7 Fakta Tentang Hitler yang Jarang Diketahui Orang

oleh Norman Duarte
08:57 AM on Aug 1, 2015

Nama Adolf Hitler sudah menjadi nama yang sinonim dengan teror, totaliter dan pembunuhan massal. Pemimpin asal Jerman ini sangat terkenal dengan genosida (pemusnahan massal sebuah ras) terhadap kaum Yahudi, serta perang dunia yang diciptakannya.

Ada beberapa fakta menarik yang jarang diketahui orang mengenai sosok yang amat sangat ditakuti dunia lebih dari setengah abad yang lalu ini. Mari kita simak fakta-fakta yang menarik ini.

Baca Juga
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi

1. Tengkorak Wanita

Hitler dikabarkan melakukan bunuh diri saat pasukannya kalah, dan kota Berlin diserbu pasukan sekutu yang dipimpin Amerika dan Uni Soviet. Ia katanya menembak kepalanya sendiri dengan pistol di dalam sebuah bunker (tempat persembunyian bawah tanah). Sesudah itu ia berpesan kepada beberapa pengikutnya untuk membakar tubuhnya. Saat ditemukan oleh tentara sekutu, tubuh itu sudah gosong dan tak berbentuk lagi.

Tengkorak Wanita
Tengkorak Wanita [ImageSource]
Sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2009 membuktikan bahwa tulang belulang yang ditengarai milik Hitler itu ternyata adalah tengkorak seorang wanita berusia 30 tahunan. Lalu kemana mayat Hitler? Apakah rumor yang mengatakan ia berhasil melarikan diri secara rahasia itu benar adanya? Tak ada seorang pun yang bisa menjawabnya.

2. Menyelamatkan Yahudi

Meskipun dikenal amat sangat anti Yahudi, Hitler ternyata pernah mengampuni beberapa orang Yahudi di Jerman. Ada seorang dokter keturunan Yahudi bernama Eduard Bloch yang dulu memberikan perawatan gratis kepada keluarga Hitler saat diktator ini masih kecil. Sang dokter tidak memungut biaya apapun karena keluarga Hitler dulu sangat miskin. Sang dokter kemudian disebut Hitler sebagai “Noble Jew” (Yahudi yang baik hati), dan mendapat perlindungan khusus dari tentara milik Hitler.

Dr. Eduard Bloch in Arztpraxis
Dr. Eduard Bloch in Arztpraxis [ImageSource]
Selain dokter ini, ada juga supir pribadi Hitler bernama Maurice yang ternyata memiliki darah keturunan Yahudi. Saat itu sang supir menjadi target pembunuhan tentara milik Hitler. Ketika mengetahui hal ini, Hitler mengampuninya dan memberikan perlindungan kepadanya.

3. Menyelamatkan Ekonomi Jerman

Sebelum Hitler berkuasa, Jerman adalah sebuah negara yang telah kehilangan kehormatan karena kalah dalam perang dunia pertama. Saat itu negara Jerman diwajibkan membayar sejumlah uang kepada negara-negara pemenang perang. Bahkan Jerman pun tidak boleh memiliki tentara yang jumlahnya melebihi ketentuan yang diputuskan.

Ketika Hitler naik ke tampuk kekuasaan, ia berhasil merubah ekonomi Jerman 180 derajat! Ia berhasil menciptakan jutaan lapangan pekerjaan bagi rakyat Jerman yang sebagain besar adalah pengangguran. Ia berhasil menciptakan swasembada pangan bagi rakyatnya. Bahkan ekonomi Jerman berkembang pesat melebihi negara-negara Eropa lainnya. Apabila ia tidak menjadi gila dan menyerang negara-negara lain, Hitler mungkin akan dinobatkan sebagai pemimpin dunia terbaik abad 20. Saat ekonomi Jerman tumbuh jaya dan menjadi negara yang paling makmur di dunia, banyak negara yang mencoba meniru keputusan-keputusan jenius yang diambil pemerintahan Hitler.

4. Gerakan Anti Rokok

Diktator ini dikenal sangat anti rokok. Hitler percaya bahwa untuk membuat sebuah ras yang kuat, maka rokok harus dihapuskan seluruhnya. Padahal dulunya Hitler sendiri adalah perokok berat. Ia kemudian berhenti dan mengatakan bahwa “rokok adalah cara orang Indian membalas dendam kepada orang kulit putih yang memperkenalkan minum keras kepada mereka.”

Gerakan Anti Rokok
Gerakan Anti Rokok [ImageSource]
Dimulailah gerakan nasional anti rokok secara besar-besaran. Mulai dari kurikulum sekolah, pamflet-pamflet, dan riset-riset ilmiah. Hitler bahkan memberikan hadiah kepada siapa saja yang berhenti merokok. Di jaman Hitler, Jerman adalah satu-satunya negara yang sukses dengan gerakan anti rokoknya. Bahkan sampai sekarang pun, rekor ini masih belum terpecahkan.

5. Kegiatan Amal

Saat ia dipenjara sebelum berkuasa, Hitler menulis sebuah buku berjudul “Mein Kampf”. Buku itu menjadi sangat laris. Hitler tidak mengambil sedikitpun keuntungan dari penjualan buku ini.

Kegiatan Amal
Kegiatan Amal [ImageSource]
Seluruh keuntungannya disumbangkan untuk kegiatan-kegiatan amal. Sampai sekarang pun dana yang dihasilkan dari penjualan buku ini sangatlah besar. Tetapi tidak ada satu organisasipun yang mau menerima uang amal ini karena menganggapnya sebagai uang haram.

6. Berulang Kali Selamat dari Kematian

Saat ia masih kecil, seorang pendeta menyelamatkannya saat ia hampir tenggelam di sungai. Saat ia dewasa dan masuk ketentaraan dengan pangkat kopral, ia terluka parah dan berhadapan dengan salah seorang tentara Inggris. Tentara Inggris itu mengampuninya dan membiarkannya begitu saja.

Berulang Kali Selamat dari Kematian
Tom Cruise berperan sebagai Claus von Stauffenberg [ImageSource]
Ketika Hitler berkuasa, terhitung ada sekitar 20 lebih usaha pembunuhan yang dilakukan terhadapnya namun semuanya gagal. Yang paling terkenal adalah gerakan 20 Juli yang dilakukan oleh seorang perwira Jerman tampan bernama Claus Von Stauffenberg. Operasi ini dikenal dengan nama Operation Valkyrie. Saat itu Hitler selamat dari sebuah bom yang meledak di dalam ruangan tempat ia sedang rapat. Uji coba pembunuhan ini diangkat dalam sebuah film apik dengan Tom Cruise sebagai pemeran Claus Von Stauffenberg.

7. Menghormati China dan Jepang

Meskipun sangat mengagungkan ras Arya Jerman, Hitler tidak pernah memandang rendah kepada bangsa China dan Jepang. Baginya, kedua bangsa ini memiliki sejarah yang lebih superior ketimbang sejarah ras Arya.

Menghormati China dan Jepang
Menghormati China dan Jepang [ImageSource]
Itulah tadi sekelumit kisah yang tercecer dari sejarah. Di bulan Agustus ini redaksi Boombastis akan mengangkat tema-tema seputar Perang Dunia 2, karena di bulan inilah perang maha dahsyat ini berakhir. Dengan mempelajari sejarah, kita akan lebih bisa memaknai kehidupan manusia.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA