7 Fakta Unik Tel Aviv yang Mungkin Akan Membuatmu Tertarik Tinggal di Sana

oleh Rizal
07:00 AM on Nov 29, 2015

Pasti banyak yang menolak argumen yang mengatakan jika Tel Aviv adalah salah satu kota terbaik dunia. Alasannya sudah jelas lantaran kota ini adalah salah satu cakupan wilayah dari negara yang paling tidak disukai di seluruh dunia, lebih-lebih orang Indonesia. Ya, apalagi kalau bukan Israel.

Kalau melihat kekejaman mereka di Palestina serta konspirasi-konspirasi yang dilakukannya, Israel memang tak layak untuk dibangga-banggakan. Namun harus diakui mereka jago dalam berbagai hal, termasuk membangun Tel Aviv menjadi kota paling unik di antara ratusan lain di dunia. Penuh dengan teknologi, ada wisata alamnya, serta banyak sekali gadis Yahudi mempesona di dalamnya adalah sedikit gambaran tentang kota berpantai ini.

Baca Juga
Mulai Hadiah Emas Hingga Hukuman, Inilah Cara Unik 4 Negara Agar Warga dan Aparaturnya Jadi Kurus
Inilah 4 Bukti Kalau Indonesia Adalah Tempat “Sakral” Bagi Warga Suriname Keturunan Jawa

Tel Aviv dihuni oleh sekitar 405 ribu jiwa. Uniknya, Israel sendiri tak menganggap jika kota ini sebagai ibu kota mereka. Negara zionis ini keukeuh jika capital city mereka adalah Jerusalem, namun hanya El Salvador dan Kosta Rika yang mengakui hal tersebut. Nah, berikut adalah fakta-fakta unik dari Tel Aviv yang mungkin akan membuatmu ingin mencoba mengunjunginya.

1. Kotanya Anak Muda

Bagi anak muda, pergi ke suatu tempat tidak hanya tentang menikmati hal-hal baru. Tapi juga menjalin pertemanan dengan orang-orang sekitar. Tel Aviv adalah tempat yang pas sekali bagi kamu muda untuk berpergian. Ya, alasannya di kota ini banyak sekali muda-mudinya.

Sepertiga penduduk Tel Aviv adalah para muda mudi [Image Source]
Sepertiga penduduk Tel Aviv adalah para muda mudi [Image Source]
Sekitar sepertiga penduduk Tel Aviv berusia antara 18-35 tahun. Jadi, kesempatan untuk bertemu para muda-mudi pun sangat besar. Ditambah lagi kabar jika wanita Israel di sini cantik-cantik mungkin akan jadi daya tarik tersendiri.

2. Kota Metropolis yang Punya Pantai

Tel Aviv adalah salah satu kota paling hi-tech di dunia. Semua orang sibuk untuk berpacu dalam menciptakan pengembangan-pengembangan teknologi. Namun demikian, kota ini juga menawarkan sesuatu yang sangat lain. Ya, mereka punya pantai.

Tak hanya metropolitan, Tel Aviv juga punya pantai yang keren [Image Source]
Tak hanya metropolitan, Tel Aviv juga punya pantai yang keren [Image Source]
Membentang sepanjang 14 km garis pantainya, kamu akan selalu menemukan tempat bagus untuk sekedar jalan-jalan di pesisirnya atau menikmati sunshine yang eksotis. Pantai di Tel Aviv sangat menawan dan masuk dalam 10 daftar kota berpantai terbaik di dunia.

3. Tel Aviv Punya Hiburan Buat Pecinta Seni Kelas Berat

Kota ini juga punya satu hal yang mungkin jarang ditemukan di tempat lain. Ini tentang budaya dan seni, salah satu sudut Tel Aviv menawarkan banyak hal unik berbau seni yang mungkin akan memuaskan mereka para pecintanya. Bernama Tel Aviv-Jaffa, di sini kita bisa menemukan semua tentang seninya Israel.

Salah satu sudut museum di Tel Aviv-Jaffa [Image Source]
Salah satu sudut museum di Tel Aviv-Jaffa [Image Source]
Ada opera, teater, museum, pertunjukan tari, musik, gastronomy, sampai seni arsitektur di sini. Jika seni adalah yang kamu cari dari sebuah kota, maka Tel Aviv jelas tempat yang paling bisa direkomendasikan.

4. Kotanya Para Jenius yang Kreatif

Israel sudah terbukti teknologinya mendunia. Sehingga bukan hal yang mengherankan jika salah satu kota besar mereka pun gila akan hal-hal seperti ini. Salah satunya adalah fenomena menjamurnya Start-Up.

Orang-orang Tel Aviv saling berpacu untuk menjadi yang terbaik dalam bisnis start up [Image Source]
Orang-orang Tel Aviv saling berpacu untuk menjadi yang terbaik dalam bisnis start up [Image Source]
Percaya atau tidak, di Tel-Aviv setidaknya ada sekitar 600an Start-Up yang diciptakan oleh warganya dan kemungkinan akan terus bertambah. Salah satu hasil karya mereka yang paling fenomenal adalah Waze yang mungkin sudah terpasang manis di smartphone-mu saat ini.

5. Tel Aviv Punya Pusat Hiburan Malam yang Tak ada Matinya

Mungkin mereka berada di kawasan mediterania, namun jangan pernah lupa jika Israel adalah sekutu negara barat. Sehingga dalam kehidupan sosial, tentu saja hampir tak ada bedanya mereka dari negara karibnya. Salah satunya adalah klub malam yang berdiri banyak sekali di Tel Aviv.

Tel Aviv juga identik dengan klub malam mereka yang gila [Image Source]
Tel Aviv juga identik dengan klub malam mereka yang gila [Image Source]
Setidaknya ada ribuan klub malam yang tak pernah sepi dari anak muda yang hangout dan menikmati malam. Sehingga rekomendasi terbaik untuk menikmati kota ini justru adalah malam hari, karena katanya hanya di waktu seperti ini keindahan Tel Aviv akan memancar maksimal.

6. Kota Hijau yang Sangat Nyaman

Tel Aviv punya satu julukan unik yakni Green City. Di sini memang kita akan selalu menemukan area hijau. Pemerintah sendiri juga mendukung hal tersebut dengan membangun infrastruktur serta wacana penanaman pohon setiap dua jam sekali.

Salah satu sudut kota Tel Aviv yang sangat adem [Image Source]
Salah satu sudut kota Tel Aviv yang sangat adem [Image Source]
Lantaran banyak sekali areal hijau di sini, maka kita akan selalu mendapatkan supply oksigen melimpah yang menyegarkan. Pemerintah juga membatasi jumlah kendaraan dan lebih menganjurkan masyarakat untuk berjalan kaki atau memilih bersepeda.

7. Kota Multikultural Tanpa Diskriminatif

Tel Aviv sebagai salah satu kota terbesar di Israel mungkin identik dengan penduduknya yang mayoritas Yahudi. Namun siapa sangka jika kota ini ternyata multikultural alias dihuni banyak etnis. Tak cuma bangsa Yahudi, di Tel Aviv kita bisa bertemu dengan bangsa Arab dan juga lainnya.

Tak hanya multi etnis, di Tel Aviv semua orang mendapatkan hak yang sama, termasuk hak memilih di pemilu [Image Source]
Tak hanya multi etnis, di Tel Aviv semua orang mendapatkan hak yang sama, termasuk hak memilih di pemilu [Image Source]
Soal keberagaman dalam kepercayaan, Tel Aviv dikatakan sebagai kota yang tingkat toleransinya tinggi. Masyarakat setempat selalu menghormati setiap kepercayaan. Sayangnya, masih belum diketahui dengan jelas apakah Muslim juga diterima di sini. Kalau dilihat dari ulasan ini, orang Islam seharusnya tidak mengalami diskriminasi di sini.

Tel Aviv mungkin jadi kota paling buncit yang mungkin akan dikunjungi gara-gara sentimen kita terhadap Israel. Namun melihat beberapa fakta di atas, mungkin saja kota ini sangat berkebalikan dengan kesan buruk yang sering kita bayangkan. Satu hal lagi yang mungkin akan membuat kota ini jadi lebih menarik lagi. UNESCO pernah memberi penghargaan kepada Tel Aviv sebagai salah satu kota dengan tata perencanaan terbaik di abad 20. Jadi bisa dibayangkan jika kota ini memang sangat indah dan menarik. Bagaimana, tertarik menyempatkan waktu ke sana?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA