5 Fakta Mencengangkan Suku Tarahumara, The Flash Dunia Nyata yang Kemampuannya Menggemparkan

oleh Rizal
13:35 PM on Jul 25, 2016

Masing-masing suku di dunia punya keistimewaannya sendiri. Suku Dayak dengan senjatanya, suku-suku Afrika dengan ritual gilanya, atau suku di Asia Tengah yang wanitanya sangat aduhai. Berbicara soal keunikan, suku bernama Tarahumara ini pun memilikinya. Bukan senjata atau ritual gila, mereka dikenal akan kemampuan larinya yang istimewa.

Ya, suku ini orang-orangnya adalah para pelari gila. Tak hanya sangat cepat, tapi mereka bisa konstan melakukan hal tersebut sampai berhari-hari. Cheetah dan kuda mungkin sangat cepat, tapi mereka takkan pernah bisa berlari dalam waktu yang sangat lama. Dan orang-orang Tarahumara mampu melakukan itu. Makanya, tak mengherankan kalau mereka disebut sebagai The Flash di dunia nyata.

Baca Juga
Fakta Silat Marunda, Warisan Maut Si Pitung yang Bikin VOC Terkencing-kencing Tak Berdaya
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting

Masih tentang si suku pelari tercepat di muka Bumi, berikut adalah fakta-fakta dari Tarahumara yang pasti bakal bikin kamu geleng-geleng kepala.

1. Kemampuan Lari Gila Orang Tarahumara

Dengan kemampuan lari 38,1 kilometer per jam, Usain Bolt mencatatkan dirinya sebagai pelari tercepat di muka Bumi. Bolt memang sangat cepat, tapi kalau diadu dengan orang-orang Tarahumara, maka sang sprinter tercepat ini bakal ampun-ampunan. Orang-orang Tarahumara pasti sangat bisa mengimbangi kecepatan Bolt.

Kemampuan berlari mengesankan [Image Source]
Kemampuan berlari mengesankan [Image Source]
Sejak ratusan tahun lalu, orang-orang dari suku yang ada di pedalaman Meksiko ini sudah terkenal pamornya soal lari cepat. Bahkan saking cepatnya, orang-orang Tarahumara bisa menuruni gunung hanya dalam waktu 90 menit. Padahal, dengan jarak yang sama kita akan menghabiskan 10 jam dengan menaiki keledai yang berlari cukup cepat. Sangat gila memang orang-orang ini, maka tak heran kalau orang-orang Tarahumara dikatakan bisa berlari menyaingi kecepatan kuda atau bahkan Cheetah.

2. Tak Cuma Tentang Lari Cepat

Hal yang gila soal kebiasaan lari orang Tarahumara bukan hanya kecepatan, tapi juga seberapa lama mereka melakukan itu. Semua orang memang bisa berlari cepat, namun ada batasnya. Dan itu pun tak mungkin lebih dari 30 menit. Usain Bolt pun akan pingsan kalau disuruh sprint selama itu. Tapi, orang-orang Tarahumara tidak demikian, mereka sanggup berlari cepat tanpa memperdulikan waktu.

Endurance gila orang Tarahumara [Image Source]
Endurance gila orang Tarahumara [Image Source]
Ya, mereka sudah sangat terbiasa melakukan aktivitas itu berhari-hari. Jadi, tak peduli siang malam, kalau mereka masih berkehendak, maka kaki akan selalu siap dikayuhkan. Sebenarnya kemampuan gila ini hanya faktor kebiasaan saja. Tapi, kebiasaan orang-orang  Tarahumara bisa dibilang ekstrem. Ya, mereka terbiasa berlari sekitar 320 km dalam satu sesi saja.

3. Hanya Bermodal Kaki dan Sendal Sederhana

Para atlet pelari cepat bisa berlari kilat salah satunya lantaran didukung oleh peralatan memadai. Mulai baju ringan, sampai sepatu berteknologi tinggi. Nah, jika pelari dunia kebanyakan seperti itu, ternyata orang-orang Tarahumara tidak melakukannya. Ya, tanpa adanya pernah-pernik pendukung mereka bisa menunjukkan performa gila.

Hanya memakai alas kaki sederhana [Image Source]
Hanya memakai alas kaki sederhana [Image Source]
Biasanya, mereka berlari hanya menggunakan sandal sederhana yang sangat tipis. Bahkan para peneliti juga yakin kalau di masa lalu orang-orang Tarahumara berlari tanpa alas kaki. Kalau dibayangkan tentu hal ini menyakitkan. Track mereka adalah gunung-gunung yang jelas areanya berbatu-batu, tapi orang-orang ini melakukannya seperti ini track lurus saja. Benar-benar edan!

4. Masyarakat Tarahumara Berlari Untuk Hidup

Bukan tanpa alasan kenapa orang-orang Tarahumara bisa diberkahi kemampuan lari yang supergila ini. Ya, alasan utamanya adalah karena tanpa lari mereka takkan bisa hidup. Orang-orang Tarahumara masih menganut sistem hidup kuno di mana mereka harus berburu. Nah, untuk berburu mereka tak cuma pakai senjata tapi juga diimbangi dengan lari cepat.

Berlari untuk berburu dan hidup [Image Source]
Berlari untuk berburu dan hidup [Image Source]
Lari adalah cara hidup dan senjata terpenting orang-orang Tarahumara. Tak hanya untuk berburu tapi juga berbagai aspek penting lainnya dalam hidup. Entah itu ketika melewati musim dingin yang jahat, mencari kayu bakar di hutan yang jauh di sana, berkirim pesan ke desa-desa lain, semua ini bisa diselesaikan dengan lari cepat. Setidaknya begitu menurut orang-orang Tarahumara.

5. Rahasia Menu Makan Orang Tarahumara

Ada beberapa alasan kenapa orang-orang Tarahumara bisa berlari cepat. Pertama karena mereka memang latihan sejak kecil untuk itu, serta kedua adalah menu makan masyarakat Tarahumara yang unik dan berbeda. Ya, untuk bisa berlari cepat, ternyata orang-orang ini punya menu makanan sendiri.

Biji Chia [Image Source]
Biji Chia [Image Source]
Menurut pria bernama Tony Ramirez yang sudah meneliti suku ini dalam waktu yang cukup lama, ia mengatakan kalau menu orang-orang Tarahumara benar-benar unik. Mereka biasa memakan kacang-kacangan, labu, sayuran-sayuran hijau dan juga tumbuhan biji bernama Chia. Sumber makanan ini dikatakan sebagai penyebab orang-orang Tarahumara bisa berlari cepat.

Tak hanya deretan jenis makanan unik, orang-orang Tarahumara juga minum bir buatan mereka sendiri yang dibuat dari jagung, air gula, dan jeruk nipis. Ramuan ini juga dikatakan sebagai asupan para Tarahumara untuk mampu melesat seperti Cheetah.

Kita mungkin mengira The Flash hanya ada di film atau komik saja. Nyatanya, manusia-manusia dengan kemampuan lari kilat itu ternyata ada di dunia ini. Makanya, tak heran kalau gara-gara kemampuan ini, suku Tarahumara yang sebelumnya tak pernah diketahui orang jadi punya nama yang mentereng di dunia.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA