Fakta Sangar Hercules, Preman Ganas yang Pernah Ditakuti Seantero Jakarta

oleh Endah Boom
14:43 PM on Jan 3, 2017

Sang Preman Tanah Abang yang satu ini disegani banyak orang. Siapa saja yang mendengar namanya pasti langsung bergidik ngeri. Dia adalah Hercules. Namanya mungkin sama dengan salah satu tokoh mitos manusia setengah dewa, putra dari Zeus. Tapi ia lebih dikenal sebagai preman senior yang namanya kerap dihubungkan dengan sejumlah tokoh pejabat dan orang penting di Indonesia.

BACA JUGA: Mat Peci, Bandit Berdarah Dingin yang Pernah Bikin Indonesia Mencekam

Konon, ia adalah preman berdarah dingin. Pria bernama asali Rozaria Marshal ini merupakan seorang pejuang yang pro NKRI saat terjadi ketegangan di daerah Timor Timur sebelum akhirnya daerah ini merdeka dan lepas dari Indonesia pada tahun 1999. Lalu, bagaimana kisahnya sampai ia kemudian dikenal sebagai preman yang paling disegani? Mari kita ikuti kisahnya di sini.

Hercules Merupakan Nama Sandi di Radio Komunikasi

Julukan Hercules ini ternyata punya kisah sendiri. Sekitar tahun 1975 di Dili, Timor Timur, Rozario bertemu dengan Kolonel (Purn.) Gatot Purwanto. Pada saat itu, Gatot adalah anggota pasukan khusus yang pertama kali terjun dalam rangka mengintegrasikan Timor Timur ke Indonesia. Gatot menjelaskan bahwa Hercules merupakan nama sandi di radio komunikasi. Rozario saat itu menjadi anak buahnya.

Hercules Merupakan Nama Sandi di Radio Komunikasi [Image Source]
Oleh Kopassus, Hercules dipercaya untuk menjaga gudang amunisi. Hercules begitu dipercaya oleh para tentara saat itu. Namun, sayang ia mengalami kecelakaan dalam menjalankan tugasnya tersebut. Diceritakan saat mengirimkan logistik, Hercules mengalami sebuah kecelakaan helikopter. Akibat kecelakaan tersebut, tangan kanannya putus. Hercules pun harus menjalani operasi. Hercules dibawa ke Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto, Jakarta Pusat untuk menjalani operasi. Itulah pertama kalinya Hercules menjejakkan kakinya di ibu kota.

Memiliki Kemampuan Membangun Jaringan yang Luar Biasa

Saat berada di Jakarta, Hercules tak serta merta menjadi preman. Pada awalnya, ia mendapat keterampilan elektronik dan bengkel dari Yayasan Tiara yang ia ikuti. Sosok Hercules dikenal sangat mudah membangun jaringan. Ia pandai berkawan dan juga loyal. Sempat bekerja di sebuah bengkel di Tanah Abang dan pernah tinggal di kolong jembatan, Hercules kemudian memiliki kelompok. Sejumlah temannya yang berasal dari Timor Timur seperti Logo vallenberg, Alfredo Monteiro Pires, Jimmy, Luis, Germano, dan Anis mengikuti jejaknya. Tanah Abang pun jadi daerah kekuasaannya.

Memiliki Kemampuan Membangun Jaringan yang Luar Biasa [Image Source]
Tak butuh waktu lama sampai kemudian anggota Hercules kemudian mencapai belasan ribu orang. Daerah Tanah Abang dikenal sebagai daerah Lembah Hitam. Tak lain karena daerah itu, seperti yang diungkapkan Hercules, merupakan daerah yang tak bertuan. Bukan hal baru lagi jika setia malam sering terjadi perkelahian antar preman. Pembacokan dan pembunuhan jadi hal yang “lumrah” terjadi di sana. Next

Like us on Facebook Follow us on Twitter
BERITA LAINNYA
BERITA PILIHAN
BERITA TERKAIT
BACA JUGA