5 Fakta Turki ini Akan Membuatmu Takjub dan Pengen Mampir

oleh Rizal
07:00 AM on Mar 26, 2016

Ketika membahas Turki, selalu yang identik adalah gadis-gadis cantiknya. Ya, memang tidak menampik jika wanita-wanita di negara ini aduhai luar biasa, tapi tak hanya itu yang membuat Turki menjadi sangar. Bangunan bersejarah, lansekap alamnya, kebudayaannya, adalah faktor lain yang membuat Turki dikagumi.

Tentang Turki, negara ini bisa dibilang punya masa lalu yang unik. Ia terbentuk dari zaman Romawi kuno sampai dinasti Ottoman. Turki adalah saksi hidup tentang kehidupan masa lalu para kerajaan besar di dunia. Hal tersebut kini masih bisa disaksikan sekarang ini lewat peninggalan-peninggalan bersejarah yang ada di negara ini.

Baca Juga
5 Fakta Gahar Pesawat Buatan Anak Bangsa N219 yang Bakal Bikin Negara Tetangga Iri
Deretan 10 Paskibraka Cantik Pembawa Bendera Pusaka Di Upacara Istana Kepresidenan yang juga Pantas Membawa Hatimu

Mengunjungi Turki akan jadi pengalaman yang sangat menyenangkan. Tapi, sebelum itu, simak dulu deretan fakta-fakta hebatnya yang ternyata tidak semua orang mengetahuinya.

1. Turki Memiliki Pasar Tertua dan Terbesar di Dunia

Pasar sudah pasti jadi tempat yang dikunjungi ketika mampir ke sebuah negara. Entah untuk melihat aktivitas masyarakat setempat atau mungkin berburu oleh-oleh. Soal pasar, di Turki ada sebuah pasar yang luar biasa dan ikonik serta sudah terkenal seantero dunia. Nama tempat ini adalah Grand Bazaar.

Grand Bazaar [Image Source]
Grand Bazaar [Image Source]
Ketika ada di tempat ini, ajaklah seseorang karena kamu mungkin akan tersesat takkan bisa pulang. Serius, pasar ini luasnya berhektar-hektar dengan lorong-lorong yang sangat membingungkan. Ada sekitar 3000an toko di sini yang masing-masing menjual pernik khas Turki. Pasar ini konon sudah ada sejak tahun 1455 dan dibangun tak lama setelah Ottoman menguasai Konstantinopel.

2. Santa Claus Ternyata Lahir di Tanah Turki

Sekitar 99 persen penduduk Turki itu Muslim, namun siapa sangka negara ini jadi tempat yang sangat ikonik dengan umat Kristiani. Ya, beberapa daerah di Turki yang konon menjadi tempat-tempat penting bagi perjalanan umat Kristen. Salah satunya adalah Patara di mana dikatakan ini merupakan tempat lahirnya Saint Nicholas alias Santa Claus.

Santa Claus [Image Source]
Santa Claus [Image Source]
Tak hanya itu, dikatakan pula jika sebuah daerah di Turki dijadikan tempat peristirahatan oleh Virgin Mary, tepatnya di sebuah tempat bernama Ephesus. Tak cukup dengan itu, menurut umat Kristiani Abraham juga lahir di sebuah tempat di Turki bernama Sanliurfa.

3. Pemilik Asli Tulip Bukan Belanda, Tapi Turki

Tulip selama ini selalu diidentikkan dengan Belanda. Orang-orang menganggap jika negeri Oranje itu yang pertama kali menemukannya lalu dijadikan semacam ikon negara. Bukan, ternyata bukan Belanda yang lebih dulu menemukan Tulip, melainkan Dinasti Ottoman.

Bunga Tulip [Image Source]
Bunga Tulip [Image Source]
Ya, tulip pertama kali ditumbuhkan di tanah Turki oleh orang-orang dinasti Ottoman. Di Abad 16 baru kemudian Belanda mulai kenal dengan tulip setelah salah seorang perwakilan Turki membawa bibit bunga indah ini ke sana. Tak hanya penemu tulip pertama, Turki juga yang mengenalkan kopi dan buah ceri ke Eropa.

4. Kapal Nabi Nuh Diduga Ditemukan di Turki

Tak hanya Islam, umat Yahudi dan Kristen juga percaya akan kisah Nabi Nuh dan bahtera raksasanya. Diceritakan jika dunia pernah mengalami banjir raksasa dan Nabi Nuh diberi wahyu untuk membuat sebuah kapal besar. Bertahun-bertahun peneliti mencari bukti kapal besar ini, hingga akhirnya mereka mendapati jejak kapal ini di Gunung Ararat, Turki.

Kapal Nabi Nuh [Image Source]
Kapal Nabi Nuh [Image Source]
Para peneliti memang masih belum yakin 100 persen jika apa yang mereka temukan di Gunung Ararat adalah kapal Nabi Nuh. Namun dari sampel yang diambil berupa karbon, usianya memang sudah sangat tua. Tentang kapal Nabi Nuh di Gunung Ararat ini, masih banyak yang tidak percaya meskipun tak sedikit pula yang mengakuinya.

5. Tradisi Menyambut Tamu di Turki Bikin Bahagia

Terlepas dari segala tempat atau temuan unik di Turki, hal yang justru membuat negara ini keren adalah kebiasaan penduduknya yang unik dan menyenangkan. Misalnya saja adat menyambut tamu. Percaya atau tidak, ketika mendatangi sebuah rumah di sana, padahal kita tak kenal dengan penghuninya, kita justru akan dilayani dengan baik.

Jadi tamu di Turki [Image Source]
Jadi tamu di Turki [Image Source]
Ya, menurut orang Turki tamu tak dikenal yang mampir adalah tamunya Tuhan. Oleh karena itu, kemudian tamu tak dikenal ini biasanya bakal diberikan makanan yang enak-enak disuruh tinggal setidaknya selama tiga hari. Ya, beginilah potret ramahnya orang-orang Turki terhadap orang asing.

Sudah jutaan orang terbuai oleh indahnya Turki yang menawan ini. Jika ada kesempatan, sangat disarankan untuk mengunjungi negara satu ini. Bersiap-siaplah dipuaskan dengan banyak hal. Tak hanya pemandangan indah dari para gadisnya saja, tapi juga hal-hal unik lain yang cuma ada di sini.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules 15 Potret Nona Berlian, Pemeran Ronaldowati yang Kini Cantiknya Tak Kalah dari Gadis Korea Tak Hanya Fenomena Gancet, Ternyata ‘Cupang’ Juga Bisa Membuat Orang Meninggal 7 Fakta Tentang Dunia Esek-Esek Jepang yang Bakal Membuatmu Tercengang Kabar Terbaru Dicky Haryadi, Kontestan AFI 1 yang Dulu Pernah Bikin Para Cewek Meleleh Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Cantik dan Soleha, Putri Sulung Almarhum Uje ini Bikin Cowok Rela Ngantri Jadi Imamnya 5 Bercandaan Presiden Soekarno yang Lebih Kocak Dari Stand Up Comedy Wanita Ini Bikin Geger Gara-Gara Mengaku Sebagai Nabi Terakhir dan Punya Kitabnya Sendiri
BERITA TERKAIT
BACA JUGA