in

5 Fakta Sangar Tentang Prajurit Mongol yang Melegenda

5. Seringkali, Pasukan Mongol Kalah Jumlah dan Menang

Mungkin ada ratusan peperangan yang sudah dijalani oleh pasukan Mongol. Bisa dibilang mereka memenangkan mayoritas dari peperangan tersebut. Walaupun pada kenyataannya, dalam meraih kemenangan itu Mongol seringkali kalah jumlah.

Mereka sedikit tapi mematikan dan pintar [Image Source]
Mereka sedikit tapi mematikan dan pintar [Image Source]
Kalah jumlah bukan berarti menyerah. Sebagai salah satu pasukan elit terbaik di zamannya, Mongol pun mengakali keadaan timpang tersebut dengan mengatur strategi-strategi. Salah satunya dengan melakukan formasi membentang dan memutar. Ketika pasukan musuh melihat ini, mereka akan menganggap jika di belakang formasi tersebut ada banyak pasukan yang siap serang. Padahal pasukan Mongol tak memiliki apa pun.

Kadang mereka juga menggunakan strategi ekor kuda dengan memasangkan sebuah tongkat di belakang tunggangan mereka. Tujuannya agar kuda tersebut menciptakan lebih banyak debu sehingga terkesan jika di belakang mereka masih banyak pasukan yang lain.

Baca Juga : 5 Jenderal Perang Paling Mematikan Sepanjang Sejarah

Begitulah potret pasukan Mongol yang legendaris itu. Satu hal lagi yang membuat mereka hebat adalah kepatuhan kepada pemimpin. Ya, pasukan Mongol dikenal sangat loyal kepada pemimpinnya. Bahkan mereka rela mati agar sang pemimpin bisa tetap hidup dan terlindungi. Sikap patriotisme ini yang membentuk pribadi ksatria pasukan Mongol. Berbekal semua itu, maka sangat tidak mengejutkan jika mereka sampai pernah menguasai hampir separuh dunia.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Bila 5 Hal Ini Terjadi, Indonesia Akan Kembali Menjadi Macan Asia

7 Hal Mengerikan ini Akan Terjadi Jika Kamu Tidak Tidur Sama Sekali