Fakta Hebat Bumibol Adulyadej, Raja Thailand yang Hobi Memburu Sindikat Narkoba

oleh Adi Nugroho
12:00 PM on Oct 14, 2016

Thailand adalah satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah oleh negara lain. Negeri Gajah Putih ini dikenal sangat kuat dalam hal militer dan juga pemerintahan dalam kerajaan. Tidak mengherankan kalau warga di Thailand sangat mencintai raja mereka. Bahkan, semua rumah di Thaland pasti memiliki foto Raja Bumibol yang baru saja meninggal di usia 88 tahun.

Semasa hidup, Bumibol dikenal sangat hebat dalam menjalankan pemerintahannya. Dia selalu bisa menyelesaikan konflik yang ada di negerinya. Setidaknya lebih dari 15 konflik mencuat saat Bumibol bertahta dan semuanya mampu diselesaikan dengan baik. Untuk mengenal dan mengingat seperti apa salah satu pemimpin terhebat Asia Tenggara ini yuk simak fakta-faktanya.

Baca Juga
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan
Ditilang karena Melanggar, Pejabat Ini Berdalih Seribu Alasan Serta Bawa Nama Kekuasaan

1. Raja Terkaya di Dunia

Untuk golongan raja dan ratu yang masih bertahan hingga sekarang, Raja Bumibol dikenal yang terkaya di dunia. Bahkan Ratu Inggris dan raja minyak dari Arab tidak mampu mengungguli kekayaannya. Sebelum meninggal dunia di usianya yang mencapai 88 tahun, Raja Bumibol setidaknya memiliki kekayaan berupa uang dan aset sebanyak 30 miliar dolar.

real estate Thailand [image source]
real estate Thailand [image source]
Oh ya, kekayaan yang diperoleh oleh Raja Bumibol tidak diperoleh dengan mudah loh. Dia bekerja keras selama puluhan tahun untuk mengembangkan kawasan investasi di Thailand. Sebuah organisasi kerajaan juga dia kembangkan sehingga mampu mengatur banyak sektor penting di Negara Gajah Putih itu. Raja Bumibol memiliki banyak real estate, perbankan, hingga rumah sakit.

2.Pemimpin Terlama di Dunia

Raja Bumibol dianugerahi sebagai raja pada tahun 1946 atau pasca Perang Dunia II. Dia dianugerahi gelar sebagai Raja Rama IX dan diberi mandat untuk memimpin rakyatnya saat usianya masih 19 tahun. Meski demikian, dia mampu melakukan pekerjaannya dengan baik hingga akhirnya meninggal dunia setelah memimpin kerajaan selama 70 tahun.

Bumibol muda [image source]
Bumibol muda [image source]
Dalam sejarah Kerajaan Thailand, tidak ada raja yang mampu memimpin kerajaan selama tujuh dasawarsa. Di dunia pun juga demikian, tidak ada raja yang mampu memimpin kerajaannya hingga sangat tua dan akhirnya meninggal dunia. Selama memerintah Thailand, Raja Bumibol selalu memberikan pendekatan yang halus sehingga hampir semua rakyat menghormatinya.

3. Mengembalikan Demokrasi di Thailand

Tidak bisa dimungkiri lagi kalau di setiap pemerintahan pasti ada pihak-pihak yang memiliki kepentingan untuk menghancurkan. Mereka melakukannya dengan diam-diam hingga akhirnya kerusuhan muncul. Selama memimpin Thiland, Raja Bumibol sudah kerap menemui upaya-upaya kudeta yang ingin menguji kekuatan konstitusi dari Thailand.

raja dihormati rakyatnya [image source]
raja dihormati rakyatnya [image source]
Raja Bumibol sangat paham jika perdana menteri yang dia pilih kerap memunculkan masalah. Mereka kerja dengan tidak becus hingga kekacauan kerap terjadi. Di tengah kudeta dan konflik lainnya, Bumibol mampu menanamkan nilai demokrasi pada masyarakat. Dia tidak banyak melakukan kekerasan sehingga rasa cinta warga tidak bisa dibendung. Dalam sejarah kerajaan Thailand, Raja Bumibol adalah satu-satu raja yang paling dihormati hingga sekarang.

4. Perang dengan Pasar Narkoba

Thailand menghadapi masalah yang cukup berat dengan narkoba. Raja Bumibol menganggap kalau narkoba hanya akan membuat Thailand jadi buruk. Maraknya kriminalitas di Thailand disinyalir terjadi akibat arus penjualan narkoba yang konon berasal dari kawasan Myanmar yang menjadi sentra produksi narkoba terbesar di dunia.

narkoba di Thailand [image source]
narkoba di Thailand [image source]
Untuk menekan banyaknya pengguna dan pengedar narkoba, Bumibol menyusun sebuah hukum khusus. Hukum ini akan menghukum berat siapa saja yang memiliki narkoba. Tidak ada batas minimum penggunaan atau pengedaran narkoba. Selama tertangkap tangan akan langsung dihukum dengan berat.

5. Kepala Pasukan Militer Thailand

Sebagai seorang raja, pekerjaan dari Bumibol tidak asyik-asyik di dalam istana saja. Dia melakukan banyak hal berat seperti memerangi pengedar narkoba hingga mengatur militernya sendiri. Dia menjadi pemimpin tinggi militer yang perintahnya mutlak. Meski demikian, Raja Bumibol tidak pernah melakukan hal-hal yang aneh.

kepala pasukan militer [image source]
kepala pasukan militer [image source]
Dia juga dikenal sangat cerdas dan kerap memikirkan strategi dalam berperang. Dia tidak mau lepas tangan untuk urusan negara yang pelik. Baginya, hidup sebagai raja adalah bekerja dengan sekuat tenaga meski nyawa adalah taruhannya.

Inilah fakta-fakta hebat dari Raja Bumibol yang akhirnya meninggal dunia dengan meninggalkan banyak prestasi. Semoga penerus dari Raja Bumibol bisa melakukan kerjanya dengan baik dan benar agar 70 tahun pembangunan Thailand tidak berakhir sia-sia.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV 16 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Orang Indonesia Kreatifnya Bukan Main Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA