4 Fakta Unik Batam yang Jarang Dimiliki Daerah Lain di Indonesia

oleh Faisal Bosnia Ahmad
18:49 PM on Jan 16, 2017

Jika ditanya tentang kota paling luar biasa di Indonesia, tentu setiap orang bakal punya jawabannya sendiri. Dan bisa diduga, Batam mungkin tidak masuk ke dalam salah satu jawabannya. Mungkin karena alasan geografis ya, sehingga tak banyak menyinggung si kota unik ini. Padahal, Batam memiliki banyak hal yang tak dipunyai kota-kota lain.

Ya, bagi yang sudah pernah ke Batam pasti tahu banget apa yang bikin kota unik. Tapi, yang belum mungkin bakal bertanya-tanya. Ada banyak sih hal yang bikin Batam unik. Salah satunya yang paling terkenal ya soal rumor tentang barang elektronik murahnya. Kamu pasti pernah dengan kan soal ini? Memang benar kalau di sana itu barang-barang elektroniknya cukup bersahabat dengan kantong. Bahkan harganya benar-benar jauh dari banderol normal.

Baca Juga
Menikmati Indahnya Alas Purwo, Pastikan Kamu Mengikuti 5 Aturan Ini Biar Selamat
Museum Ullen Sentalu, ‘Mesin Waktu’ di Jogja yang Tiap Lorongnya Bikin Penasaran

Tidak hanya surga barang elektronik murah, banyak hal-hal unik lain tentang Batam yang tak dimiliki kota-kota lain. Simak ulasannya berikut.

Surganya Para Pemburu Produk dengan Harga Miring

Seperti yang sudah sedikit disinggung di bagian pembuka tadi, Batam merupakan rumah dari barang-barang berkualitas dengan banderol murah. Serius, ketika ke sini kamu akan mudah mendapatkan produk-produk branded yang harganya bersahabat banget dengan kantong. Dan ini biasanya berlaku untuk barang-barang yang paling dibutuhkan orang zaman sekarang. Mulai dari fashion, elektronik, dan lain sebagainya.

Barang murah di Batam [Image Source]
Lantaran fenomena unik ini, banyak orang-orang yang pergi ke Batam dengan tujuan belanja. Sayangnya nih, ada rumor-rumor yang mengatakan kalau belanja di Batam harus jeli karena beberapa barang ternyata rekondisi alias dipermak dengan tujuan terlihat meyakinkan. Soal barang murah di Batam ini, sepertinya dalam waktu dekat pemerintah bakal memberlakukan regulasi baru.

Batam Punya Siaran Televisi Tiga Negara

Tak cuma barang murah, hal unik lainnya di Batam adalah soal televisinya. Tidak seperti kita yang saluran televisinya lokal dan nasional, di sana kita bakal mendapati chanel televisi luar negeri. Tidak memakai alat khusus, layanan seperti ini bisa didapatkan dengan antena biasa bahkan in door alias dalam rumah.

Menikmati saluran televisi luar negeri gratis [Image Source]
Kenapa bisa begini tak lain karena Batam berdekatan dengan Singapura dan Malaysia. Lantaran jarak yang tidak jauh, akhirnya kota ini semacam kecipratan sinyal saluran dari negara tetangga. Alhasil, warga Batam pun bisa menikmati siaran luar negeri dengan gratis tis tis. Sesuatu yang jarang didapatkan di kota lain, kan?

Menikmati Jajan Malaysia di Batam

Tidak hanya kecipratan saluran televisi luar negeri, di Batam kita juga bisa menemukan jajan-jajan dari negeri sebelah. Jadi, kalau kita mampir ke toko-toko yang ada di kota ini, maka bakal mudah mendapati kue-kue yang bungkusnya berbahasa Melayu atau Inggris. Cukup unik ya?

Banyak jajan luar negeri [Image Source]
Alasan kenapa jajan-jajan luar negeri ada di sini lagi-lagi tak lain karena jaraknya yang berdekatan. Fenomena semacam ini sebenarnya lumrah. Di Kalimantan kita juga bakal mendapatkan makanan-makanan kemasan Malaysia. Terlepas dari segala kontroversi dan semacamnya, tapi ini juga bisa dikatakan keunikan yang tak semua negara mengalaminya.

Salah satu kota dengan infrastruktur terunggul

Kamu yang memerhatikan nilai estetika suatu kota juga pasti akan kagum dengan apa yang ditawarkan kota ini. Jalanan lebar yang terhampar membuat kita nyaman ketika berwisata menggunakan kendaraan. Pemerintah sendiri memang melarang pembangunan di pinggir jalan protokol. Kerennya, di kota ini kamu juga akan jarang melihat kesemrawutan rangkaian kabel listrik seperti yang biasa kamu temui di kota besar lainnya. Semua jaringan listrik telah ditanam sedemikian rupa di dalam tanah.

Bandara Hang Nadim [Image Source]
Kehandalan pembangunan infrastruktur tak hanya bisa kita lihat dari jalan dan perniknya saja, tapi juga bandara yang ada di kota ini. Ya, bandara ini bernama Hang Nadim yang keunikannya luar biasa. Hal tersebut tak lain adalah landasan pacu atau run way-nya yang luar biasa panjang, bahkan disebut yang terpanjang se Asia Tenggara. Jauhnya sendiri adalah 4025 meter. Luar biasa, bukan?

Inilah Batam, kota dengan berbagai keunikan yang jarang dijumpai di banyak kota di Indonesia. Dan dengan segala yang dipunyainya ini, tak heran kalau kemudian Batam sering jadi alternatif utama untuk wisata di Sumatera. Luar biasa memang salah satu kota paling ujung di Indonesia ini.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules Inilah Mongrel Mob, Gangster Selandia Baru yang Namanya Mulai Jadi Pembicaraan di Dunia 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Miris! Bukan Kebahagiaan, Pengantin Ini Malah Dibuat Malu oleh Wedding Organizer 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Kisah John Kei, Preman Gahar Sang 'Godfather of Jakarta' yang Kini Menempuh Jalan Kebenaran Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA