10 Fakta Tentang Finlandia, Negara Eropa Dengan Budaya Asia

oleh wahyu
09:00 AM on Dec 24, 2014

Finlandia dikenal dengan Republik Finlandia. Negara yang terletak dibagian tengah bumi dan masuk dalam wilayah Eropa namun tradisi dari masyarakatnya sangat mirip dengan budaya Asia. Beberapa tradisi yang mirip dengan Asia adalah tentang kehidupan sosial masyarakatnya yang suka bercengkrama sambil menikmati secangkir kopi.

Finlandia mempunyai beberapa hal yang dikagumi banyak orang dan juga beberapa hal yang bisa dianggap aneh telah menjadi tradisi di Negara ini? Apakah itu? Bagi kalian yang ingin berlibur ke Finlandia, perhatikan hal-hal berikut agar liburan Anda semakin berkesan. Berikut ini fakta tentang Finlandia yang membuat orang kagum dan tercengang terhadap Finlandia.

Baca Juga
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala
Disebut Perompak oleh Mantan PM Malaysia, Justru Inilah Fakta Suku Bugis Seorang Pelaut Handal

1.Anak-Anak Finlandiad Mulai Sekolah Ketika Umur 7 tahun

Pendidikan merupakan hal yang terpenting untuk menjadikan manusia seutuhnya. Sehingga, tak jarang orang mencari lembaga terbaik untuk mencari ilmu. Finlandia pun seperti itu, bahkan Finlandia dikenal sebagai negara dengan kualitas pendidikan terbaik di dunia.

Kualitas Pendidikan Finlandia
Kualitas Pendidikan Finlandia

Sistem pendidikan seperti apa yang digunakan Finlandia sehingga mempunyai kualitas yang baik? Selain jumlah guru yang lebih banyak dibanding siswa, anak-anak baru masuk sekolah setelah berumur 7 tahun.

Anak-anak Indonesia mulai sekolah dari sekitar umur 4 tahun. Pelajar Finlandia yang masih anak-anak jarang sekali mendapatkan PR ataupun Ujian hingga mereka menginjak remaja. Tak hanya itu, sekolah di Finlandia semuanya 100% dibiayai oleh pemerintah. Sedangkan untuk guru mereka diharuskan bergelar master(S2).

2. Tidak Ada Telepon Umum

Telepon genggam atau handphone sangat diminati banyak orang dibandingkan telepon umum karena lebih praktis. Konsumen pun lebih bisa dimudahkan dalam berkomunikasi kapanpun dan dimanapun. Tak ada telepon umum di Finlandia karena telepon umum dianggap kurang efektif.

Tidak Ada Telepon Umum
Tidak Ada Telepon Umum

Kemunculan telepon genggam yang bermerek ‘NOKIA’merupakan terobosan baru saat itu. NOKIA adalah salah satu merek telepon genggam yang sangat terkenal. Produknya dikenal hingga hampir seluruh dunia. Nah, Negara pembuat Nokia ini adalah Finlandia.

Finlandia merupakan  ‘rumah NOKIA’. Awal mula terciptanya NOKIA tersebut dikarenakan masyarakat Finlandia merasa kesulitan ketika menggunakan telepon umum yang membutuhkan koin. Sekarang kisah tentang Nokia kabarnya akan dikubur dalam-dalam setelah dibeli oleh Microsoft.

3. Tradisi Copot Sandal Saat Bertamu

Hampir semua orang mempunyai aturan sendiri di rumahnya. Mulai dari tata letak, anggota keluarga, kebersihan dansebagainya.

Tradisi Copot Sandal
Tradisi Copot Sandal

Di Finlandia, layaknya sebagian orang Indonesia, tidak suka jika seseorang memasuki rumahnya tanpa melepas alas kaki. Hal tersebut dianggap tidak menghargai pemilik rumah terutama ibu sebagai tuan rumah yang telah membersihkan rumahnya. Oleh karena itu, jika kalian bertamu di rumah orang Finlandia, jangan lupa lepas alas kaki kalian.

4. Finlandia Negara Paling Bersih Berkat Teknologi

Masyarakat Finlandia sebagian besar mempunyai kebiasaan merokok. Hal tersebut masih wajar. Namun, bagaimana dengan kebiasaan membuang putung rokok sembarangan? Disini hal tersebut wajar. Tetapi tak usah khawatir, karena teknologi di Finlandia tidak diragukan.

Kebiasaan Buang Putung Rokok
Kebiasaan Buang Putung Rokok

Di Finlandia, teknologi dan kebersihan mempunyai hubungan yang erat. Teknologi yang dirancang untuk kebersihan sangat efektif. Jadi, putung rokok yang dibuang sembarangan dapat dibersihkan dengan alat yang diciptakan oleh para ilmuan. Sehingga, meski kebiasaan buruk buang sembarangan masih ada, tapi Finlandia bisa dikenal sebagai Negara yang paling bersih.

5. Satu Orang Menghabiskan 12Kg Kopi/Thn

Mungkin Anda sering melihat masyarakat Indonesia yang sangat senang mengkonsumsi kopi saat bercengkrama bersama. Hal ini juga terjadi di Finlandia.

Para Peminum Kopi
Para Peminum Kopi

Ya! Penduduk Finlandia merupakan penggila kopi. Tak hanya satu cangkir kopi perhari, masyarakat Finlandia bisa menghabiskan berkilo-kilo kopi dalam satu tahun. Penelitian membuktikan bahwa masyarakat Finlandia bisa menghabiskan 12 kg kopi dalam satu tahun.

6. Bayi Tidur Dalam Box Bayi

Bayi Finlandia tidur dalam box bayi. Selama 75 tahun, calon ibu di Finlandia diberikan box bayi oleh pemerintah.

Bayi Tidur Dalam Box Bayi
Bayi Tidur Dalam Box Bayi

Pemerintah menawarkan box bayi atau uang tunai senilai 140 euro, tapi 95% ibu Finlandia memilih box untuk anak mereka. Beberapa orang mengatakan usaha pemerintah ini mengurangi bayi terlantar di Finlandia.

7. Kompetisi Menggendong Istri

Seperti halnya Indonesia, Finlandia juga memiliki banyak kompetisi khas yang menjadi tradisi khusus masyarakatnya.

Kompetisi Menggendong Istri
Kompetisi Menggendong Istri

Finlandia menjadi tuan rumah beberapa kompetisi unik dan aneh seperti kompetisi menggendong istri, kompetisi melempar handphone, dan kompetisi melempar sepatu boot. Kompetisi menggendong istri ini merupakan kompetisi yang diadakan rutin setiap tahunnya. Pemenang dari kompetisi ini akan mendapatkan bir seberat istri si pemenang.

8. Hari Restoran

Di kota Helsinki, Finland memiliki acara spesial yang diadakan empat tahun sekali yang dinamakan Hari Restoran.

Hari Restoran
Hari Restoran

Pada kegiatan ini, warga Finlandia berkesempatan untuk mengatur sendiri sebuah restoran, kafe atau pun bar hanya untuk satu hari. Warga tersebut tidak harus menjadi pegawai pada restoran yang diubahnya, dengan syarat tidak ada alkohol dalam daftar menu yang dibuatnya.

9. National Failure Day

Finland memiliki berbagai macam hari istimewa dalam satu tahun. Seperti halnya Indonesia, warga Finlandia memiliki alasan mengapa hari-hari tersebut patut dan layak diperingati.

National Failure Day
National Failure Day

Salah satu hari yang unik di Finlandia adalah Hari Kegagalan Nasional pada tahun 2010. Hari tersebut di diperingati agar masyarakat Finlandia melihat kepada kesalahan-kesalahan yang telah diperbuat dan tidak akan mengulanginya lagi.

10. Sauna

Ada 2 juta sauna di Finlandia. 99% masyarakat Finlandia mandi sauna setidaknya satu kali seminggu. Bukanlah hal yang aneh bagi masyarakat Finladia untuk telanjang bersama saat bersauna bersama keluarga, kenalan dan rekan bisnisnya.

Sauna
Sauna

Sauna di Finlandia ada yang luas dan bisa dinikmati bersama teman-teman. Pakaian yang digunakan hanyalah pakaian renang dan masyarakat Finlandia menikmati kehangatan sauna bersama. Setelah berpanas-panasan di sauna, biasanya orang Finldia langsung keluar dengan mengenakan pakaian renang. Mereka membuat lubang di es dan berendam sebentar, bahan ada yang bergulung-gulung di salju.

Tertarik dengan segala keunikan Finlandia? Segeralah menetapkan tujuan liburan Anda ke Finlandia dan dapatkan pengalaman yang unik di Finlandia!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA