5 Fakta Tentang Al-Baghdadi, Orang yang Paling Dicari Dunia Saat ini

oleh Rizal
16:47 PM on Jan 7, 2016

ISIS menjadi pembicaraan paling hangat sepanjang setahun belakangan. Bagaimana tidak, mereka dianggap bertanggung jawab atas banyak kejadian besar, terakhir adalah peristiwa menegangkan di Paris beberapa waktu lalu. Tentang ISIS, seperti yang kita tahu, organisasi ini memang tidak pernah main-main. ISIS bukan organisasi abal-abal yang dijalankan dengan malas-malasan, mereka memiliki apa pun. Mereka punya daerah kekuasaan, mereka menguasai aspek ekonomi penting, punya militer, dan juga yang tak kalah penting lagi adalah seorang pemimpin besar. Ya, Abu Bakr Al-Baghdadi namanya.

Al-Baghdadi dianggap sebagai pemimpin tertinggi yang secara tak langsung bertanggung jawab atas semua hal yang dilakukan ISIS. Pihak-pihak luar negeri sangat geram ingin menangkap tokoh satu ini. Namun, Al-Baghdadi dikenal sangat susah terekspose. Ibarat seperti mencari hujan di musim kemarau, hampir mustahil untuk bisa menemukannya begitu saja.

Baca Juga
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi

Untungnya, tak semua hal tentang Al-Baghdadi tertutup jubah hitamnya yang gelap itu. Ada banyak fakta tentang tokoh satu ini yang berhasil terungkap dan ternyata sangat mengejutkan. Berikut ini adalah deretan fakta tentang si pimpinan ISIS yang akan membuatmu tak percaya.

1. Al-Baghdadi Adalah Sosok Super Misterius

Saking misteriusnya, Al-Baghdadi sampai pernah diduga hanyalah tokoh fiktif saja. Tujuannya sendiri adalah untuk memperkuat kesan jika ISIS memang punya pimpinan dan di bawahnya lah organisasi ini beroperasi. Al-Baghdadi benar-benar sangat misterius. Sudah belasan bulan sejak kemunculan ISIS yang pertama kali, hanya ada 2-3 foto yang berhasil mengabadikan sosok sang pemimpin ini.

Hanya segelintir foto tentang Al-Baghdadi yang tersebar di internet [Image Source]
Hanya segelintir foto tentang Al-Baghdadi yang tersebar di internet [Image Source]
Foto di atas adalah ketika ia memberikan pidatonya di Mosul, Irak, sebagai deklarasi berdirinya negara ISIS. Sebenarnya ada beberapa foto lain yang sering diidentikkan dengan Al-Baghdadi. Namun, belum bisa dipercaya kebenarannya.

2. Berapa Usia Al-Baghdadi Saat ini?

Jika fotonya saja hanya ada beberapa gelintir saja, lalu bagaimana bisa kita bisa mengetahui sosok satu ini lebih jauh? Kelihatannya memang seperti hal yang mustahil, hingga akhirnya militer Amerika mulai membuka dokumen-dokumen lamanya dan sangat kebetulan di sana ada nama Al-Baghdadi.

Dari data yang dimiliki militer Amerika, Al-Baghdadi sekarang ini berusia 44 tahun [Image Source]
Dari data yang dimiliki militer Amerika, Al-Baghdadi sekarang ini berusia 44 tahun [Image Source]
Catatan tentang eksistensi Al-Baghdadi ini diambil ketika Amerika melakukan invasinya ke Irak beberapa tahun lalu. Dari data ini diketahui jika pria satu itu lahir di Samarra, sekitar 50 mil dari baghdad, di tahun 1971. Jika demikian, maka Al-Baghdadi sekarang ini berumur sekitar 44 tahun.

3. Al-Baghdadi Pria yang Punya Latar Belakang Pendidikan Tinggi

Banyak pihak yang percaya jika tidak mungkin seorang pemimpin ISIS adalah orang yang biasa-biasa saja. Pastilah ia memiliki kelebihan tertentu yang membuatnya menjadi ketua dari banyaknya orang-orang itu. Faktanya, Al-Baghdadi memang bukan orang biasa. Dari sisi akademik, pria ini adalah lulusan master.

Pria satu ini ternyata mengenyam pendidikan tinggi di salah satu kampus di Baghdad [Image Source]
Pria satu ini ternyata mengenyam pendidikan tinggi di salah satu kampus di Baghdad [Image Source]
Al-Baghdadi diketahui belajar di Universitas Baghdad dan mengambil jurusan Ilmu Keislaman. Para pakar kemudian mengira-ngira kalau dari sini karirnya makin meningkat. Al-Baghdadi kemudian pelan-pelan tapi pasti berhasil membentuk jaringan kelompoknya sendiri hingga akhirnya menjadi ISIS yang seperti sekarang ini.

4. Pemerintah Amerika Serikat Membanderol Mahal Kepala Al-Baghdadi

ISIS dan Al-Baghdadi sudah masuk dalam catatan daftar teroris paling berbahaya di dunia, menurut FBI-nya Amerika. Hal ini berbuntut pada usaha pengenyahan ISIS untuk selamanya. Untuk makin mensukseskan misi tersebut, pemerintah Amerika Serikat pun memberi semacam bounty atau hadiah bagi siapa pun yang mampu membawakan mereka kepala Al-Baghdadi.

Amerika menghargai kepada Al-Baghdadi sebesar $ 10 juta [Image Source]
Amerika menghargai kepada Al-Baghdadi sebesar $ 10 juta [Image Source]
Bounty-nya sendiri tak main-main, pemerintah AS membanderolnya dengan uang tunai sebesar $ 10 juta atau sekitar Rp 138,6 miliar. Harga ini sangat masuk akal mengingat Al-Baghdadi adalah orang yang paling dicari sekarang ini.

5. Al-Baghdadi Agen Mossad Israel?

Banyak orang yang berspekulasi tentang ISIS ini. Ada yang bilang mereka adalah ‘organisasi buatan’ dengan tujuan untuk membuat gaduh negara-negara Arab sehingga yang lain bisa mengambil untung dari situ. Soal dugaan dan spekulasi, hal tersebut juga menimpa Al-Baghdadi. Dikatakan, jika tokoh satu ini ternyata adalah seorang agen Mossad alias badan intelijen Israel.

Foto ini jadi salah satu bukti atas anggapan Al-Baghdadi adalah agen Mossad [Image Source]
Foto ini jadi salah satu bukti atas anggapan Al-Baghdadi adalah agen Mossad [Image Source]
Jika benar demikian, apakah berarti Al-Baghdadi seorang yahudi? Ya, benar. Salah satu media Perancis bahkan mengatakan secara gamblang jika Al-Baghdadi lahir dari kedua orangtua yahudi. Nama asli Al-Baghdadi sendiri adalah Simon Elliot.

Inilah sekelumit yang bisa diketahui tentang sosok Al-Baghdadi. Pria paling dicari ini benar-benar misterius. Kita tak bisa mengatakan ini benar atau tidak, pasalnya mencari kebenaran di luar sana sama sulitnya mencari jarum pentul di tumpukan rumput kering. Jadi, biarkan saja waktu yang akan mengungkap siapa sosoknya yang sebenarnya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA