5 Fakta Sangar Tentang Prajurit Mongol yang Melegenda

oleh Rizal
07:00 AM on Nov 30, 2015

Kembali ke masa di mana dunia masih dalam pergolakan besar, Mongolia adalah salah satu bangsa yang namanya paling terkenal di antara yang lain. Ya, kita pasti tidak pernah lupa akan jumawanya mereka dalam menaklukkan bangsa-bangsa dan kerajaan di dunia. Persia dan Kekaisaran Islam adalah beberapa korban dari kebengisan mereka. Sehingga tak heran jika kala itu wilayah jajahan Mongolia bisa mencapai lebih dari sepertiga dunia.

Baca Juga : 7 Fakta Kerajaan Majapahit yang Telah Dilupakan Sejarah

Baca Juga
Di 5 Negara Ini Nilai Rupiah Luar Biasa Tinggi, Orang Indonesia ke sana Dijamin Langsung Kaya
Parakang, Makhluk Mistis Asal Sulawesi Selatan yang Dipercaya Bisa Berubah Wujud Jadi Apa Saja

Prestasi ini tak banyak diraih bangsa lain di dunia dan jadi yang paling fenomenal sepanjang zaman. Namun Mongolia sejatinya hanya bangsa kecil yang tidak mampu apa-apa. Raihan gila tersebut salah satunya adalah berkat hebatnya para pemimpin mereka sekelas Jengis Khan dan Kubilai Khan, namun tak lupa yang terpenting lagi adalah prajurit Mongol yang luar biasa itu.

Prajurit Mongol, mereka mematikan, gila, bengis dan sepertinya memang terlahir untuk perang. Mereka adalah bukti paling nyata di balik kejayaan Mongol yang gila itu. Faktanya, bangsa Mongol memang salah satu pemilik elite militer yang terhebat saat itu. Nah, berikut adalah fakta-fakta tentang mereka yang akan membuatmu tercengang.

1. Usia Tiga Tahun, Bocah Mongol Sudah Bisa Berkuda dan Pakai Panah

Mongol dulu adalah bangsa nomaden yang menghabiskan hidupnya dengan berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Oleh karenanya, sudah jadi kewajiban bagi setiap orang di Mongol untuk bisa tahu cara berkuda. Bahkan termasuk para bocah-bocah.

Bocah tiga tahun Mongol sudah sangat mahir mengendarai kuda dan menggunakan panah [Image Source]
Bocah tiga tahun Mongol sudah sangat mahir mengendarai kuda dan menggunakan panah [Image Source]
Ya, sejak kecil bocah-bocah Mongol dilatih untuk bisa menaiki kuda. Tahun pertama, mereka akan dilatih oleh sang ibu. Biasanya, di usia ini anak hanya akan diikat di samping kuda. Lalu beranjak setahun kemudian, mereka sudah dipastikan ahli mengendalikan kuda. Bahkan di umur tiga tahun, busur dan panah-panah sudah jadi aksesoris yang tidak bisa mereka lepaskan. Makin bertambah usianya, makin berat latihan yang mereka jalani. Sehingga tak heran di usia belasan anak-anak ini sudah sangat jago dan mematikan.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA