in

5 Fakta Sangar F-35 Lighting II, Jet Tempur Istimewa yang Harus Dibeli Indonesia

Selain Sukhoi dan Gripen, Lockheed Martin adalah salah satu pabrikan pesawat yang namanya paling mentereng di dunia. Selama ini, mereka selalu konsisten menciptakan masterpiece yang bisa dibilang oke punya. Mulai dari F22 atau F16 yang masih jadi andalan banyak negara di dunia hingga saat ini. Tak berhenti berinovasi, Lockheed tetap menggila dengan merilis pesawat terbaru mereka yang pamornya sudah sangat luar biasa. Ya, pesawat ini bernama F-35 Lightning II.

Pesawat ini adalah generasi terbaru dari jet tempur varian F Lockheed Martin. Lantaran ini adalah yang paling gres, maka tentu saja F-35 dibekali dengan banyak hal gila dan paling mutakhir. Entah itu hal-hal fundamental macam manuver, sampai jejalan perangkat-perangkat berbasis IT yang terintegrasi. Tak hanya itu, soal harga, katanya banderol F-35 ini juga masih cukup terjangkau.

Lebih jauh tentang jet tempur sangar ini, berikut adalah fakta-fakta F-35 yang pasti akan membuatmu berharap Indonesia memilikinya juga.

1. Pesawat Dengan Kemampuan Manuver Paling Mumpuni

Sebelum mulai dipasarkan seperti sekarang, F-35 telah melewati banyak sekali fase uji coba serta perbaikan. Bisa dikatakan F-35 sudah benar-benar sempurna dalam segala hal, terutama soal manuver. Ya, pesawat ini bisa dibilang salah satu jet tempur dengan kemampuan terbang paling oke.

Kemampuan manuver F-35 [Image Source]
Kemampuan manuver F-35 [Image Source]
F-35 bisa meliuk-liuk sangat mudah dan sesuai dengan kehendak pilotnya. Tak hanya itu, kemampuan manuver ini juga dilengkapi dengan kecepatan yang sangat mumpuni. Bahkan saking cepatnya, F-35 pun sanggup untuk melakukan misi stealth alias pengintaian.

2. Memiliki Sistem Komunikasi Terbaik

Komunikasi adalah hal yang mutlak harus ada di dalam sebuah pesawat khususnya tipe tempur. Karena berhasil atau tidaknya misi juga tergantung pada alat ini. Soal komunikasi, F-35 tentu menyematkan hal ini, dan kalau kita bicara alat komunikasi tercanggih, maka F-35 lah pemiliknya sekarang.

Kokpit super canggih F-35 [Image Source]
Kokpit super canggih F-35 [Image Source]
Ya, pesawat ini dijejali dengan sistem komunikasi super canggih yang bisa terintegrasi sangat baik antara satu dan lainnya. Tak hanya antara pesawat saja, tapi juga markas bahkan alutsista darat dan laut. Ditambah lagi sistem komunikasi F-35 ini super secure alias sangat aman. Pabrikan lain sepertinya patut iri dengan fitur unggulan Lockheed Martin satu ini.

3. F-35 Sempurna Untuk Semua Misi

Pesawat satu ini diciptakan dengan sangat sempurna karena bisa melakukan hampir semua misi. Untuk combat, F-35 bisa melakukan air-to-air mission dan juga air-to-ground mission. Semua pesawat tempur memang bisa melakukan ini, namun F-35 bisa melakukannya jauh lebih baik berkat adanya banyak komponen pendukung.

F-35 sempurna untuk semua misi [Image Source]
F-35 sempurna untuk semua misi [Image Source]
Tak hanya itu, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pesawat tempur ini juga mampu melakukan misi pengintaian. Berkat desain serta sematan mesin oke, pesawat ini bisa terbang tanpa terdeteksi. Untuk misi pengintaian, pesawat ini juga dilengkapi dengan 360 degree view sehingga pilot bisa melihat semua hal.

4. Kemampuan Terbang Vertikal

Salah satu kemampuan oke lain dari F-35 adalah kemampuannya untuk terbang secara vertikal. Jadi, pesawat ini sama sekali tak perlu jarak untuk terbang landas. Ia hanya membutuhkan space sedikit untuk terbang ke atas.

F-35 vertical take off [Image Source]
F-35 vertical take off [Image Source]
Hal ini tentu saja sesuatu yang sangat menguntungkan. F-35 langsung bisa take action sewaktu-waktu di mana pun mereka berada. Sangat praktis dan ini akan turut membantu misi terselesaikan dengan lebih sempurna karena waktu yang digunakan untuk langsung terjun ke misi hanya sebentar sekali.

5. Harganya Ternyata Masih Masuk Akal

Dengan kemampuan serta besutan teknologi yang sangat mumpuni ini, kita pasti mengira kalau F-35 bakal dibanderol dengan sangat mahal. Kesannya memang seperti itu, walaupun ternyata tidak. Ya, pesawat super canggih ini ternyata bisa diboyong dengan harga yang masih sangat masuk akal untuk sebuah jet tempur.

Harga F-35 [Image Source]
Harga F-35 [Image Source]
F-35 memiliki setidaknya tiga varian yang masing-masing dibanderol dengan kisaran harga antara $98-116 juta. Cukup masuk akal kalau melihat apa yang bisa dilakukan pesawat ini. Indonesia sepertinya harus mempertimbangkan untuk memboyong pesawat ini. F-35 pasti jadi pasangan yang sangat oke untuk menemani Sukhoi terbaru TNI.

Inilah fakta-fakta keren F-35. Pesawat yang saat ini jadi perbincangan dunia lantaran kemampuannya yang benar-benar sangar. Indonesia lagi-lagi sepertinya memang perlu membeli beberapa unit pesawat ini. Tak hanya sebagai koleksi saja, tapi karena apa yang bisa dilakukan F-35 pasti akan membantu sangat banyak bagi negara.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Mengenal Lebih Dalam Kaharingan, Agama Suku Dayak yang Sudah Ada Sejak Ratusan Tahun Lalu

5 Fakta Tentang UY Scuti, Bintang Terbesar di Alam Semesta yang Bikin Matahari Seperti Kutu