in

5 Fakta Mengerikan Tentang Perang Vietnam yang Melegenda

Amerika adalah negara dengan militer terbaik saat ini. Bukan hanya dilihat dari jumlah personelnya saja, tapi juga deretan alutsista perangnya yang gila. Belum lagi nama-nama seperti Navy Seal, Delta Force dan lain sebagainya, makin menambah kengerian militer si Negeri Paman Sam ini. Namun, meskipun secara statistik luar biasa, namun dalam sejarahnya Amerika tidak selalu jumawa.

Ya, mungkin mereka yang memprakarsai kemenangan Sekutu di Perang Dunia II atau mungkin mengalahkan Soviet di Perang Dingin. Namun ada satu pertempuran di mana Amerika dipermalukan dengan telak. Ya, Perang Vietnam. Amerika dengan persenjataan yang sudah mumpuni kala itu, memilih untuk angkat kaki setelah pejuang Viet Chong melawan dengan sengit. Perang ini pun akhirnya menjadi prestasi paling buruk AS sepanjang sejarah mereka.

Awal Februari seperti sekarang ini adalah masa di mana perang itu bergejolak beberapa dekade lampau. Lalu, seperti apa sih perang ini, hingga bikin Amerika yang hebat itu seperti tak berdaya? Simak ulasan menariknya lewat fakta-fakta berikut.

1. Kekalahan Pertama Amerika dan Prajurit yang Trauma

Memang benar kalau Amerika belum pernah mengalami kekalahan besar di era modern. Namun, rekor ini pecah ketika mereka mencoba mengintervensi Vietnam yang berakhir dengan kekalahan AS. Perang ini sendiri menghabiskan sekitar 50 ribu personel militer Amerika, dan membuat sekitar 150 ribu lainnya cacat akibat luka.

Perang Vietnam jadi kekalahan paling memalukan dalam sejarah Amerika [Image Source]
Perang Vietnam jadi kekalahan paling memalukan dalam sejarah Amerika [Image Source]
Praktis perang satu ini menjadi hal traumatis sendiri bagi para tentara Amerika. Bahkan saking depresinya, para anggota yang berhasil pulang dengan selamat mengalami sindrom Macam Kertas. Ini adalah semacam ketakutan yang muncul dengan sendirinya ketika ditugaskan ke lapangan. Hal ini dialami cukup banyak personel kala itu. Peristiwa ini jadi indikasi jika Perang Vietnam memang benar-benar ngeri.

2. Jebakan Viet Chong yang Super Mengerikan

Pertempuran Vietnam yang lebih banyak dilakukan di hutan ternyata membawa dampak buruk bagi Amerika. Banyak tentara AS yang belum cakap menguasai medan akhirnya jadi bulan-bulanan tentara Viet Chong. Termasuk ketika mereka berhasil membuat pasukan Amerika ngeri luar biasa dengan deretan jebakan-jebakan gila.

Ada begitu banyak rupa jebakan yang dimiliki Viet Chong dan sukses bikin tentara AS makin trauma [Image Source]
Ada begitu banyak rupa jebakan yang dimiliki Viet Chong dan sukses bikin tentara AS makin trauma [Image Source]
Tercatat ada begitu banyak teknik jebakan yang dibuat oleh pejuang Viet Chong. Mulai dari memasang perangkap ular berbisa, memakai bambu-bambu runcing, sampai Tiger Trap mematikan yang terkenal itu. Hal ini juga makin menambah ngeri pasukan AS yang sebenarnya mereka tidak begitu all out dengan perang ini akibat paksaan dari pemerintah.

3. Operasi Pembantaian oleh CIA

Phoenix Program adalah sebuah operasi rahasia CIA yang sebelumnya belum pernah terungkap. Namun, akhirnya lambat laun mulai terkuak bagaimana program ini dijalankan, dan hal tersebut langsung menambah deretan dosa yang pernah dilakukan CIA. Bagaimana tidak, inti dari program ini adalah pembunuhan yang ditujukan kepada sipil.

Amerika pernah melakukan operasi Phoenix yang korbannya adalah penduduk sipil [Image Source]
Amerika pernah melakukan operasi Phoenix yang korbannya adalah penduduk sipil [Image Source]
Orang-orang yang menurut CIA berhubungan dengan Viet Chong pasti akan dibantai. Bahkan dikatakan pula kalau program ini didukung penuh oleh pasukan militer AS. Operasi ini sendiri berlangsung cukup lama, dan entah sudah menghabiskan berapa banyak nyawa orang Vietnam.

4. M16, Senjata Mematikan tapi Mlempem

Ketika pertama diperkenalkan, M16 langsung mendapatkan antusiasme tinggi. Alasannya, karena senjata ini dibuat dengan spesifikasi maut dan memang punya kemampuan gila. Nyatanya memang begitu, senjata yang bisa dikostumisasi ini memang keren. Sayangnya, kehebatan senjata satu ini seolah tidak berarti apa-apa di Perang Vietnam.

Dibekali M16 yang canggih, pasukan AS justru memunguti AK47 para pejuang Viet Chong [Image Source]
Dibekali M16 yang canggih, pasukan AS justru memunguti AK47 para pejuang Viet Chong [Image Source]
Banyak diceritakan jika pasukan Amerika sangat kesusahan menggunakan senjata ini. Macet, tidak bisa melontarkan peluru dengan apik, sampai akurasi yang jauh menurun jadi alasannya. Makanya, dulu tentara AS lebih memilih memunguti AK47 milik pejuang Viet Chong yang mati. Alasannya, senjata buatan Rusia ini lebih stabil dan juga punya ketahanan yang luar biasa.

5. Indonesia Juga Berperan Besar Dalam Perang ini

Lho apa hubungannya Indonesia dengan perang sengit ini? Sebelum itu, kita harus tahu dulu jika rata-rata kemenangan yang diraih Viet Chong atas Amerika adalah melalui gerilya. Entah ini patut dibanggakan atau tidak dengan melihat korban yang ada, namun yang pasti para gerilyawan mematikan Viet Chong punya kemampuan itu lantaran buku panduan yang ditulis oleh seorang Jenderal Militer Indonesia.

Gara-gara buku ini Vietnam bisa menggempur AS lewat gerilya [Image Source]
Gara-gara buku ini Vietnam bisa menggempur AS lewat gerilya [Image Source]
Pokok-Pokok Perang Gerilya yang ditulis oleh AH Nasution ternyata jadi buku pegangan para tentara Viet Chong itu. Memang kalau dilihat dari kondisi geografis, Vietnam hampir serupa dengan Indonesia. Sehingga ketika teknik gerilya kita ditiru, maka bisa memberikan pukulan hebat bagi Amerika.

Inilah fakta-fakta mencengangkan Perang Vietnam. Meskipun banyak aksi heroik di dalamnya, tetap sampai kapan pun yang namanya perang takkan pernah membawa kemaslahatan. Tidak juga kedamaian karena pasti ada pihak yang dirugikan.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Memalukan! 7 Atlet Ini Nekat Curang Demi Memenangkan Pertandingan

5 Rencana Jahat Pemerintah yang Bakal Menghancurkan Musuhnya