5 Fakta Sangar Bahrain, Negara Kecil Tapi Bikin Iri Penduduk Dunia

oleh Rizal
09:26 AM on Mar 24, 2016

Bahrain mungkin hanya seuplik kalau dibandingkan negara-negara besar lainnya. Negara yang berada di sebelah timur Arab Saudi ini hanya seluas 765 kilometer saja, hampir sama seperti Jakarta yang luasnya 664 kilometer. Namun, meskipun sangat kecil, negara ini adalah salah satu yang paling mentereng di dunia khususnya soal kemampuan perekonomiannya.

Perekonomian Bahrain dikenal sangat stabil dan oke hingga akhirnya menempatkan negara ini sebagai salah satu yang paling makmur di dunia. Selain itu, pendapatan per kapita negara ini juga tinggi membuat Bahrain sukses mempermalukan banyak negara-negara besar di bawah standarnya. Belum lagi, indeks kebahagiaan Bahrain juga lumayan tinggi yakni ada di peringkat 42 dari 157 negara. Posisi Indonesia sendiri ada posisi 79.

Baca Juga
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala
Disebut Perompak oleh Mantan PM Malaysia, Justru Inilah Fakta Suku Bugis Seorang Pelaut Handal

Lebih dalam lagi tentang Bahrain, berikut adalah fakta-fakta lain tentang negara sangar satu ini yang pasti akan membuatmu takjub.

1. Bahrain Masuk Dalam Jajaran Negara Paling Kaya Dunia

Menurut data yang dihimpun oleh gfmag.com berdasarkan statistik Gross Domestic Product (GDP) dan juga Purchasing Power Parity (PPP), Bahrain masuk dalam jajaran 12 besar negara peringkat teratas. Hal ini bisa diartikan jika negara tetangga Qatar ini adalah salah satu yang paling kaya di dunia. Indonesia sendiri ada di peringkat 103.

Bahrain [Image Source]
Bahrain [Image Source]
Sumber utama kekayaan Bahrain sendiri sama seperti negara di jazirah Arab kebanyakan. Ya, minyak adalah alasan kenapa Bahrain jemawa. Meskipun sangat tergantung terhadap minyak, namun belakangan Bahrain juga mendapatkan pemasukan lain yang lumayan besar. Misalnya dari sektor pariwisata, terutama para pelancong yang mengunjungi kota Manama atau menonton Formula 1.

2. Mata Uang Bahrain Salah Satu yang Paling Tinggi Nilainya di Dunia

Selain minyak, hal yang juga membuat penduduk Bahrain bisa hidup gemah ripah loh jenawi kalau kata orang Jawa adalah lantaran nilai mata uang mereka yang menggila. Ya, selama ini mereka menggunakan mata uang dinar yang mana nilainya lebih tinggi dari dolar. Alhasil, ketika dolar gonjang-ganjing, orang-orang Bahrain seakan tidak terpengaruh apa pun.

Dinar Bahrain [Image Source]
Dinar Bahrain [Image Source]
Nilai dinar Bahrain sendiri lumayan tinggi, jika dibandingkan dolar maka 1 dinar Bahrain sekitar $2,65. Bayangkan, seumpama kita memiliki sejuta dinar saja, maka nilainya sama seperti pegang uang $ 2,65 juta dolar yang kalau dikonversikan ke Rupiah nilainya bisa bermiliar-miliar. Dengan fakta ini, maka pantas saja kalau Bahrain itu makmur luar biasa.

3. Manama, Kota Timur Tengah Paling Disukai

Manama merupakan ibu kota Bahrain di mana raja dan keluarga tinggal, serta gedung-gedung perkantoran pemerintah berdiri. Sekilas Manama mungkin sama seperti megapolitan Arab biasanya. Namun, ada perbedaan yang sangat mencolok di sini. Ya, apalagi kalau bukan kebebasannya yang lebih tinggi.

Klub malam di Manama [Image Source]
Klub malam di Manama [Image Source]
Manama memang berdiri di negara mayoritas Muslim, namun kota ini menerima semua orang. Di kota ini segala sesuatunya bahkan seperti di barat. Termasuk berdiri tempat-tempat hiburan dewasa seperti klub-klub malam. Kota ini sepertinya ditujukan untuk hiburan semua orang, makanya aturan yang diberlakukan tidak terlalu ketat. Mungkin karena alasan ini akhirnya Manama jadi salah satu kota yang paling sering dikunjungi di Timur Tengah.

4. Bahrain Adalah Negara Timur Tengah Dengan Jumlah Utang Paling Sedikit

Alasan lain kenapa Bahrain sangat jemawa meskipun hanya seluas Jakarta adalah karena jumlah utang luar negerinya yang bisa dibilang sangat sedikit. Menurut data yang dilansir oleh World Bank, Bahrain tercatat hanya memiliki utang luar negeri sekitar $ 25,2 miliar saja. Jumlah yang tidak terlalu besar jika dikomparasikan dengan total kekayaan Bahrain.

Hutang luar negeri Bahrain sedikit [Image Source]
Hutang luar negeri Bahrain sedikit [Image Source]
Jumlah ini juga membawa nama Bahrain sebagai salah satu negara Timur Tengah dengan total utang paling sedikit. Beberapa negara besar Timur Tengah seperti Arab Saudi dan Qatar tercatat memiliki utang yang lumayan tinggi. Diketahui, jumlah utang Arab Saudi sendiri mencapai $ 134 miliar, sedangkan Qatar lebih tinggi lagi yakni $ 137 miliar.

5. Bahrain Timur Tengah Dengan Kebebasan Mutlak

Hal yang membuat Bahrain berbeda dari negara-negara lain di Timur Tengah adalah kebebasan yang sangat dijunjung tinggi. Kebebasan ini pun diwujudkan dalam hal apa pun juga. Entah itu kebebasan bagi wanita, kebebasan berbicara, lebih-lebih soal agama.

Gereja di Manama [Image Source]
Gereja di Manama [Image Source]
Tentang kebebasan beragama, di sana benar-benar terimplementasikan dengan baik. Buktinya, di Manama kita akan menemui bangunan-bangunan peribadatan yang tak melulu masjid. Di sana bisa kita temukan gereja dan juga kuil. Bahkan di salah satu sudut Manama, pemerintah membangun sebuah gereja besar yang  mampu memuat sampai 140 ribu orang. Sangat jarang kota Timur Tengah yang seperti ini.

Inilah Bahrain, negara kecil tapi punya sesuatu yang besar. Tak hanya soal ekonomi, tapi juga hal-hal yang lainnya termasuk kebebasannya yang tinggi. Kesuksesan Bahrain sendiri semakin menguatkan anggapan kalau negara yang luas kecil itu pasti hebat. Bukti lain selain negara ini adalah Singapura dan Brunai Darusalam yang juga tak kalah menggilanya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA