Fakta Unik Dari Negara-Negara Paling Tidak Dikenal di Dunia

oleh Rizal
07:00 AM on Aug 14, 2016

Setiap negara pasti punya fakta-fakta uniknya sendiri. Misalnya Uzbekistan yang dianggap sebagai negerinya wanita cantik, atau mungkin India yang punya sejuta ritual unik. Soal fakta negara, yang kita tahu mungkin hanyalah dari negara-negara yang sudah punya nama dan terkenal, misalnya Uzbekistan dan India tadi. Kita pasti jarang tahu fakta-fakta unik dari negara-negara kecil yang tak dikenal.

Misalnya Greenland, kamu mungkin belum tahu kalau negara ini takkan pernah bisa masuk FIFA. Bukan karena tak punya pemain yang kompeten, melainkan cuaca ekstrem di sana menyebabkan rumput tak bisa tumbuh. Alhasil, tak bisa di negara ini diadakan sepak bola. Ada yang tahu fakta ini sebelumnya? Mungkin tidak, ya?

Baca Juga
4 Fakta Mengenai Sindrom Kleine-Levin, Kelainan yang Bikin Pengidapnya Jadi Tidur Berbulan-Bulan
Jualan Pisang Goreng Hingga Tidur di ‘Bilik Asmara,’ Inilah 5 Hal Unik yang Dialami Pengungsi Gunung Agung

Nah, tak hanya soal Greenland dan masalah rumputnya, masih banyak fakta-fakta unik dari negara yang jarang dibicarakan, misalnya beberapa negeri berikut.

1. Nauru Negerinya Orang Gemuk Sedunia

Nauru adalah negara kecil yang ada di sebelah timurnya Papua Nugini alias masuk dalam  wilayah oceania. Secara geografis negara satu ini sangat menarik, terutama pantai dan alamnya yang menawan. Nah, tak cuma itu saja, keunikan lain Nauru juga bisa terlihat dari orang-orangnya.

Penduduk Nauru yang subur-subur [Image Source]
Penduduk Nauru yang subur-subur [Image Source]
Ya, percaya tidak percaya rata-rata penduduk Nauru adalah orang-orang yang berkelebihan berat badan. Jumlahnya sendiri hampir 95 persen dari total populasinya. Unik ya, satu negara orang gemuk semua.

2. Pangeran Philip Jadi Dewa di Vanuatu

Vanuatu adalah negara kepulauan yang letaknya dekat dengan Kaledonia baru yang juga berdekatan dengan Australia. Negara satu ini juga unik kalau bicara soal alamnya karena kita bakal tak pernah berhenti kesengsem dengan apa yang ada di sini. Nah, soal fakta unik, penduduk salah satu suku di sini yang bernama Yaohnanen punya sesuatu yang bakal bikin kamu geleng-geleng.

Penduduk Vanuatu dan foto Pangeran Philips [Image Source]
Penduduk Vanuatu dan foto Pangeran Philips [Image Source]
Ya, ini adalah tentang kebiasaan mereka yang memuja Pangeran Philip alias suami ratu Inggris. Jadi, orang-orang Yaohnanen memajang foto sang Pangeran untuk kemudian disembah layaknya dewa. Orang Yaohnanen mengatakan jika pria satu ini adalah salah satu keturunan dari dewa mereka. Makanya, kemudian Pangeran Philip begitu dipuja.

3. San Marino, Punya Lebih Banyak Mobil Daripada Manusia

Mungkin kamu jarang mendengar nama ini, padahal San Marino juga merupakan sebuah negara. Ia terletak di tengah-tengah Italia dengan lebar hanya 61 kilometer saja. Meskipun sangat kecil, bukan berarti tak ada yang menarik di sini. Ada satu fakta unik soal San Marino.

Lebih banyak mobil di San Marino [Image Source]
Lebih banyak mobil di San Marino [Image Source]
Ya, hal ini adalah tentang jumlah mobil di sana. Percaya atau tidak, total mobil di San Marino ternyata lebih banyak daripada manusianya. Jadi bisa dibayangkan macetnya seperti apa jika semua orang turun di jalan. Tapi, uniknya, sepertinya belum pernah ada berita soal San Marino yang macet.

4. Niger, Negara Paling Belia di Dunia

Dibanding dengan negara tetangganya, Nigeria, Niger cenderung tak lebih terkenal. Entah apa alasannya, padahal dalam banyak hal Niger lebih oke. Nah, berbicara soal fakta unik, Niger juga memilikinya. Hal tersebut adalah soal penduduknya yang unik.

Bocah-bocah Niger [Image Source]
Bocah-bocah Niger [Image Source]
Ya, menurut data yang ada, penduduk Niger ini ternyata rata-rata masih sangat muda-muda, yakni di bawah 14 tahun. Jumlahnya sendiri mayoritas alias lebih dari 50 persen. Makanya, tak perlu heran kalau mampir di negara ini dan jarang sekali menemui orang-orang dewasa.

5. Comoros Adalah Negara Paling Membingungkan di Dunia

Comoros adalah sebuah negara kecil yang ada di bagian timur Afrika dan bertetangga dengan Madagascar. Jarang terdengar berita tentang negara ini lantaran Comoros memang negara yang cukup kecil sehingga ia sering terlewatkan. Nah, meskipun negaranya begitu kecil, tapi Comoros tetap dianggap oleh dunia internasional. Hal tersebut terbukti dari banyaknya organisasi yang mereka ikuti.

Comoros [Image Source]
Comoros [Image Source]
Nah, yang aneh dari sini adalah Comoros jadi anggota perserikatan negara-negara yang berbeda. Misalnya African Union, Francophonie, Liga Arab, dan Indian Ocean Commision. Ini sangar lho karena masing-masing organisasi itu diisi oleh negara-negara yang berbeda secara teritori. Unik, ya? Atau malah kasihan?

Inilah fakta-fakta tentang negara-negara paling tak dikenal yang ternyata cukup unik dan aneh. Nah, terlepas dari fakta-fakta nylenehnya, negara-negara di atas ini masuk dalam daftar destinasi paling oke. Apalagi negara-negara kepulauan macam Vanuatu dan Nauru. Kamu bakal terkesima dengan apa yang ada di sana.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA