5 Fakta Unik Suriname, Negara Amerika Tengah yang Jadi Saudara Jauh Suku Jawa

oleh Rizal
15:00 PM on Feb 6, 2016

Tak hanya Madura atau Medan saja, orang Jawa juga dikenal sebagai suku yang jago merantau. Buktinya, hampir di seluruh wilayah Indonesia, pasti ada orang Jawa-nya. Bahkan jika kita lihat sejarah, tak hanya menyebar seluruh Indonesia, orang Jawa juga bisa merantau sampai luar negeri. Suriname adalah buktinya. Bahkan, tak hanya merantau saja, orang-orang Jawa di sini malah mendirikan sebuah negara.

Baca Juga : 5 Kelebihan Bahasa Jawa yang Tidak Dimiliki Bahasa Lain di Dunia

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Suriname memang bukan diisi seratus persen orang Jawa. Meskipun demikian, Jawa adalah ikon yang sudah lekat dengan Suriname. Dulunya, orang Jawa yang ada di Suriname berasal dari Indonesia. Lantaran dipaksa oleh Belanda, akhirnya mau tidak mau berangkat. Akhirnya mereka menetap dan menjadi penduduk Suriname.

Mengunjungi Suriname sama lho rasanya seperti datang ke Yogyakarta atau daerah Jawa lainnya. Bukan hanya karena wajah penduduknya yang mirip-mirip dengan orang Jawa, tapi juga cara bergaul dan berbahasanya. Inilah fakta-fakta unik tentang negara tetangga Guyana itu.

1. Jawa Jadi Bahasa Sehari-Hari

Seperti yang dikatakan sebelumnya, mengunjungi Suriname rasanya hampir tidak ada bedanya dengan mampir di kota-kota di Jawa. Sepanjang jalan kita akan mendengar orang-orang bercakap bahasa Jawa. Memang bahasa sehari-hari ini di sini adalah Jawa serta Belanda untuk bahasa nasionalnya.

Orang-orang keturunan Jawa pakai bahasa Jawa untuk komunikasi sehari-hari [Image Source]
Orang-orang keturunan Jawa pakai bahasa Jawa untuk komunikasi sehari-hari [Image Source]
Uniknya, problem kebahasaan orang Suriname juga sama seperti di Jawa. Ya, di sana ternyata anak mudanya juga mulai meninggalkan bahasa leluhur ini. Bahkan mereka sudah tidak pernah lagi memakai bahasa Jawa halus dalam bercakap.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 16 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Orang Indonesia Kreatifnya Bukan Main
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA