in

5 Fakta Unik Latvia, Negara Kecil Seluas Aceh yang Luar Biasa

3. Negara Kecil Tapi Pernah Jadi Penjajah

Bicara soal negara Eropa yang pernah melakukan kolonialisasi atau penaklukan, asumsi kita pasti Inggris atau Perancis. Tak salah memang, tapi negara Eropa yang jadi penakluk bukan hanya itu saja. Percaya tidak percaya, Latvia ternyata juga pernah jadi bangsa penakluk.

Fort Jekabs di Tobago ini jadi bukti era Kolonialisme Latvia [Image Source]
Fort Jekabs di Tobago ini jadi bukti era Kolonialisme Latvia [Image Source]
Sejarah mencatat negara ini pernah menaklukkan Tobago, Trinidad, dan juga Gambia di sekitar abad 17. Dengan luas yang sedikit lebih besar dari Aceh, tapi mampu menaklukkan sebuah negara, kita harus akui kalau Latvia ini memang luar biasa.

4. Ilmuwan Latvia Membuat Masyarakat Dunia Bahagia

Bicara soal tokoh hebat Latvia, kita akan menemui dua nama yang paling diidentikkan. Pertama adalah si Jakob Jufess. Bagi yang belum mengetahuinya, sosok satu ini adalah pria di balik terciptanya Jeans. Ya, jeans mungkin dipopulerkan oleh Levi Strauss, tapi yang benar-benar pertama menciptanya adalah Jufess. Bayangkan kalau Jufess tak menciptakan jeans, dunia mode akan kehilangan salah satu pilar utamanya.

Patung Vilhelm Ostvald [Image Source]
Patung Vilhelm Ostvald [Image Source]
Sosok berpengaruh kedua yang sering dikaitkan dengan Latvia adalah seorang ilmuwan bernama Vilhelm Ostvald. Pria ini berjasa menemukan sebuah teori yang bernama Ostwald Process yang memungkinkan tumbuhan tumbuh dengan massal. Berkatnya, bahan makanan di dunia ini sangat melimpah jumlahnya.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

5 Pesawat UFO Buatan Nazi yang Pernah Membuat Geger Dunia

Inilah 5 Suku Asli Indonesia yang Banyak Mendapatkan Perhatian Dunia Internasional