5 Fakta Satbravo-90, Pasukan Elit Termuda TNI yang Tak Kalah Gila dari Para Senior

oleh Rizal
13:01 PM on Jul 1, 2016

Ketika membicarakan satuan elit, maka kita pasti akan menyebutkan nama-nama tenar seperti Kopassus, Kopaska, Tontaipur, atau si sangar Denjaka. Memang deretan nama ini begitu luar biasa, tapi masih ada satu lagi satuan elit yang juga tak kalah gila. Namanya adalah Detasemen Bravo 90 atau yang disingkat Satbravo-90.

Nama satu ini mungkin jarang kita dengar. Cukup masuk akal karena satuan ini adalah yang paling muda di antara lainnya. Satbravo sendiri dibentuk pada tahun 1990 atau sudah berusia hampir 26 tahun. Meskipun termuda, tapi jangan pernah anggap bocah satuan ini. Satbravo punya kemampuan yang bahkan bisa disejajarkan dengan Denjaka dan lainnya, atau kalau di dunia adalah Navy SEAL, Mossad atau SAS-nya Inggris.

Baca Juga
Tak Banyak yang Tahu, Inilah Aksi Hebat Kepolisian Indonesia yang Begitu Disegani di Dunia
6 Cara Ini Bisa Dipakai Agar Tragedi ‘Panjat Pinang Maut’ Tak Terjadi Lagi

Satbravo keren, tapi mereka kalah popularitas dari kakak-kakaknya. Makanya, kali ini Boombastis akan menyajikan segala hal tentang satuan ini. Lalu, seperti apa kegilaan mereka? Simak ulasannya berikut.

1. Mereka Adalah Pasukan Elitnya Satuan Khusus

Kalau dilihat dari hierarkinya, Satbravo ini berinduk pada Paskhas AU, lalu berinduk lagi kepada TNI AU. Dari sini kita bisa bilang kalau Satbravo adalah satuan elitnya pasukan khusus, karena level Paskhas sendiri sudah masuk dalam pasukan khusus. Dari sini pula kita sudah bisa bayangkan kualifikasi gila macam apa yang dimiliki para anggota Satbravo.

Satuan elit Satbravo [Image Source]
Satuan elit Satbravo [Image Source]
Pasukan ini adalah hasil seleksi dari Paskhas yang kemudian masih disaring lagi dengan sangat-sangat ketat. Mereka kemudian akan melakukan serangkaian tes gila yang nantinya akan mendapatkan poin kemudian diakumulasikan. Nah, dari sini kemudian peringkat-peringkat terbaik akan diambil sebagai anggota Satbravo.

2. Kemampuan Gila Para Anggota Satbravo

Lantaran satuan ini berinduk pada TNI AU, maka rata-rata kemampuan terbaik para anggota Satbravo adalah soal misi-misi udara. Beberapa kualifikasi mereka adalah melakukan penghancuran pangkalan udara musuh, menyelamatkan sandera dari dalam pesawat, terjun dengan semua ragam tekniknya, serta masih banyak lagi yang lain.

Menyelamatkan sandera dari dalam pesawat [Image Source]
Menyelamatkan sandera dari dalam pesawat [Image Source]
Meskipun mereka AU, tapi Satbravo sangat menguasai darat dan laut. Untuk itu mereka juga berbekal kemampuan menyelam yang tak kalah gila dari Pasukan Katak, dan bisa menyerbu darat dengan berbagai macam tekniknya ala Satgultor atau Raider. Satbravo sendiri adalah pasukan yang bisa ditempatkan di mana saja sesuai kebutuhan.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA