5 Fakta Ngeri Tentang Penjara Guantanamo, Lapas Paling Kejam di Dunia

oleh Rizal
07:00 AM on Feb 25, 2016

Di antara banyak lembaga pemasyarakatan di dunia, nama Guantanamo boleh dibilang yang paling punya kesan buruk. Alasannya, sudah jelas karena di tempat inilah teroris-teroris paling berbahaya di dunia ditahan. Tak hanya itu, rumor Guantanamo makin angker seiring dengan banyaknya selentingan-selentingan gila tentang tempat ini.

BACA JUGA: Mengenal Kisaeng, Para Wanita Penghibur di Korea Zaman Kerajaan

Baca Juga
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala
Disebut Perompak oleh Mantan PM Malaysia, Justru Inilah Fakta Suku Bugis Seorang Pelaut Handal

Ya, katanya di sana perlakuan para sipir terhadap napinya benar-benar tidak manusiawi. Mulai dari penyiksaan-penyiksaan berat untuk mendapatkan informasi-informasi, hingga deretan penistaan yang lainnya. Dengan semua kengerian dan juga stigma yang ada ini, tak heran kalau muncul anggapan ketika seseorang dimasukkan Guantanamo maka ia bisa dibilang telah melakukan kejahatan super berat.

Tentu Guantanamo bukan hanya tentang kesan buruk dan desas-desus seperti itu. Ada banyak fakta lain tentang penjara dengan kesan paling buruk di dunia ini . Berikut ulasannya.

1. Penyiksaan Adalah Hal yang Sangat Biasa

Banyak mantan napi Guantanamo yang mengatakan kalau tempat ini adalah neraka. Alasannya, selain terisolasi, para napi juga mengalami berbagai kekerasan fisik yang kadang sudah tidak manusiawi lagi. Dipukul, disiksa adalah hal yang lazim terjadi di sana.

Penyiksaan di Guantanamo [Image Source]
Penyiksaan di Guantanamo [Image Source]
Bahkan dikatakan pula CIA juga turut serta dalam penyiksaan-penyiksaan tersebut. Andil CIA di sini adalah untuk mengorek informasi penting yang disimpan rapat oleh para napi. Namun, kadang para napi tidak mau memberikan informasi penting tersebut dengan mudah. Akhirnya, diberlakukanlah cara-cara interogasi kejam yang mungkin jauh dari apa yang kita bayangkan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA