5 Fakta Ngeri Waterloo, Perang Terbesar Eropa yang Jarang Diketahui

oleh Rizal
13:23 PM on Jun 24, 2016

Membicarakan soal perang besar, maka jelas Perang Dunia I dan II yang akan diingat banyak orang. Memang benar, tapi perang besar yang pernah terjadi di dunia tak hanya dua pertempuran itu saja. Ada satu lagi konfrontasi besar yang juga tak kalah menyeramkan dan berpengaruh besar bagi dunia. Ya, perang ini bernama pertempuran Waterloo.

Pertempuran ini jarang sekali dibicarakan padahal ia tak kalah gila dari dua Perang Dunia yang pernah terjadi. Waterloo adalah pertempuran habis-habisan terbesar yang berakhir dalam waktu super singkat. Dampak dari pertempuran Waterloo sendiri adalah berubahnya peta dan wajah Eropa.

Baca Juga
Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi
10 Atlet SEA Games 2017 Asal Indonesia Ini Nggak Cuma Bikin Bangga, tapi juga Cantik Jelita

Seumpama perang ini tak pernah terjadi, maka Eropa yang kita kenal sekarang ini kemungkinan sangat berbeda. Mungkin menjadi wilayah untuk satu negara saja. Masih soal Waterloo, berikut adalah fakta-fakta dari pertempuran terbesar bangsa-bangsa Eropa tersebut.

1. Waterloo, Perang Total dan Habis-Habisan

Perang satu ini dianggap sebagai pertempuran yang mengubah wajah Eropa. Ya, hal tersebut sama sekali tak mengherankan mengingat apa yang disajikan di Waterloo ini benar-benar luar biasa. Perang total dengan kekuatan penuh antara pihak Perancis dan juga 7th Coalition yang terdiri dari Inggris dan beberapa negara lain.

Perang Total Perancis VS Koalisi [Image Source]
Perang Total Perancis VS Koalisi [Image Source]
Semua pasukan yang tersedia di masing-masing kubu dikerahkan kala itu. Membuat Waterloo seperti penuh sesak dengan manusia, namun bertujuan untuk saling membunuh satu sama lain. Ketika itu Perancis mengerahkan sekitar 73 ribu pasukan, sedangkan pihak koalisi hampir dua kali lipatnya.

2. Perang Besar yang Hanya Berlangsung Sehari Saja

Biasanya perang-perang besar akan menghabiskan banyak waktu. Salah satu contoh misalnya Perang Dunia II yang bahkan menghabiskan waktu sampai tahunan. Perang memang akan selalu memakan banyak waktu, tapi tidak untuk pertempuran Waterloo ini. Percaya atau tidak, durasi perang ini hanya sekitar sehari saja.

Pertempuran besar yang singkat [Image Source]
Pertempuran besar yang singkat [Image Source]
Kenapa bisa begitu singkat adalah karena mekanisme perangnya yang sekali tempur hancur. Jadi, kedua kubu bertemu di satu tempat yakni Waterloo ini, kemudian saling berperang. Makanya, perang satu ini bisa dibilang sebagai yang paling singkat namun memiliki dampak yang luar biasa besar.

3. Pertempuran Paling Canggih di Masanya

Meskipun perang ini sangat singkat, namun persiapan kedua kubu benar-benar sangat matang. Masing-masing pihak melengkapi dirinya dengan senjata terbaiknya. Tak lagi primitif dengan menggunakan peralatan sederhana, perang ini sudah memakai alutsista canggih macam senapan, meriam dan sejenisnya.

Pakai alutsista canggih di masanya [Image Source]
Pakai alutsista canggih di masanya [Image Source]
Makanya, tak hanya sebagai perang tersingkat dengan dampak paling ngeri, perang ini juga bisa dianggap sebagai pertempuran paling canggih di masanya karena sudah memakai berbagai peralatan canggih. Sayangnya, ketika senjata canggih dipakai, yang terjadi adalah jumlah korban yang benar-benar menggila.

4. Berapa Banyak yang Tewas Dalam Pertempuran Besar ini?

Perang besar selalu identik dengan banyaknya korban. Misalnya Perang Dunia Dua yang membuat sekitar belasan juta tentara tewas. Sebagai pertempuran paling besar bangsa Eropa, Perang Waterloo pun demikian. Meskipun tentu saja tak sebesar Perang Dunia yang levelnya global.

Puluhan ribu tentara tewas [Image Source]
Puluhan ribu tentara tewas [Image Source]
Datang dengan sekitar 73 ribu orang, Perancis kehilangan setidaknya 25 ribu orang yang tewas, 7 ribuan ditawan, serta 15 ribu orang hilang. Pihak koalisi pun sama, mereka kehilangan banyak sekali serdadu dengan jumlah total hampir 27 ribu yang tewas dan hilang.

5. Jadi Tanda Berakhirnya Kedigjayaan Perancis

Meskipun hari ini begitu kecil, Perancis dulu adalah penguasa Eropa. Di bawah Napoleon Bonaparte, negeri menara Eiffel ini sangat superior di benua biru. Kemudian meletusnya perang Waterloo ini pun mengubah sejarah, khususnya bagi bangsa Perancis.

Napoleon di Perang Waterloo [Image Source]
Napoleon di Perang Waterloo [Image Source]
Ya, perang ini berakhir dengan kekalahan Napoleon dan membuat kekaisaran Perancis yang pertama bubar. Negeri yang semula berjaya ini seolah jadi sampah karena berada di pihak yang kalah. Dampak dari perang ini banyak negara-negara yang sebelumnya ada di bawah Perancis bangkit dan memproklamirkan kemerdekaan. Peta-peta wilayah pun berubah, dan Perancis tak lagi dominan dan segila sebelumnya.

Inilah Waterloo, pertempuran yang membuat Perancis yang jaya menjadi tak berdaya. Seumpama perang ini tak pernah terjadi atau mungkin dimenangkan oleh pihak Napoleon, mungkin hari ini kita akan mendapati sebagian besar wilayah Eropa berbendera Perancis. Tak hanya itu, negara ini juga pasti akan lebih menggila di luar Eropa, bahkan mungkin bisa menguasai sebagian dunia.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA