Terkuaknya Fakta Terbaru Beras Plastik Yang Meresahkan

oleh Adi Nugroho
12:27 PM on May 23, 2015

Setelah seminggu penuh kasus beras plastik meledak di media. Akhirnya muncul beberapa fakta yang sangat mengejutkan. Sebelumnya media mengatakan beras-beras itu adalah impor dari China. Lalu masuk ke Bekasi dan menggegerkan warga di sana.

Setelah diadakan pengujian laboratorium ditemukan bahwa beras yang beredar bukanlah beras plastik. Namun beras yang dioplos dengan bahan lain. Ingin tahu seperti apa fakta terbaru beras plastik, mari kita simak selengkapnya.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

1. Beras Plastik Ternyata Beras Oplosan Yang Tidak Kalah Berbahaya

BPOM Bekasi mengatakan jika berdasarkan sampel yang diperiksa, tidak menunjukkan adanya kandungan plastik. Seperti yang sebelumnya beredar di masyarakat hingga menimbulkan sebuah kehebohan yang besar. Di saat harga beras melambung, justru muncul kasus beras palsu yang terbuat dari plastik.

Beras Oplosan [image source]
Beras Oplosan [image source]
Berdasar hasil analisis BPOM Bekasi, beras itu adalah beras biasa. Hanya saja ada kandungan zat kimia yang digunakan dalam pembuatan pipa PVC. Kandungan kimia ini sangat berbahaya meski telah membuktikan jika beras plastik adalah berita bohong.

2. Video Pembuatan Beras Plastik Asal China Itu Bohong

Saat berita ini mulai beredar dan membuat kekacauan. Muncullah video yang menunjukkan bagaimana beras dari plastik dibuat. Dalam video ditunjukkan bagaimana mengolah plastik hingga akhirnya menjadi butiran kecil yang sebelumnya dianggap beras.

https://www.youtube.com/watch?v=TwwRpqSbtlU

Proses yang nampak dari video sebenarnya proses pembuatan biji plastik. Atau bisa kita sebut dengan proses extrusion. Mesin yang digunakan dalam pemrosesan ini adalah mesin berjenis extruder. Plastik awalnya dicairkan dan dimasukkan ke dalam pipa, setelah itu adonan plastik diaduk. Lalu plastik dicetak seperti mi, panjang-panjang dan dibiarkan dingin. Setelah dingin baru dipotong kecil-kecil. Orang yang mengatakan ini proses pembuatan beras plastik, adalah orang yang mengada-ada dan menyulut kegemparan.

3. Plastik Nggak Akan Menyatu Dengan Air

Salah satu sifat dari plastik yang masih anggota turunan hidrokarbon adalah sifatnya yang tidak bisa menyatu dengan air. Jika tidak percaya, coba anda masukkan sendok plastik ke dalam air. Apakah sendok itu akan bercampur dengan air, bahkan setelah dipanaskan?

Plastik Nggak Akan Menyatu [image source]
Plastik Nggak Akan Menyatu Dengan Air [image source]
Dari berita yang beredar, beras plastik terlihat lembek saat dimasak. Seperti bubur berwarna putih. Padahal plastik tidak akan meleleh, kecuali dipanaskan menggunakan api. Seperti pembuatan biji plastik.

4. Masa Jenis Plastik Lebih Rendah Dari Air

Kali ini pelajaran Fisika berguna untuk membuktikan jika beras plastik palsu. Masa jenis plastik lebih kecil dari air. Suatu benda yang terbuat dari plastik akan mengambang di air. Terlebih bentuknya kecil. Tidak mungkin tenggelam dalam air.

Mengapung di Air [image source]
Mengapung di Air [image source]
Beras plastik dikatakan bisa menyatu dengan air, bahkan menyerap air hingga lembek. Dua zat berbeda masa jenis, seperti air dan plastik tidak akan menyatu. Sampai kapan pun.

5. Beras Plastik Adalah Campuran Plastik Dan Umbi-Umbian

Setelah alasan masa jenis dan sifat kimia. Kini muncul lagi dugaan beras plastik ini terbuat dari plastik dan umbi-umbian. Umbi dihancurkan lalu dicampur dengan plastik. Setelah itu dicetak.

Umbi-Umbian [image source]
Umbi-Umbian [image source]
Namun perlu diketahui, jika titik didih plastik di atas 100 derajat Celcius. Bahkan ada yang mencapai 260 derajat Celcius. Umbi-umbian akan gosong pada suhu setinggi itu. Tidak akan mungkin menyatu dengan plastik hingga dicetak menjadi beras.

Benar atau tidaknya beras plastik, kita tetap harus waspada. Ada baiknya kita melengkapi informasi mengenai desas-desus yang ada dan selektif memilih apa yang kita konsumsi. Terlebih beras adalah makanan wajib bagi kita semua. Jika kita tidak menjaga apa yang kita makan, bagaimana kesehatan bisa kita lindungi?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA