in

5 Fakta Mengejutkan Dibalik Penjajahan Belanda yang Wajib Kamu Ketahui

5. Belanda Sudah Cakap Memanfaatkan Teknologi Untuk Kepentingan Negara

Menurut sejarah, Persia merupakan negara pertama yang menemukan kincir angin. Pada abad ke-5 kincir angin mulai menyebar ke Eropa dan barulah di abad ke-13 digunakan di Belanda. Teknologi ini dipakai orang Belanda utamanya untuk membantu drainase tanah atau kecepatan peresapan air ke dalam tanah sebagai upaya melawan air yang permukaannya lebih tinggi dari daratan. Untuk itulah mengapa banyak kincir angin raksasa di negeri Belanda.

teknologi kincir angin
Teknologi kincir angin raksasa [Image Source]
Selain itu, teknologi ini juga dimanfaatkan dalam industri penggilingan jagung dan industri pemotongan kayu. Dahulunya ada sekitar 10.000 kincir angin kuno yang dimiliki Belanda dan saat ini tertinggal hanya sekitar 1.000 kincir angin. Hal ini tampak berbeda dengan Indonesia sebagai penghasil rempah-rempah dunia di saat itu. Di Indonesia belum ditemukan teknologi serupa untuk mengeringkan rempah-rempah yang hanya mengandalkan pemanasan sinar matahari. Sebagai negara penajajah ternyata Belanda sudah selangkah lebih maju kala itu untuk memanfaatkan teknologi demi kepentingan negara.

Baca Juga :Nih 5 Daerah Terkuat di Indonesia yang Paling Susah Ditaklukkan Belanda Selama Penjajahan

Nah, itulah 6 fakta mengejutkan dibalik penjajahan Belanda yang wajib kamu ketahui. Ternyata di saat itu, Belanda bukanlah negara yang kuat-kuat amat. Bahkan jikalau nusantara mau bersatu, masa penjajahan Belanda tak akan sampai 350 tahun lamanya. Hal inilah titik lemah Indonesia saat itu, terpecah-pecah antar kepentingan. Sehingga harus menunggu hingga 1945 untuk bersatu dan merdeka.

Written by Anas Anas

Leave a Reply

5 Ritual Seksualitas Gila ini Ternyata Pernah Ada di Indonesia

11 Lokasi Indah Paling Sunyi dan Tersembunyi di Dunia, Indonesia Salah Satunya