Fakta Kehidupan Sungai Gangga yang Akan Membuatmu Bergidik

oleh Tetalogi
07:00 AM on Nov 1, 2015

PERINGATAN: Kami mohon maaf apabila gambar di dalam artikel ini kurang berkenan untuk anda.

Sungai Gangga adalah sungai yang terkenal di India karena sungai ini merupakan sumber kehidupan yang penting bagi masyarakat India. Di sungai yang mengalir dari India hingga Bangladesh inilah mereka menggantungkan segala kebutuhan sehari-hari. Sungai ini juga dianggap sebagai sungai paling suci bagi umat agama Hindu di India.

Baca Juga
6 Alasan Kenapa One Piece Nggak Pernah Bikin Penggemar Bosen Meski Sudah 20 Tahun
Inilah 4 Alasan Mengapa Profesi TKI Bisa Bikin Seseorang Jadi Kaya Mendadak

Baca Juga : Sungai Nil di Afrika yang Menjadi Sungai Terpanjang Sedunia

Meskipun dianggap suci, sungai yang sumbernya berasal dari gletser Gangotri di Himalaya ini ternyata menyimpan beberapa fakta yang cukup bikin ngeri, lho. Namun fakta-fakta tersebut tidak menghentikan masyarakat India untuk tetap melakukan kegiatan sehari-harinya di sungai tersebut.

1. Saluran Pembuangan dari Kota-kota dan Berbagai Pabrik Berakhir di Sungai Gangga

Seperti halnya kota-kota lain, berbagai kota di India juga memiliki sistem pembuangan agar kota tetap bersih. Sayangnya banyak kota dan pabrik mengarahkan saluran pembuangan ini ke Sungai Gangga. Belum lagi sisa-sisa persembahan dengan bungkus plastik yang tidak bisa diuraikan sehingga membuat sungai ini menjadi kotor dan mengandung banyak limbah.

Sungai Gangga yang kotor [Image Source]
Sungai Gangga yang kotor [Image Source]
Varanasi, salah satu kota suci di dekat sungai Gangga mengalirkan sekitar 200 juta liter limbah kotoran manusia yang belum diolah langsung ke sungai ini. Padahal, masih di kota yang sama jutaan manusia berkunjung untuk melakukan kegiatan suci berendam di sungai Gangga. Tentu saja masalah polusi ini menjadi perhatian penting bagi pemerintah mengingat sungai ini adalah bagian dari kegiatan keagamaan umat Hindu India.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA