensin dan juga uang $ 5 juta kepada Amerika saat negara itu terkena Katrina. Sayangnya ditolak mentah-mentah [Image Source]
Venezuela pernah menyumbang bergalon-galon bensin dan juga uang $ 5 juta kepada Amerika saat negara itu terkena Katrina. Sayangnya ditolak mentah-mentah [Image Source]
Ya, ketika itu negara Paman Sam ini tengah lemah lunglai lantaran bencana badai Katrina yang dahsyat itu. Venezuela pun berinisiatif memberikan bantuan berupa uang sebanyak $ 5 juta dan juga bergalon-galon bensin. Sayangnya, bantuan ini ditolak oleh Amerika. Ya, mungkin gengsi lantaran mereka yang adidaya harus dibantu oleh negara yang tidak benar-benar kaya.

6. Venezuela Punya Petir yang Menyambar Sepanjang Tahun

Musim hujan seperti sekarang siap-siap menutup telinga lantaran petir akan menjadi bunyi-bunyian familiar kita. Hujan sih bikin sejuk, tapi kalau petir tetap bikin merinding. Untungnya kita tidak tinggal di Venezuela. Bagaimana tidak, di negara ini ada sebuah fenomena unik yang berkaitan dengan petir.

Fenomena ngeri tapi keren ini hanya terjadi di Venezuela [Image Source]
Fenomena ngeri tapi keren ini hanya terjadi di Venezuela [Image Source]
Relampago de Catatumbo, begitu orang-orang sekitar menyebut kejadian unik ini. Ya, ini adalah fenomena petir yang menyambar hampir 9 jam perhari dan akan bertahan hingga 300 hari dalam setahun. Alih-alih bikin bencana, ternyata fenomena ini justru hal yang sangat dinantikan. Tak hanya untuk wisata saja dengan melihat kilatan-kilatannya yang cantik, tapi petir tersebut juga digunakan para nelayan untuk melakukan navigasi. Kira-kira bagaimana jika fenomena ini terjadi di Indonesia? Ya, kita mungkin sudah kena gangguan pendengaran.

Nah, lewat deretan fakta ini bisa disimpulkan jika Venezuela adalah tempat yang layak untuk dijadikan destinasi wisata. Apa pun ada di sini, mulai dari cantiknya gadis-gadis latinos, sampai fenomena alam yang hanya satu-satunya di muka Bumi. Berkeliling kota sampai puas juga jadi hal yang asyik karena bensin di sini sangat murah. Tentang wanitanya, memang benar jika Venezuela adalah gudangnya para gadis cantik. Hmm, sebuah tawaran yang mungkin takkan mudah untuk didapatkan di tempat lain.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA